Widget HTML #1

Smartphone Jadi Lambat? Ini Dia Cara Mudah Mengatasinya

Smartphone Jadi Lambat?

Smartphone Menjadi Lambat Karna Apa?

Smartphone Jadi Lambat? - Banyak sekali faktor yang mendukung sebuah smartphone menjadi cepat performanya, misalnya saja dengan RAM. Memang RAM tidak selalu menjadi faktor utama (ada benar dan salah nya juga) mengapa sebuah smartphone menjadi lebih cepat performanya.

Akan tetapi, banyak faktor-faktor selain RAM yang bisa kita jadikan acuan mengapa sebuah smartphone menjadi lebih cepat performanya, yaitu :
  • Prosesor
Prosesor atau chipset bisa kita jadikan alasan mengapa sebuah smartphone menjadi cepat performanya. Mau kapasitas RAM sebesar apapun, jika memang prosesor atau chipset nya kurang baik atau kemampuan dari si prosesor tidak mampu menjalankan aplikasi-aplikasi terkini ya sama saja.

  • Memori Internal
Memori internal pun juga bisa dijadikan alasan mengapa sebuah smartphone menjadi lebih cepat performanya. Tetapi hal ini dibarengi pula dengan kapasitas RAM juga, jadi semisal RAM nya berkapasitas 4GB, internalnya biasanya 32GB ataupun 64GB. Jika kapasitas RAM 4GB dipadukan dengan kapasitas memori internal 16GB saya rasa akan menurunkan performa dari si smartphone.


Nah untuk itu, kali ini saya akan memberikan sebuah tutorial singkat khusus bagi agan-agan yang memang smartphone nya sekarang mengalami lambat atau lemot pada performanya. Oke daripada banyak basa-basi langsung saja ini dia tutorialnya

Cara Mengatasi Smartphone Menjadi Lambat


1. Uninstall Aplikasi yang Tidak Perlu

Yang pertama ini adalah karna agan menginstall aplikasi yang memang kurang penting bagi agan, yang aplikasi ini bisa dibuka seminggu sekali atau bahkan satu bulan sekali. Jadi silahkan agan pilih aplikasi mana saja yang sekiranya memang penting untuk kebutuhan agan, jika merasa aplikasi tersebut kurang terlalu penting maka uninstall saja.

2. Hapus Data Kurang Penting di Memori Internal

Yang kedua silahkan agan membuka file manager lalu cek di memori internal. Memori internal ini tempat menyimpan berbagai macam data aplikasi yang telah agan download ataupun data-data dari sistem. Jadi silahkan dipilah maupun dipilih mana file yang penting dan mana file yang menjadi "Sampah" di memori internal.

Sangat saya sarankan untuk agan menyimpan data seperti foto dan video itu di memori external, atau bahkan jika aplikasi bisa dipindahkan ke memori external maka ada baiknya silahkan pindahkan. Untuk pengguna smartphone Xiaomi bisa menggunakan cara ini : Cara Mudah dan Cepat Membersihkan File-File Sampah di Smartphone Xiaomi

3. Kurangi Aplikasi Game

Untuk agan-agan yang suka dengan bermain game lewat smartphone seperti PUBG Mobile, Free Fire, Mobile Legends, dsb maka saran saya adalah silahkan install game seperlunya saja. Jika ada game yang tidak dimainkan maka langsung hapus saja karna aplikasi game ini cukup banyak menyimpan data yang bisa membuat smartphone menjadi lambat atau lemot.

4. Bersihkan Recent Apps

Setelah selesai menggunakan aplikasi apapun, silahkan agan langsung bersihkan di recent apps atau aplikasi yang telah dibuka sebelumnya. Hal ini dapat membuat smartphone menjadi lebih enteng karena tidak ada aplikasi yang berjalan di latar belakang. Sering-seringlah bersihkan recent apps.

5. Bersihkan Foto Maupun Video yang Tidak Penting

Foto dan video yang biasanya menyumbang banyak data ke memori smartphone, jadi silahkan hapus foto-foto ataupun video yang kurang menarik atau memang tidak penting seperti foto atau video mantan misalnya, uhuk.


Oke sekian dulu untuk artikel kali ini semoga bermanfaat bagi agan-agan semua. Jadi jangan berpikiran langsung membeli smartphone baru ya ketika smartphone agan sudah lambat atau lemot, bisa jadi karna kesalahan kita sendiri yang tidak merawat smartphone kita dengan baik.

Tapi jika lambat karna faktor usia dari si smartphone sih memang jalan satu-satunya adalah mengganti dengan smartphone yang lebih baru ya, hehe. Sekian untuk artikel kali ini, saya pamit undur diri dan sampai berjumpa di artikel selanjutnya!.

1 komentar untuk "Smartphone Jadi Lambat? Ini Dia Cara Mudah Mengatasinya"