Widget HTML #1

Aplikasi di Playstore Tidak Kompatibel?, Ini Penyebab dan Cara Mudah Mengatasinya

Aplikasi di Playstore Tidak Kompatibel

Aplikasi di Playstore Tidak Kompatibel - Untuk agan-agan yang memakai smartphone khususnya smartphone Android, Google Playstore adalah tempat bagi kita untuk mendownload berbagai macam aplikasi yang kita butuhkan.

Dengan adanya Google Playstore, kita dimudahkan untuk mencari aplikasi-aplikasi yang kita butuhkan misalnya aplikasi sosial media (Facebook, Twitter, Instagram, dsb), ada juga aplikasi games, atau aplikasi editing foto dan video, dan masih banyak lagi.


Namun apakah agan-agan pernah mengalami dikala agan ingin mendownload suatu aplikasi, ada bacaan "Perangkat anda tidak kompatibel dengan versi ini", seperti contoh dibawah ini

Aplikasi di Playstore Tidak Kompatibel

Kenapa hal ini bisa terjadi?, oke kita bahas dulu apa penyebab hal itu bisa terjadi:

Penyebab Aplikasi Tidak Kompatibel Pada Smartphone Kita

1. Versi Android Kita Sudah Cukup Lawas

Yang pertama adalah karena smartphone kita berjalan pada sistem operasi android yang sudah cukup lawas atau cukup lama. Dengan perkembangan zaman dan juga teknologi, pasti developer aplikasi akan terus mengembangkan aplikasi nya.

Jadi setiap aplikasi (yang memang membutuhkan pembaharuan atau update) pasti akan diperbaharui oleh sang developer atau pengembang dari aplikasi tersebut. Entah menambahkan fitur-fitur baru, atau memperbaiki bug (kesalahan) yang ada di versi sebelumnya, dll.

2. Aplikasi Sudah Tidak Support Untuk Versi Android Agan

Yang kedua masih sama kaitannya dengan yang pertama. Memang banyak developer yang tetap memberi akses kepada android-android versi lama agar tetap bisa menggunakan aplikasi tersebut, hanya saja biasanya hal ini malah membuat bertambahnya bug atau kesalahan pada aplikasi tersebut jika dijalankan dengan versi android yang sebenarnya sudah tidak mendukung aplikasi tersebut.

3. Spesifikasi Yang Tidak Lagi Mumpuni

Banyak dari agan-agan yang mengalami hal ini, disaat smartphone android agan sudah berjalan pada versi android yang terbaru, tapi aplikasi nya saat ingin di download keluar bacaan tidak kompatibel dengan versi agan.

Hal itu bisa terjadi karena aplikasi tersebut mungkin terlalu berat untuk dijalankan pada smartphone agan yang memiliki spesifikasi terlalu minim dari syarat spesifikasi aplikasi tersebut (biasanya game).

4. Tidak Tersedia di Negara Kita

Jika kita memakai VPN lalu masuk kedalam playstore, kita bisa melihat beberapa aplikasi yang tidak ada jika kita tidak menggunakan VPN. Itu karena beberapa aplikasi di Google playstore tidak semua nya bisa diakses oleh orang dari luar negri.

Jadi jika agan ingin mendownload sebuah aplikasi namun ada bacaan tidak kompatibel, itu bisa jadi karena aplikasi nya tidak tersedia pada negara yang agan sedang berada disana.


Itu dia beberapa alasan mengapa permasalahan ini bisa terjadi. Lalu bagaimana cara mengatasinya?, silahkan disimak penjelasan nya dibawah ini.

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Kompatibel di Playstore

1. Download Aplikasi Lewat Pihak Ketiga

Yang pertama adalah agan bisa mendownload aplikasi tersebut lewat pihak ketiga, semisal Google. Jadi agan bisa search, contoh "Download aplikasi bima+ terbaru", dan agan bisa install tanpa melewati Google Playstore.

2. Menggunakan VPN

Yang kedua agan bisa menggunakan VPN. Biasanya cara ini berhasil karena agan memakai ip addres nya luar negri. Dan memanipulasi sistem yang tadinya tidak support menjadi support.

3. Meminta Aplikasi Dengan Shareit

Agan bisa minta kepada teman atau kepada keluarga agan, atau menggunakan device agan yang lain lalu share aplikasi tersebut menggunakan aplikasi Shareit. Jadi agan bisa menginstall aplikasi nya tanpa melalui Google Playstore terlebih dahulu.


Oke sekian dulu untuk artikel kali ini semoga bermanfaat bagi agan-agan semua. Silahkan berikan kritik maupun saran di kolom komentar agar saya bisa terus memberikan artikel-artikel menarik dan juga bermanfaat.

Juga komentar-komentar saran dan kritik agan adalah motivasi saya agar terus bisa mengembangkan website ini menjadi lebih baik kedepannya. Saya pamit undur diri dan sampai berjumpa di artikel selanjutnya ya!.

Posting Komentar untuk "Aplikasi di Playstore Tidak Kompatibel?, Ini Penyebab dan Cara Mudah Mengatasinya"