Widget HTML #1

Cara Menjaga Baterai Smartphone Agar Tetap Awet dan Tidak Mudah Rusak

Cara Menjaga Baterai Smartphone Agar Tetap Awet dan Tidak Mudah Rusak

Cara Menjaga Baterai Smartphone - Smartphone adalah sebuah alat paling penting dalam kehidupan setiap manusia pada zaman sekarang. Karena dengan smartphone, kita bisa berkomunikasi dengan orang-orang yang jauh dari tempat kita.

Dan juga, smartphone dizaman sekarang dapat digunakan sebagai alat untuk membantu pekerjaan kita sehari-hari. Misalnya, kita adalah seorang driver motor ataupun mobil yang mengharuskan kita menggunakan Maps sebagai alat bantu kita menemukan alamat.

Atau smartphone juga bisa digunakan sebagai alat hiburan bagi kita. Karna dengan smartphone, kita dapat bermain game, atau kita juga dapat menonton berbagai macam video lucu dan menghibur dari seluruh Indonesia maupun dunia lewat Youtube.

Nah, dengan begitu kita harus memiliki smartphone, dan untuk menyalakan smartphone kita membutuhkan komponen baterai. Jika smartphone tidak memiliki baterai, maka ia tidak punya daya untuk menyalakan sistem nya.

Dan komponen baterai ini, sering kali kita lupakan hingga kita kurang perduli akan perawatan nya. Oleh karena itu disini saya akan memberikan sebuah tutorial dan informasi mengenai cara menjaga baterai smartphone agar tetap awet dan tidak mudah rusak, bahkan untuk pemakaian jangka panjang.

Oke daripada banyak basa-basi, langsung saja ini dia informasi selengkapnya.

Cara Menjaga dan Merawat Baterai Smartphone

1. Hindari Mencharging Smartphone Jika Smartphone Panas

Yang pertama adalah hindari mencharging smartphone jika smartphone tersebut panas. Nah sebuah smartphone panas pun juga harus agan hindari, karna dikhawatirkan akan membuat si smartphone bisa-bisa meledak.

2. Charge Jika Smartphone Memang Habis Sekali Daya nya

Silahkan charge smartphone agan jika memang sudah habis sekali daya nya (misal sudah dibawah 15% atau bahkan 5%). Jangan sampai menunggu atau menguras baterai smartphone sampai benar-benar habis dan mati.

3. Hindari "Colok Cabut" Saat Mencharging Smartphone

Nah yang ini paling sering terjadi ketika agan memang membutuhkan smartphone tetapi smartphone agan sedang di charge. Jika agan memang sedang membutuhkan smartphone, dan baterai smartphone pun masih ada diatas 20%, maka gunakanlah saja dulu.

tetapi jika memang sudah dibawah 10% maka ada baiknya agan tunggu dulu sampai daya baterai smartphone nya diatas 55%. Ini juga untuk menghindari rusak nya baterai dan port USB.

4. Jangan Sering Memainkan Smartphone Ketika Sedang di Charge

Agan jangan terlalu sering memainkan smartphone ketika sedang di charge, apalagi agan paksa untuk memainkan game. Ini dikhawatirkan akan memicu baterai turun performa nya dan membuat konslet listrik. Atau bahkan membuat smartphone menjadi naik suhu nya dan meledak.

5. Biasakan Matikan Smartphone Ketika Proses Charging

Jika agan ingin mencharging smartphonenya, biasakan dimatikan daya. Ini juga salah satu langkah untuk menjaga baterai smartphone tetap awet.

6. Cabut Kabel Charger bila Smartphone Sudah 99% Daya Baterai nya

Jika agan yang memakai smartphone dengan fitur "Auto cut" pada saat pengisian daya baterai, saya rasa aman-aman saja. Tetapi jika memang smartphone agan belum memiliki fitur auto cut ini, biasakan mencabut kabel charge bila daya baterai smartphone sudah 99% atau 100%. Agar tidak ada arus listrik berlebih yang masuk kedalam smartphone, dan mencegah baterai smartphone "kembung".

Penutup

Oke sekian dulu untuk artikel kali ini semoga bermanfaat bagi agan-agan semua. Silahkan berikan saran dan kritik di kolom komentar agar saya bisa terus memberikan artikel-artikel menarik dan juga bermanfaat bagi agan-agan semua.

Dan komentar saran maupun kritik agan adalah motivasi bagi saya agar bisa terus mengembangkan website ini menjadi lebih baik kedepannya. Saya pamit undur diri dan sampai berjumpa di artikel selanjutnya!.

Posting Komentar untuk "Cara Menjaga Baterai Smartphone Agar Tetap Awet dan Tidak Mudah Rusak"