Cara Merekam Layar Laptop dengan Aplikasi Bawaan di Windows 10 dan Windows 11

Cara Merekam Layar Laptop dengan Aplikasi Bawaan di Windows 10 dan Windows 11

Cara Merekam Layar Laptop dengan Aplikasi Bawaan di Windows 10 dan Windows 11

Cara Merekam Layar Laptop dengan Aplikasi Bawaan di Windows 10 dan Windows 11 - Dalam era digital saat ini, kemampuan untuk merekam layar laptop Anda menjadi semakin penting.

Baik Anda seorang pembuat konten, gamer, atau hanya ingin berbagi demonstrasi dengan orang lain, berikut adalah panduan praktis tentang cara merekam layar laptop Anda menggunakan aplikasi bawaan di Windows 10 dan Windows 11.

Cara Merekam Layar Laptop dengan Menggunakan Aplikasi Bawaan

Merekam layar laptop bisa menjadi alat yang sangat berguna, terutama jika Anda seorang pembuat video, berencana menjadi satu, atau berbagi konten gaming atau demonstrasi. Berikut adalah langkah-langkah untuk merekam layar laptop Anda menggunakan aplikasi bawaan pada Windows 10 dan Windows 11.

Merekam Layar di Windows 10

Windows 10 memiliki alat perekaman layar bawaan yang dapat diakses melalui Xbox Game Bar. Meskipun namanya mengimplikasikan penggunaan untuk gaming, Game Bar juga dapat digunakan untuk merekam layar. Berikut adalah cara menggunakan fitur ini:

  1. Pertama, tekan Windows+G untuk meluncurkan Game Bar.
  2. Cari jendela “Capture” di overlay Game Bar.
  3. Ada empat tombol di widget Capture: Screenshot, Record last 30 seconds, Start recording, dan Turn on mic while recording.
  4. Untuk mulai merekam, klik Record (tombol dengan lingkaran putih solid).

Merekam Layar di Windows 11

Windows 11 memiliki aplikasi bawaan untuk merekam layar Anda, yaitu Snipping Tool. Berikut adalah cara menggunakan Snipping Tool:

  1. Buka Snipping Tool dengan mencarinya di kotak pencarian menu Start.
  2. Di toolbar atas, tekan tombol Record, lalu tekan New.
  3. Klik dan seret sebuah persegi panjang yang menunjukkan bagian layar yang ingin Anda rekam.
  4. Tekan Start dan Anda akan melihat hitungan mundur 3 detik dimulai untuk rekaman Anda.

Perlu diingat bahwa saat ini ada beberapa keterbatasan pada Snipping Tool, seperti belum mendukung perekaman audio dan fitur “Spot Light”. Namun, Anda dapat mengedit video dalam program seperti aplikasi Clipchamp Microsoft.

Demikianlah panduan praktis tentang cara merekam layar laptop Anda menggunakan aplikasi bawaan di Windows 10 dan Windows 11. Dengan alat ini, Anda dapat dengan mudah merekam dan berbagi aktivitas layar Anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Posting Komentar