Widget HTML #1

5 Hal Yang Perlu Dihapus Ketika Memori Smartphone Penuh

5 Hal Yang Perlu Dihapus Ketika Memori Smartphone Penuh

5 Hal Yang Perlu Dihapus Ketika Memori Smartphone Penuh -  Pada setiap smartphone, pasti memiliki kapasitas memori internal yang dapat menampung file-file pribadi kita. Dan setiap smartphone memiliki kapasitas memori internal yang berbeda juga.

Mungkin untuk sekarang ditahun 2021, sudah ada beberapa smartphone dari brand-brand ternama yang mengeluarkan smartphone dengan kapasitas internal sampai dengan 1TB. Tetapi yang seperti kita tau bahwa harga dari smartphone dengan internal sebesar itu pasti akan mahal dan tidak semua dari kita bisa membelinya.

Untuk itu, kita disediakan slot atau tempat menaruh memori external yang biasa kita sebut dengan SD Card, tetapi tiap smartphone pasti juga punya batas maksimal berapa kita bisa menaruh memori external tersebut.

Dan pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi untuk agan-agan semua yang mengalami problem dimana memori internalnya penuh.

Sebelum Itu

Untuk agan-agan yang suka atau sedang belajar tentang dunia robot, agan-agan bisa mampir ke channel youtube nya mas Ali Syauqi Bilfaqih. Di channel tersebut akan banyak ilmu dan juga informasi terkait soal dunia robot.

Agan-agan bisa melihat berbagai macam tutorial menarik seputar pemograman dari robot. Bagi Yang berminat, bisa langsung mampir ke channel youtube nya dengan klik disini Channel Youtube Ali Syauqi Bilfaqih


Oke daripada banyak basa-basi langsung saja ini dia informasinya.

5 Hal Yang Perlu di Hapus Ketika Memori Smartphone Penuh

1. Foto & Video

Yang pertama sudah pasti file foto dan juga video, terutama file video. Terkadang kita suka "iseng" merekam atau mengabadikan foto-foto yang mungkin sebenarnya tidak terlalu penting buat kita.

Dan kita membiarkannya tersimpan kedalam memori internal pada smartphone kita. Nah hal ini yang seharusnya agan-agan cek terlebih dulu ketika ada notifikasi bahwa memori internal agan penuh.

Jadi lakukan minimal 1 minggu sekali, untuk mensortir foto dan juga video yang ada pada galeri smartphone kita. Hapus yang tidak penting atau agan bisa pindahkan ke memori external atau bahkan ke PC/Laptop.

2. Aplikasi

Yang kedua adalah aplikasi. Seharusnya kita menyadari kita terlalu banyak menginstall aplikasi yang bahkan dalam jangka waktu 1 minggu pun aplikasi tersebut kita tidak buka dan kita tidak gunakan.

Maka ada baiknya, silahkan sortir kembali aplikasi mana yang agan butuhkan dan agan gunakan. Untuk yang tidak penting agan bisa hapus atau uninstall terlebih dahulu dan jika sewaktu saat agan membutuhkan nya kembali, agan bisa download aplikasi tersebut.

Memang terkesan ribet, tapi ini salah satu cara untuk menghemat kapasitas memori agan supaya tidak cepat penuh.

3. Chat

Yang ketiga ada chat. File chat sudah pasti banyak di smartphone kita, apalagi bagi kita yang memang aktif pada suatu grup, atau komunikasi dengan pasangan kita.

File chat memang tidak terlalu besar, tapi jika memang sudah dipakai bertahun-tahun, agan bisa cek data file chatnya apakah sudah memenuhi kapasitas memori atau belum.

Kalau saran dari saya, jika ada chat yang kurang penting (dari mantan misalnya, hehe) lebih baik dihapus saja, dan jangan ditumpuk dengan chat-chat lainnya.

4. Voice Note / Rekaman Suara

Yang keempat agan bisa cek pada file rekaman suara atau voice note. Apalagi untuk agan-agan yang suka sekali merekam suaranya entah untuk bernyanyi, atau menghafalkan suatu tugas (mungkin?).

Agan bisa cek di aplikasi apapun seperti Whatsapp, atau bahkan aplikasi perekam suara nya.

5. File Sampah di File Manager

Yang kelima adalah agan bisa menghapus file-file sampah yang ada pada memori internal agan. Banyak sekali file sampai dari bawaan aplikasi atau semacamnya. Agan bisa menghapus file-file yang sekiranya isinya tidak jelas dan tidak berpengaruh pada aplikasi manapun.

Atau agan bisa manfaatkan aplikasi-aplikasi penghapus data tidak penting yang ada pada memori. Untuk agan-agan pengguna smartphone Android terutama Xiaomi, ada aplikasi bawaan yang bisa agan-agan gunakan untuk menghapus aplikasi, file, foto dan video, dll.


Oke sekian dulu untuk artikel kali ini semoga bermanfaat bagi agan-agan semua. Silahkan berikan kritik maupun saran di kolom komentar agar saya bisa terus memberikan artikel-artikel menarik dan juga bermanfaat.

Juga komentar-komentar saran dan kritik agan adalah motivasi saya agar terus bisa mengembangkan website ini menjadi lebih baik kedepannya. Saya pamit undur diri dan sampai berjumpa di artikel selanjutnya ya!.

Posting Komentar untuk "5 Hal Yang Perlu Dihapus Ketika Memori Smartphone Penuh"