Widget HTML #1

Mengenal Chipset Mediatek dan Snapdragon

Mengenal Chipset Mediatek dan Snapdragon

Mengenal Chipset Mediatek dan Snapdragon Bagi Pemula

Mengenal Chipset Mediatek dan Snapdragon - Bagi seorang pemula atau untuk agan-agan yang memang hanya mengenal sebuah device smartphone dari merk atau brand saja, mungkin tidak akan mengerti tentang komponen-komponen dari smartphone itu sendiri atau biasa kita sebut dengan "Spesifikasi".

Mengenal komponen-komponen atau spesifikasi pada sebuah smartphone itu sangat penting bagi kita. karena bagaimana kita bisa bilang bahwa device smartphone ini bagus kualitasnya kalau kita tidak mengetahui komponen apa saja yang berada di dalam nya. Kalau kita menilai sebuah smartphone hanya dari brand atau merk nya saja, maka kita salah besar.

Mungkin ada yang tau, tetapi hanya "Sekedarnya" saja, semisal seperti berapa kapasitas RAM dan Internal dari smartphone tersebut, lalu kamera belakang dan depan ada berapa buah serta berapa besar kualitas megapixel nya, atau ada fingerprint nya kah di smartphone ini, dan lain sebagainya. Tapi pasti agan pernah kan mendengar tentang chipset atau prosesor Snapdragon maupun Mediatek pada sebuah smartphone?.

Nah pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sebuah informasi terkait dengan chipset atau prosesor sebuah smartphone, yaitu seputar Snapdragon maupun Mediatek secara singkat saja dan agar mudah dipahami oleh agan-agan semua yang mungkin masih sangat-sangat awam atau pemula di dunia spesifikasi smartphone.

Oke langsung saja daripada berbasa-basi lagi, ini dia informasinya :

  • Snapdragon

Untuk sejarah awalnya dari Snapdragon ini, Snapdragon adalah produk telekomunikasi yang berasal dari sebuah perusaaan bernama Qualcomn. Perusahaan Qualcomm ini didirikan oleh 7 orang yaitu ada :
  1. Dr. Irwin M. Jacobs
  2. Dr. Andrew Viterbi
  3. Harvey White
  4. Franklin Antonio
  5. Andrew Cohen
  6. Klein Gilhousen
  7. Adelia Coffman
Sebenarnya, pada awalnya perusahaan Qualcomm ini hanya berfokus pada teknologi komunikasi berbasis satelit dan CDMA (Code Division Multiple Accsess). Namun setelah perusahaan Qualcomm ini semakin berkembang di tahun-tahun sesudahnya, maka Qualcomm melepas beberapa divisi seperti divisi infrastruktur wireless dan divisi handset CDMA lalu mulai fokus kepada chip telekomunikasi dengan basis CDMA2000 dan WCDMA.

Kita singkat saja, pada tahun 2009 banyak perusahaan ternama yang melirik Snapdragon sebagai chipset bagi beberapa smartphone keluaran mereka. Dan juga, ini menjadi sebab bahwa snapdragon masih sangat-sangat dibutuhkan hingga banyak dipakai oleh smartphone dari kelas low, mid, maupun high end.

  • Mediatek

Mediatek Inc. adalah sebuah perusahaan semikonduktor fabless Taiwan yang menyediakan chip untuk komunikasi nirkabel, perangkat seluler seperti smartphone dan tablet, sistem navigasi, dan masih banyak lagi. Kantor pusatnya ada di Hsincu, Taiwan dan merupakan perancang IC Fabless terbesar ketiga didunia pada tahun 2016.

Sejarah awalnya, Mediatek merupakan unit dari United Microelectonics Corporation (UMC) yang bertugas merancang chipset untuk produk home entertaintment. Perusahaan mulai merancang chipset untuk drive optik dan kemudian berkembang menjadi chip untuk pemutar DVD, TV Digital, Telepon Seluler, dan Tablet.

Perusahaan meluncurkan divisi untuk merancang produk perangkat seluler pada tahun 2004, dan tujuh tahun kemudian, perusahaan menerima pesanan lebih dari 500 juta unit sistem chipset untuk smartphone pertahun yang mencakup smartphone dan fiturphone.


Nah, itu merupakan sejarah singkat dari Snapdragon maupun Mediatek. Dan untuk pertanyaan, "Mana yang lebih baik diantara Mediatek maupun Snapdragon?". Saya rasa hal tersebut tidak bisa dijelaskan secara dari sudut pandang pribadi. Karena yang saya lihat, tiap sektor atau tiap versi dari kedua chipset tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan nya masing-masing.

Maka saya akhiri artikel kali ini, semoga agan-agan semua bisa lebih mengenal atau sekedar tau mengenai Snapdragon maupun Mediatek sebagai komponen penting dalam sebuah smartphone. Jadi jika besok-besok agan ingin membeli sebuah smartphone, harus dicek terlebih dahulu ya spesifikasinya, agar agan juga bisa menggunakan smartphone tersebut sesuai dengan kemampuan si smartphone tersebut.

Silahkan berikan kritik maupun saran di kolom komentar agar saya bisa terus mengembangkan website ini menjadi lebih baik. Saya pamit undur diri dan sampai berjumpa di artikel selanjutnya ya!.

Posting Komentar untuk "Mengenal Chipset Mediatek dan Snapdragon"