Widget HTML #1

Penyebab dan Cara Mengatasi Ponsel yang Mati Total Setelah Reset Setelan Pabrik

Penyebab dan Cara Mengatasi Ponsel yang Mati Total Setelah Reset Setelan Pabrik

Penyebab dan Cara Mengatasi Ponsel yang Mati Total Setelah Reset Setelan Pabrik - Beberapa pengguna smartphone (khususnya android) yang mengalami error pada ponsel nya mungkin akan mengambil langkah untuk mereset ponselnya ke setelan pabrik.

Hal ini wajar terjadi, karena setiap smartphone tidak selamanya sempurna dalam proses pembuatannya. Pasti ada saja dari sekian banyak smartphone pada proses produksi yang mengalami "cacat" dan ikut terjual kepada konsumen.

Tapi tidak selamanya cara reset kesetelan pabrik ini menjadi solusi, untuk itu kita harus mengenal terlebih dahulu tentang proses "reset setelan pabrik".

Apa Itu Proses Reset Setelan Pabrik?

Didalam sistem android, para developer (atau pengembang) dari sebuah smartphone sudah menyiapkan opsi "Reset setelan pabrik". Untuk apa?, jikalau sewaktu-waktu agan ingin menghapus semua data pada smartphone agan, agan tidak perlu repot-repot untuk menghapusnya satu-persatu.

Dengan opsi "Reset setelan pabrik" ini, agan bisa menghapus keseluruhan data mulai dari video, foto, dan aplikasi yang tersimpan pada memori internal smartphone tersebut.

Apakah Reset Setelan Pabrik Adalah Langkah yang Tepat untuk Mengatasi Error Pada Smartphone?

Sebenarnya tidak juga, karena untuk menggunakan reset setelan pabrik saya sarankan kepada agan-agan yang memang ingin menghapus semua data pada smartphone tersebut mungkin untuk dijual atau diberikan kepada seseorang agar data kita yang sebelumnya ada di smartphone tersebut hilang.

Kalau untuk mengatasi error yang memang benar-benar fatal pada smartphone, mungkin langkah reset setelan pabrik ini bisa menjadi salah satu solusi.


Nah berikut ini, saya akan berikan beberapa penyebab untuk agan-agan yang mengalami mati total setelah melakukan proses reset setelan pabrik.

Beberapa Penyebab Mati Total Setelah Reset Setelan Pabrik

1. Data ROM Ikut Terhapus

Yang pertama adalah data ROM ikut terhapus. Tapi menurut saya hal ini jarang sekali terjadi kepada smartphone yang memang belum di custom ROM. Saya mengalami hal ini saat smartphone saya dulu memang sudah dalam keadaan custom. Kalau smartphone belum dicustom ROM nya, kemungkinan besar sih tidak akan terjadi.

2. Ada Sistem yang Terkunci

Beberapa smartphone (apalagi yang agan beli dalam keadaan kredit dan belum lunas), biasanya sudah disetting agar tidak bisa di reset setelan pabrik. Karena mungkin bisa terjadi kasus penipuan pembeli kepada penjual.

3. Memang Error Bawaan dari Smartphone nya

Yang terakhir ada kemungkinan bahwa produk smartphone yang agan miliki adalah produk gagal. Saya pernah mengalami sendiri saat dulu pertama kali memakai smartphone salah satu brand provider juga (agan-agan pasti taulah merk apa, hehe).


Lantas bagaimana solusinya?, berikut beberapa cara mengatasinya.

Cara Mengatasi Ponsel yang Mati Total Setelah Reset Pabrik

1. Flash/Install Ulang ROM nya

Cara pertama yang bisa agan lakukan adalah memflash/menginstall ulang ROM dari smartphone agan. Agan bisa search di Google untuk install ulang ROM sesuai dengan tipe smartphone agan. Atau memang jika agan tidak paham caranya, bisa dibawa ke konter dengan mengatakan "Install ulang ROM".

2. Dibawa ke Konter tempat Kredit (bagi yang permasalahan nya ada pada kredit)

Cara yang kedua adalah dengan membawa smartphone tersebut ke tempat agan kredit. Karena dijaman sekarang banyak sekali kasus semacam ini, jadi kalau agan memang benar dalam proses membayar tiap bulannya (tidak ada niatan menipu), tidak ada salahnya untuk pergi ke tempat dimana agan meng'kredit smartphone tersebut.

3. Tukar dengan Smartphone Baru

Jika agan memang baru membeli smartphone nya, dan memang masih ada garansi yang aktif dan berjalan, agan bisa kunjungi tempat agan membeli smartphone tersebut dan meminta tukar dengan produk lainnya. (*dengan catatan bahwa memang sebelumnya sudah ada perjanjian terlebih dahulu dengan pihak konter/penjual nya)


Oke sekian dulu untuk artikel kali ini semoga bermanfaat bagi agan-agan semua. Silahkan berikan kritik maupun saran di kolom komentar agar saya bisa terus memberikan artikel-artikel menarik dan juga bermanfaat.

Juga komentar-komentar saran dan kritik agan adalah motivasi saya agar terus bisa mengembangkan website ini menjadi lebih baik kedepannya. Saya pamit undur diri dan sampai berjumpa di artikel selanjutnya ya!.

Posting Komentar untuk "Penyebab dan Cara Mengatasi Ponsel yang Mati Total Setelah Reset Setelan Pabrik"