Widget HTML #1

Baterai Smartphone Mengurang Saat di Charge?, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Baterai Smartphone Mengurang Saat di Charge

Baterai Smartphone Mengurang Saat di Charge - Pernahkah agan-agan mengalami, ketika agan-agan sedang mencharge smartphone nya baterai nya malah berkurang bukan bertambah?. Pasti agan-agan kesal kan sudah menunggu lama tapi malah tidak penuh.

Hal ini sering terjadi di beberapa smartphone yang memang sudah lawas atau sudah lama, hal ini wajar mengingat dari umur pembuatan smartphone tersebut. Lalu apa saja penyebab-penyebab dari permasalahan ini?.

*Baca juga : Mengatasi Wifi Windows 7 Yang Tidak Bisa Konek atau Troubleshoot Terbaru

Oke langsung saja, ini dia beberapa penyebab hal ini bisa terjadi.

Penyebab Baterai Smartphone Mengurang Saat Kita Charge

1. Kondisi Baterai Sudah Melemah

Umur tidak dapat membohongi performa dari komponen-komponen smartphone. Meski memang tidak semua, tetapi bisa jadi juga karena umur yang sudah terbilang cukup tua, baterai pada sebuah smartphone dapat melemah.

Dan membuat daya serap/masuk saat di charge jadi berkurang. Dan yang seharusnya menambah daya malah mengurangkan daya nya.

2. Kondisi Baterai Sudah Rusak

Yang kedua ini lebih parah, jadi baterai smartphone agan memang sudah harus diganti. Jika terus-terusan dipakai, dikhawatirkan malah bisa berakibat fatal pada smartphone itu sendiri.


3. Kepala dan Kabel Charger Yang Error

Kepala dan kabel charger juga salah satu item penting dalam proses charge, karena jika tidak ada kepala dan kabel charger nya kita mau charger smartphone kita pakai apa?, hehe. Nah bisa jadi item inilah yang membuat daya baterai smartphone malah berkurang, bukan bertambah.

4. Lubang USB Error

Saat saya memakai smartphone-smartphone jaman dulu (atau mungkin dialami agan-agan sekarang), hal ini paling sering terjadi ketika lubang charger (Port USB) nya error karena mungkin tersenggol atau jatuh saat kondisi tersambung dengan kabel charge yang mengakibatkan lubang port USB nya rusak.

Lalu bagaimana cara mengatasi nya?, ini dia beberapa cara mengatasinya :

Cara Mengatasi Baterai Smartphone Yang Mengurang ketika di Charger

1. Mengganti Port USB

Jika permasalahan nya ada pada port USB karena sempat terjatuh ketika smartphone sedang di charge, maka gantilah port USB ini. Dan usahakan untuk mengganti port USB di toko resmi dari tiap-tiap merk smartphone agan agar mengurangi hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Mengganti Baterai

Yang kedua ini sudah sangat-sangat bisa diandalkan. Agan harus mengganti baterai dengan yang baru, akan tetapi perlu agan ingat mengganti baterai yang baru harus yang original. Jika tidak mengganti dengan yang original, kemungkinan besar masalah ini malah akan terjadi kembali dalam waktu dekat.

3. Mengganti Kepala serta Kabel Charger Yang Support

Yang ketiga agan bisa mengganti kepala serta kabel charger dengan yang original atau paling tidak mensupport smartphone agan. Cari kepala charger yang tidak melebihi kapasitas listrik pada baterai agar kondisi baterai tetap sehat dalam jangka panjang.


Oke sekian dulu untuk artikel kali ini semoga bermanfaat bagi agan-agan semua. Silahkan berikan saran dan kritik di kolom komentar agar saya bisa terus memberikan artikel-artikel menarik dan juga bermanfaat bagi agan-agan semua.

Dan komentar saran maupun kritik agan adalah motivasi bagi saya agar bisa terus mengembangkan website ini menjadi lebih baik kedepannya. Saya pamit undur diri dan sampai berjumpa di artikel selanjutnya!.

Posting Komentar untuk "Baterai Smartphone Mengurang Saat di Charge?, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya"