Widget HTML #1

Smartphone Terasa Panas Saat Dipakai? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Smartphone Terasa Panas Saat Dipakai? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Smartphone Terasa Panas Saat Dipakai - Apakah agan-agan pernah mengalami dimana smartphone nya ketika dipakai terasa panas?. Tapi panas nya ini seakan-akan tidak wajar atau jarang sekali terjadi pada saat memakai smartphone.

Dan ketika smartphone agan panas, terjadi hal-hal seperti performa smartphone jadi turun, smartphone jadi lag/macet, bahkan sampai beberapa hardware seperti kamera tidak bisa dijalankan seperti biasanya, padahal ada momen penting saat itu.

Untuk itu, disini saya akan menjelaskan, penyebab dan juga cara mengatasi dari smartphone yang mengalami "Overheating" atau panas berlebih ketika sedang dimainkan. Oke daripada banyak berbasa-basi langsung saja kita ke inti pembahasan pertama, yaitu penyebab nya.

Penyebab Smartphone Menjadi Panas atau Overheating

1. Terlalu Banyak Aplikasi Dibuka

Yang pertama adalah agan terlalu banyak membuka aplikasi yang masih berjalan di background/latar belakang. Apalagi untuk spesifikasi smartphone yang memang terbilang "rendah" dan pada hakikatnya tidak terlalu kuat untuk menjalankan aplikasi begitu banyak pada latar belakang.

2. RAM Penuh

Yang kedua masih ada sambungan nya dengan yang pertama, yaitu karna RAM penuh akibat terlalu banyak aplikasi yang berjalan pada background atau latar belakang.

3. Smartphone di Taruh Pada Suhu Panas

Yang ketiga ini bisa juga ketika agan menaruh smartphone agan pada tempat yang bersuhu cukup panas. Ini dapat menaikan suhu smartphone secara tidak langsung. Seperti misalnya ditaruh di dashboard mobil dan terkena cahaya matahari, ditaruh di dalam celana yang ketat dan tidak ada udara, dsb.

4. Smartphone Memiliki Masalah Software

Yang keempat ini pernah saya alami sendiri, ketika smartphone saya custom dengan memakai ROM dari smartphone yang sudah saya porting ke smartphone saya (kalau agan tau ya, hehe). Karena software ada yang tidak support dengan sistem smartphone saya, maka terjadi error sehingga performa dari hardware tidak "jelas" dan tidak semestinya.

5. Kesalahan Hardware

Yang kelima terjadi ketika agan mendapat smartphone yang memang sudah rusak atau "gagal" dari pabrik nya. Biasanya ini terjadi karena smartphone lolos dari QC (Quality Control) yang lengah. Tapi kasus ini terjadi cukup jarang sih.

Lalu bagaimana cara mengatasinya?, berikut beberapa cara mengatasi smartphone agan yang panas atau overheating.

Cara Mengatasi Smartphone Yang Terasa Panas Ketika Dipakai

1. Matikan Smartphone Sampai Suhu Menurun

Cara pertama yang bisa agan lakukan adalah mematikan smartphone sampai paling tidak suhu nya benar-benar turun atau normal seperti sedia kala.

2. Menghapus Aplikasi Pada Recent Apps

Cara yang kedua adalah sering-sering menghapus aplikasi pada recent apps, atau aplikasi yang memang sudah tidak digunakan lagi yang masih berjalan pada latar belakang.

3. Membersihkan Sampah dan Virus Pada Smartphone

Cara yang ketiga adalah agan bisa menghapus sampah-sampah dan juga virus pada smartphone agan. Jika agan memiliki smartphone Xiaomi, agan bisa melakukan caranya seperi yang sudah saya jelaskan pada artikel berikut : Cara Mudah dan Cepat Membersihkan File-File Sampah di Smartphone Xiaomi.

Atau jika agan tidak memakai smartphone Xiaomi, agan bisa menghapus sampah-sampah dan juga virus menggunakan aplikasi bawaan dari smartphone agan, atau bisa menginstall antivirus di Google Playstore.

4. Service

Ini berlaku jika agan memang mengalami kesalahan atau kerusakan pada hardware ya, jika tidak maka jangan lakukan cara ini.

Bagaimana, cukup mudah bukan?

Penutup

Oke sekian dulu untuk artikel kali ini semoga bermanfaat bagi agan-agan semua. Silahkan berikan kritik maupun saran di kolom komentar agar saya bisa terus memberikan artikel-artikel menarik dan juga bermanfaat.

Juga komentar-komentar saran dan kritik agan adalah motivasi saya agar terus bisa mengembangkan website ini menjadi lebih baik kedepannya. Saya pamit undur diri dan sampai berjumpa di artikel selanjutnya ya!.

1 komentar untuk "Smartphone Terasa Panas Saat Dipakai? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!"

Comment Author Avatar
nice gan , untuk selanjutnya mungkin agan bisa bahas tentang game