Widget HTML #1

5 Tips Menghindari Lowongan Kerja Palsu di Internet

5 Tips Menghindari Lowongan Kerja Palsu di Internet

5 Tips Menghindari Lowongan Kerja Palsu - Zaman dahulu ketika kita ingin mencari berbagai macam lowongan pekerjaan, kita mengharuskan mencarinya secara langsung.

Atau untuk mengetahui berbagai macam informasi soal lowongan kerja, kita menggunakan koran atau mengirimkan surat lewat POS, itupun kita tidak tau apakah perusahaan tersebut masih membuka lowongan atau tidak.

Pada era zaman modern sekarang ini, kita dapat mudah sekali untuk mencari informasi seputar lowongan pekerjaan. Entah lewat sosial media, lewat website, dsb.

Oleh karena itu, disini saya akan memberikan sebuah tips bagi agan-agan yang memang sedang mencari lowongan pekerjaan agar terhindar dari lowongan kerja yang palsu, dan ini mengambil salah satu pengalaman pribadi saya.

Oke daripada banyak basa-basi, langsung saja ini dia inti pembahasannya.

Beberapa Tips Agar Terhindar Dari Lowongan Kerja Palsu di Internet

1. Cari Tau Perusahaan nya Terlebih Dulu

Yang pertama, disaat kita mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja maka kita cek terlebih dahulu perusahaan nya. Banyak sekali perusahaan yang mengatas namakan PT ini dan itu yang ternyata adalah penipuan!.

Ini saya alami langsung ketika saya pertama kali melamar pekerjaan disebuah website pencari lowongan kerja. Saya tidak riset secara jauh, dan ketika saya datang ke tempatnya ternyata palsu dan bahkan ada indikasi penipuan dari perusahaan abal-abal tersebut.

Jadi pastikan sebelum melamar atau men-apply lowongan kerja tersebut, cari tau dulu tentang perusahaan nya lewat Google dan juga Google Maps.

2. Lihat Review nya di Google

Yang kedua ini masih ada sangkut pautnya dengan yang pertama, jadi pastikan agan mencari tau dulu seputar perusahaan nya. Dan biasanya, perusahaan tersebut jikalau asli memiliki atau terbaca pada Google Maps.

Serta pada Google Maps itu ada kolom review, jadi agan bisa melihat terlebih dahulu review dari orang apakah perusahaan ini bagus atau tidak. Tetapi masih "abu-abu" memang, tapi paling tidak agan bisa lebih yakin tentang perusahaan ini.

3. Hindari Lowongan Pekerjaan yang Tidak Masuk Akal

Yang ketiga adalah agan harus menghindari lowongan pekerjaan yang tidak masuk akal. Yang dimaksud "Tidak masuk akal" disini adalah dari segi gaji misalnya, "untuk lowongan pekerjaan penjaga rumah makan dibayar 10 juta perbulan dan tugasnya hanya membawa makanan kepada pelanggan."

Saya rasa untuk agan-agan yang sudah dewasa, pasti bisa berpikir secara jernih bahwa lowongan tersebut tidak masuk akal. Atau sebuah pekerjaan dengan syarat sangat mudah sekali namun dengan gaji fantastis bahkan bisa mengalahkan manager sekalipun.

Kita jangan sampai tertipu dengan lowongan pekerjaan semacam ini, dan ini biasanya adalah salah satu indikasi penipuan dari lowongan pekerjaan.

4. Lihat Review Orang Mengenai Lowongan Kerja Tersebut

Jika kita mendapatkan lowongan kerja tersebut lewat sosial media facebook, disitu ada kolom komentar yang dimana agan bisa bertanya seputar lowongan tersebut, akan tetapi biasanya para penjahat dan penipu ini mematikan kolom komentar tersebut.

Maka ada baiknya agan menghindari lowongan kerja tersebut, dan mencari lowongan pekerjaan lain yang memang bisa kita komentari atau bisa kita lihat komentar orang lain terhadap lowongan pekerjaan tersebut.

5. Masuk ke Dalam Grup Job Seekers/Pencari Lowongan Pekerjaan

Yang kelima kita bisa bergabung terlebih dahulu ke grup-grup yang memang khusus untuk para pencari kerja. Kita bisa saling sharing perihal lowongan kerja apakah itu palsu atau tidak. Bahkan yang saya dapatkan, banyak sekali alamat-alamat perusahaan palsu yang bisa kita hindari berkat saling sharing sesama para pencari kerja.

Penutup

Nah itu dia beberapa tips bagi kamu-kamu yang sedang mencari lowongan pekerjaan. Saya tidak bilang bahwa semua lowongan pekerjaan di internet ini adalah palsu, tapi paling tidak dari pengalaman saya pribadi, memang mereka para penipu cukup banyak untuk menipu para orang yang ingin mencari pekerjaan.

Oke sekian dulu untuk artikel kali ini semoga bermanfaat bagi agan-agan semua. Silahkan berikan kritik maupun saran di kolom komentar agar saya bisa terus memberikan artikel-artikel menarik dan juga bermanfaat.

Juga komentar-komentar saran dan kritik agan adalah motivasi saya agar terus bisa mengembangkan website ini menjadi lebih baik kedepannya. Saya pamit undur diri dan sampai berjumpa di artikel selanjutnya ya!.

2 komentar untuk "5 Tips Menghindari Lowongan Kerja Palsu di Internet"