Widget HTML #1

Cara Membuat Tugas Kelas di Google Classroom Bagi Guru -Terbaru 2020

Cara Membuat Tugas Kelas di Google Classroom Bagi Guru -Terbaru 2020

Membuat Tugas Kelas di Google Classroom - Aplikasi Google Classroom adalah aplikasi yang masih sering digunakan oleh para siswa dan siswi serta Guru-guru untuk melakukan proses belajar maupun mengajar.

Dengan bantuan aplikasi ini, tiap siswa dan siswi masih bisa bersekolah dan belajar seperti biasa meski lewat online di era pandemi sekarang ini. Namun juga, banyak sekali Guru-guru yang memang belum terlalu mengerti tentang cara penggunaan dari aplikasi ini.

Dan disini saya akan memberikan sebuah tutorial singkat bagi para Guru-guru yang ingin membuat tugas kelas di aplikasi Google Classroom dengan mudah. Semoga dengan tutorial saya kali ini bisa bermanfaat bagi para Guru-guru diluar sana.


Oke daripada banyak basa-basi, langsung saja kita ke inti pembahasan nya.

Cara Membuat Tugas Kelas di Google Classroom Dengan Mudah

1. Masuk ke Aplikasinya

Membuat Tugas Kelas di Google Classroom

Yang pertama-tama harus dilakukan adalah membuka aplikasinya. Untuk bapak dan Ibu Guru yang belum mendownload aplikasinya, bisa mendownload terlebih dahulu lalu login atau masuk menggunakan Gmail utama yang akan Ibu/Bapak Guru gunakan.

Lalu setelah itu Ibu/Bapak Guru bisa klik icon + di sisi kanan bawah dari layar smartphone nya.

2. Pilih Tipe Tugas

Membuat Tugas Kelas di Google Classroom

Setelah itu akan muncul beberapa menu pilihan dalam membuat tugas. Ada menu Tugas, Pertanyaan, Materi, dsb. Untuk tutorial kali ini, saya akan memberikan cara untuk menggunakan menu "Tugas", nanti sisanya bisa Ibu/Bapak Guru explore sendiri.

3. Isi Tugasnya

Membuat Tugas Kelas di Google Classroom

Didalam menu "Tugas" ada berbagai macam menu yang dapat kita isi. Nah untuk Judul dan deskripsi bisa Ibu/Bapak Guru isi sesuai dengan kebutuhan. Lalu untuk menu poin, Ibu/Bapak Guru bisa mengatur berapa nilai dari tugas ini.

Setelah itu ada menu "Tenggat" ini bisa Ibu/Bapak Guru atur seberapa lama tugas ini dapat dikerjakan. Dan menu "Topik" adalah menu untuk Ibu/Bapak gunakan sebagai informasi topik yang sedang dibahas. Dan juga Ibu/Bapak Guru bisa menambahkan beberapa item seperti Link, Gambar, Video, File PDF , Dsb.

Membuat Tugas Kelas di Google Classroom

4. Kirim Tugas

Membuat Tugas Kelas di Google Classroom

Jika sudah selesai membuat tugas kelasnya, Ibu/Bapak Guru bisa klik icon tanda panah di sisi atas aplikasi (seperti contoh digambar). Dan jika ada notifikasi seperti contoh dibawah ini, Ibu/Bapak Guru bisa mengatur nya. Jika sudah sesuai, langsung klik "Tugaskan".

Membuat Tugas Kelas di Google Classroom

5. Selesai

Membuat Tugas Kelas di Google Classroom

Tugas sudah selesai dibuat dan bisa dikerjakan oleh para murid-murid (yang telah bergabung di grup kelas tersebut).


Oke sekian dulu untuk artikel kali ini semoga bermanfaat bagi agan-agan semua. Silahkan berikan saran dan kritik di kolom komentar agar saya bisa terus memberikan artikel-artikel menarik dan juga bermanfaat bagi agan-agan semua.

Dan komentar saran maupun kritik agan adalah motivasi bagi saya agar bisa terus mengembangkan website ini menjadi lebih baik kedepannya. Saya pamit undur diri dan sampai berjumpa di artikel selanjutnya!.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Tugas Kelas di Google Classroom Bagi Guru -Terbaru 2020"