Widget HTML #1

Keuntungan dan Kekurangan Membeli Smartphone Secara Online

Tahun berganti tahun, teknologi pun semakin kesini semakin canggih. Kita semakin dibuat mudah oleh teknologi apalagi dalam urusan berbelanja, dan pada kesempatan kali ini pembahasan kita adalah tentang berbelanja atau membeli smartphone.




Setelah kita telah membahas di artikel yang lalu tentang berbelanja smartphone secara offline (bisa di cek pada artikel berikut : Keuntungan Dan Kekurangan Membeli Smartphone Secara Offline) maka kali ini kita akan membahas keuntungan serta kekurangan dari membeli smartphone secara online. Oke daripada banyak basa-basi langsung saja ini dia pembahasan nya

Keuntungan
  • Kita jadi lebih hemat waktu. Kita bisa membeli dan memilih berbagai tipe smartphone yang kita inginkan lewat onlineshop atau marketplace sambil mengerjakan hal yang lain. Misalnya, kita sedang makan, atau kita sedang istirahat dari kerja, atau kita sedang main dengan teman-teman, semua sudah dibuat mudah dengan satu genggaman saja.

  • Harga jauh lebih murah. Tetapi hampir sama jika kita membeli secara offline, terkadang beda toko meski bersebelahan saja harganya bisa berbeda dan begitupun online. Kita harus jeli dan teliti dalam memilih toko yang akan kita beli device nya. Untuk harga biasanya tergantung dari garansi apakah smartphone tersebut bergaransi resmi atau bergaransi distributor.

  • Tidak perlu capek-capek mendatangi toko, pilihan lebih banyak dan bervariasi dari model warna maupun harga. Dan kita bisa membeli lewat toko biasa ataupun toko yang official nya. Untuk pengantaran nya juga bisa menggunakan berbagai expedisi kurir dengan berbagai macam harga serta estimasi sampai.

  • Banyak sekali promo entah dari toko nya atau dari marketplace nya langsung, seperti diskon barang ataupun diskon ongkir, dan berbagai macam promo cashback dengan varian cashback yang berbeda.

Kekurangan
  • Kita tidak pernah tau barang yang kita pesan itu asli atau tidak (jika kita membeli di toko yang memang tidak jelas). Atau kita tidak pernah tau apakah si pelapak atau penjual itu jujur atau tidak. Karna beberapa kasus yang saya temukan, kadang jika kita membeli smartphone dengan garansi resmi, yang dikirim adalah garansi distributor. Atau spesifikasi dari smartphone yang dikirimkan tidak sesuai.

  • Rasa khawatir lebih besar jika barang yang dikirimkan kepada kita mungkin bisa dicuri oleh oknum kurir, atau smartphone yang kita beli itu terbanting-banting saat proses pengiriman (apalagi smartphone-smartphone dengan harga mahal). Atau kurir salah mengirimkan barang tersebut.

  • Jika barang rusak, beberapa toko mungkin ada yang bisa mengganti unit, tetapi terkadang beberapa toko tidak bisa membantu mengklaim garansi, jalan utamanya biasanya kita sendiri yang klaim garansi tersebut.

  • Error pada saat pemesanan, maka jika barang yang kita pesan tidak sesuai atau rusak, kita harus mengembalikan barang/unit kepada seller.

Kira-kira itulah beberapa keuntungan maupun kekurangan dari kita membeli smartphone secara online, semoga bermanfaat bagi agan-agan semua. Silahkan berikan kritik maupun saran di kolom komentar agar saya bisa terus mengembangkan website ini menjadi lebih baik kedepannya. Saya pamit undur diri dan sampai berjumpa di artikel selanjutnya!.

Posting Komentar untuk "Keuntungan dan Kekurangan Membeli Smartphone Secara Online"