Widget HTML #1

Kenali Ciri-Ciri Seller Penipu di Berbagai Macam Marketplace atau Onlineshop

Kenali Ciri-Ciri Seller Penipu di Berbagai Macam Marketplace atau Onlineshop

Kenali Ciri-Ciri Seller Penipu di Berbagai Macam Marketplace atau Onlineshop - Kasus penipuan bisa terjadi dimana saja, tidak terkecuali pada dunia maya dan kasusnya pun tidak hanya 1 atau 2 tetapi sangat beragam.

Salah satunya adalah penipuan berkedok penjualan barang apapun di berbagai macam martketplace atau onlineshop yang mungkin sudah sangat familiar dengan kita.


Untuk itu, disini saya akan memberikan sebuah informasi mengenai ciri-ciri dari para penipu yang berjualan di beberapa marketplace yang akan merugikan agan-agan semua. Jadi agan-agan bisa lebih selektif dan berhati-hati untuk berbelanja di dunia maya.

Langsung saja daripada banyak basa-basi, ini dia inti pembahasannya.

Ciri-Ciri Seller Penipu di Berbagai Macam Marketplace atau Onlineshop

1. Harga Tidak Masuk Akal

Yang pertama adalah, agan-agan harus menghindari harga barang atau sebuah produk yang jika kita fikirkan mungkin tidak masuk akal atau jauh dari harga normal.

Karena biasanya, kita sebagai orang yang normal dan mampu berfikir dengan baik, pastilah kita senang jika ada suatu barang yang harganya sangat murah.

Nah justru dari hal ini, para penipu bisa mendapatkan celah agar mereka bisa menipu agan-agan semua dengan produk yang harganya murah dan bahkan barangnya saja belum jelas wujud nyatanya.

Jadi sebelum membeli sesuatu, pastikan agan-agan sudah meriset harga pasaran nya terlebih dahulu, jika sudah tau paling tidak agan-agan punya refrensi harga terhadap barang yang akan dibeli.

2. Meminta Bertransaksi Diluar Aplikasi

Yang kedua adalah, agan harus menghindari untuk bertransaksi diluar aplikasi (jika agan membeli barang lewat marketplace seperti Shopee. Tokopedia, Bukalapak, dll).

Karena, pihak aplikasi tidak akan bertanggung jawab ketika agan bertransaksi diluar aplikasi. Kecuali agan bertransaksi didalam aplikasi, kalaupun ada indikasi penipuan agan bisa melaporkannya ke pihak customer service marketplace tersebut.


3. Menonaktifkan Chat/Tidak Pernah Membalas Chat

Untuk yang ketiga ini, hendaknya sebelum membeli agan harus chat terlebih dahulu kepada seller untuk paling tidak bertanya soal barang apakah tersedia ataupun tidak.

Memang ciri-ciri ini tidak terlalu menggambarkan seorang penipu, tapi biasanya seller penipu tidak akan menjawab atau merespon chat tentang keluhan seputar barang. Solusinya agan bisa tarik seller untuk berdiskusi bersama admin marketplace tempat agan membeli barang.


Oke sekian dulu untuk artikel kali ini semoga bermanfaat bagi agan-agan semua. Silahkan berikan kritik maupun saran di kolom komentar agar saya bisa terus memberikan artikel-artikel menarik dan juga bermanfaat.

Juga komentar-komentar saran dan kritik agan adalah motivasi saya agar terus bisa mengembangkan website ini menjadi lebih baik kedepannya. Saya pamit undur diri dan sampai berjumpa di artikel selanjutnya ya!.

Posting Komentar untuk "Kenali Ciri-Ciri Seller Penipu di Berbagai Macam Marketplace atau Onlineshop"