Widget HTML #1

Speaker HP Sering Mati? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Speaker HP Sering Mati

Speaker HP Sering Mati Pada Smartphone

Speaker HP Sering Mati - Speaker adalah sebuah hardware atau komponen penting pada sebuah perangkat elektronik yang menghasilkan suara khususnya pada smartphone. Dengan speaker, kita bisa mendengarkan suara dari lagu ataupun video yang memang sedang kita putar atau tonton. Tanpa adanya speaker, mungkin kita tidak bisa mendengarkan lagu atau menonton sebuah video dengan nyaman.

Lantas, bagaimana jika kita mengalami sebuah hal atau sebuah kasus dengan smartphone kita, dimana speaker pada smartphone kita tidak berfungsi, dalam waktu singkat ataupun benar-benar sudah mati. Nah, pertanyaan ini sempat ditanya oleh teman saya karena dia mengalami kejadian semacam ini pada smartphone yang ia miliki.

Apasih penyebab dari sebuah speaker di smartphone mengalami mati secara sementara atau bahkan yang lebih parahnya sampai benar-benar mati dan tidak berfungsi sama sekali?, dan adakah cara mengatasinya, bagaimana?. Disini saya akan mencoba menjelaskan terlebih dahulu beberapa faktor yang membuat smartphone kita menjadi mati speakernya.

Oke daripada banyak basa-basi langsung saja ini dia beberapa faktor penyebab speaker sebuah smartphone mati secara sementara atau bahkan mati dan tidak berfungsi sama sekali.


Beberapa Faktor Penyebab Speaker Smartphone Mati

1. Tersambung ke Mode Headset

Yang pertama adalah, smartphone agan ini masuk kedalam mode headset. Nah, faktor pertama ini biasa dialami oleh beberapa user smartphone Xiaomi. Mengapa?, karena di beberapa smartphone Xiaomi ini ketika kita ingin menyambungkan kepada sound aktif (atau apapun namanya) itu langsung menjadi mode headset.

Dikarenakan memang arus listrik yang berada pada sound aktif ini lebih besar ketimbang dari aliran yang seharusnya. Dan ini yang menyebabkan mengapa beberapa smartphone Xiaomi ini menjadi mode headset secara otomatis dan tidak bisa hilang, serta ini pula yang menjadi penyebab kerusakan di IC Audio nya.

2. Terkena Air

Faktor kedua ialah terkena air. Lagi-lagi saya ingatkan untuk agan-agan semua yang memang smartphone nya tidak memiliki sertifikasi IP-67 & IP-68 atau water resistant (tahan terhadap percikan air bahkan air yang banyak sekalipun) agar menghindari air dari smartphone. Atau bisa juga hindari smartphone dikala hujan (karna beberapa agan pasti menaruh smartphone nya didalam kantong celana saat kondisi hujan).

3. Kotor

Faktor yang ketiga ini sebenarnya sangat jarang ditemui, karna beberapa smartphone saya rasa di desain agar komponen nya tahan terhadap debu yang tidak terlalu banyak. Tetapi bagian speaker kotor juga bisa menjadi penyebab speaker menjadi error (tapi tidak sampai mati dan tidak bisa digunakan sama sekali).

4. Terbanting

Faktor yang keempat ini bukan hanya dari sisi software, bahkan hardware nya pun bisa rusak dan fatal. Bisa jadi komponen speaker atau IC Audio nya mengalami kerusakan karena terbanting. Atau kalau ringan-ringan saja, mungkin speaker jadi lebih kecil suaranya atau bisa jadi "sember".

5. Ngelag

Faktor yang kelima ini, cukup sering dijumpai apalagi untuk smartphone-smartphone yang sudah lawas atau spesifikasinya sudah tidak mumpuni menjalankan aplikasi di tahun sekarang. Penyebab nya terkadang karena aplikasi terlalu berat dijalankan sehingga sistem terlalu lambat dalam memproses, sehingga sound yang dikeluarkan mungkin telat atau bahkan mati namun sementara.


Nah apakah ada solusinya agar speaker pada smartphone kita bisa kembali normal?, berikut beberapa caranya.

Cara Mengatasi Speaker Smartphone Yang Mati Sementara maupun yang sudah rusak

1. Service

Cara yang pertama ini sudah paling ampuh jikalau memang penyebabnya juga cukup fatal. Biasanya harga dari service ini tergantung dari smartphone nya, paling standar biasanya ada di kisaran harga Rp.50.000 sampai Rp.150.000 (jika service di konter-konter biasa). Tapi jika agan service langsung ke service center, biasanya akan ada di kisaran harga Rp.300.000 sampai Rp.800.000 (lagi-lagi tergantung pada penyebabnya). Tapi saya sarankan agar service di official brand nya ya agar dapat komponen original yang sudah pasti bagus.

2. Restart Smartphone

Yang kedua ini adalah cara untuk penyebab seperti lag pada smartphone. Jadi agan tidak perlu sampai menservice smartphone agan di konter ataupun official store service nya.

3. Rajin Membersihkan Lubang Speaker

Cara ini sebenarnya tidak terlalu terbukti ya, tapi yang saya rasakan beberapa kali ini cukup memberi efek pada suara speaker menjadi lebih kencang (seperti tidak ada hambatan pada lubang speaker nya).

4. Menjaga Smartphone Selalu di Tempat Bersih dan Tidak Berdebu

Biasakan untuk menaruh smartphone agan di tempat-tempat yang bersih dan jauh dari debu. Hal ini juga dapat menjaga komponen-komponen lain pada smartphone agan tetap bersih dan berfungsi dengan normal.

5. Tidak Mencolokan Kembali ke Speaker Aktif

Jika pernah sembuh dari kasus ini atau belum merasakan, saya sarankan jangan lagi-lagi untuk mencolokan langsung smartphone ke speaker aktif jika tidak ada converter nya.


Oke itu dia beberapa penyebab dan cara mengatasi dari speaker smartphone yang mati. Oke sekian dulu untuk artikel kali ini semoga bermanfaat bagi agan-agan semuanya.

Silahkan berikan kritik maupun saran di kolom komentar agar saya bisa terus mengembangkan website ini menjadi lebih baik kedepannya. Saya pamit undur diri dan sampai berjumpa dia artikel selanjutnya!.

Posting Komentar untuk "Speaker HP Sering Mati? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya"