Widget HTML #1

Cara Membuat Kelas di Google Classroom Bagi Guru - Terbaru 2020

Cara Membuat Kelas di Google Classroom Bagi Guru - Terbaru 2020

Cara Membuat Kelas di Google Classroom - Aplikasi Google Classroom adalah aplikasi yang dapat digunakan bagi pihak sekolahan terutama untuk Guru dan Murid dalam menjalankan proses belajar mengajar.

Atau lebih tepatnya, aplikasi ini bermanfaat bagi Guru dalam memberikan materi maupun tugas secara online lewat aplikasi ini kepada para murid-murid. Dan para murid-murid hanya perlu mengakses nya lewat smartphone mereka.

Apalagi dimasa pandemi sekarang ini, dimana sekolahan masih banyak yang diliburkan. Maka solusi bagi para Guru dan Murid adalah dengan mengajar dan belajar secara online. Dan hal ini sudah berjalan cukup lama semenjak awal wabah covid-19 ini masuk ke Indonesia.


Tapi yang saya lihat, masih banyak Guru-guru (terutama yang memang sudah berumur cukup tua) agak kurang paham memakai aplikasi Google Classroom ini. Untuk itu disini saya akan memberikan tutorial singkat bagi para Guru-guru untuk membuat kelas di aplikasi ini.

Oke daripada banyak berbasa-basi langsung saja kita ke tutorial nya.

Cara Membuat Kelas di Aplikasi Google Classroom Terbaru 2020

1. Download Aplikasinya

Cara Membuat Kelas di Google Classroom Bagi Guru

Yang pertama-tama agan harus lakukan adalah mendownload aplikasi Google Classroom nya terlebih dahulu. Untuk download nya agan bisa langsung ketik di Google Playstore atau bisa langsung klik disini : Google Classroom

2. Mulai Buat Kelas

Cara Membuat Kelas di Google Classroom Bagi Guru - Terbaru 2020

Setelah selesai mendownload aplikasinya, silahkan agan masuk kedalam aplikasinya. Nanti diawal penggunaan, agan harus masuk dulu menggunakan akun Gmail yang akan menjadi akun utama dari Google Classroom ini. Jadi silahkan Pilih sesuai dengan pilihan saja.

Selepas login, agan silahkan membuat kelas dengan klik icon + berwarna biru di sisi bawah kanan layar. Nanti akan muncul pilihan "Buat Kelas" atau "Gabung ke Kelas", maka silahkan agan pilih "Buat Kelas".

Cara Membuat Kelas di Google Classroom Bagi Guru - Terbaru 2020Cara Membuat Kelas di Google Classroom Bagi Guru - Terbaru 2020

Nanti akan ada beberapa menu informasi yang bisa diisi seperti nama kelas, bagian, ruang, dan juga mata pelajaran. Isi sesuai kebutuhan kelas, dan jika sudah maka klik "Buat" seperti contoh pada gambar diatas.


3. Selesai

Cara Membuat Kelas di Google Classroom Bagi Guru - Terbaru 2020

Jika sudah, maka nanti tampilan nya akan seperti ini, nah kelas sudah mulai bisa digunakan. Tapi sebelum itu, untuk Bapak-bapak dan Ibu-ibu Guru dapat membagikan kelas nya supaya murid-murid nya bisa masuk kedalam kelas dengan memberikan link grup.

Cara Membuat Kelas di Google Classroom Bagi Guru - Terbaru 2020

Ibu & Bapak Guru bisa masuk ke menu "Anggota" lalu klik bagian "Undang". Nanti Bapak & Ibu Guru bisa mengklik bagian "Salin link" lalu silahkan di share link tersebut kepada murid-muridnya. Cukup simple bukan?.


Oke sekian dulu untuk artikel kali ini semoga bermanfaat bagi agan-agan semua. Silahkan berikan saran dan kritik di kolom komentar agar saya bisa terus memberikan artikel-artikel menarik dan juga bermanfaat bagi agan-agan semua.

Dan komentar saran maupun kritik agan adalah motivasi bagi saya agar bisa terus mengembangkan website ini menjadi lebih baik kedepannya. Saya pamit undur diri dan sampai berjumpa di artikel selanjutnya!.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Kelas di Google Classroom Bagi Guru - Terbaru 2020"