Widget HTML #1

Virus Pada Smartphone?, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Virus Pada Smartphone?, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Virus Pada Smartphone - Kita sebagai orang yang awam atau mungkin tidak terlalu memahami sistem pada sebuah smartphone, memang pada dasarnya akan cuek atau tidak terlalu perduli terhadap keamanan pada sistem smartphone kita.

Memang sebagai user atau konsumen sebuah smartphone pada hakikatnya memakai smartphone untuk kepentingan kita saja, kita tidak perlu mengurus sistem smartphone kita. Tapi pernahkah kita selaku user dari berbagai merk smartphone menyadari bahwa sistem smartphone kita bisa terkena virus?.


Yang saya sering temukan sih, biasanya virus-virus pada sebuah smartphone tidak terlalu berbahaya. Hanya saja memang virus-virus ini lebih mengarah pada software smartphone yang dibuat menjadi turun performa nya.

Eits, tetapi bukan berarti virus ini tidak berbahaya, untuk itu disini saya akan menjelaskan beberapa penyebab dari virus bisa masuk kedalam smartphone kita. Daripada banyak basa-basi langsung saja kita ke inti pembahasan.

Penyebab Virus Masuk ke Dalam Smartphone Kita Bahkan Tanpa Kita Sadari

1. Menginstall Aplikasi Sembarangan

Yang pertama adalah karena agan secara tidak sadar atau bahkan sadar, menginstall aplikasi yang berbahaya. Aplikasi ini sama seperti pada aplikasi pada umumnya, hanya saja memang biasanya aplikasi ini agan download dari situs yang tidak resmi atau tidak terpercaya.

Contoh dasarnya saja, bisa agan temukan ketika agan mendownload aplikasi MOD (modifikasi) pada sebuah game atau aplikasi apapun yang basis nya "premium" secara gratis lewat website-website diluar dari Google Playstore.

Meskipun begitu, saya tidak "memukul" secara rata bahwa semua berbahaya, hanya saja disini peran agan harus memilih aplikasi ketika hendak ingin di download dan di install. Jika memang sekiranya berbahaya, maka jangan diinstall. Tetapi jika agan yakin itu baik-baik saja, maka silahkan saja.

2. Mengklik Website Yang Mencurigakan

Yang kedua bisa agan-agan temukan virus tersebut pada website-website yang memang kurang terpercaya atau mencurigakan. Agan harus bahkan wajib menghindari untuk melakukan login dengan akun email/facebook/dll agar virus tidak masuk kedalam akun-akun tersebut apalagi akun tersebut penting.

3. Mengklik Iklan Pada Sebuah Aplikasi

Beberapa aplikasi memang memiliki iklan didalamnya, hal itu wajar karena seorang developer bisa mendapat penghasilan dari iklan tersebut. Dan ini pun resmi dari Google, jadi tidak perlu dikhawatirkan. Akan tetapi kalau bisa hindari mengklik iklan pada aplikasi-aplikasi yang dicurigakan.

Khawatir, dari iklan tersebut akan membuat smartphone agan menjadi error dan menginstall aplikasi sendiri yang dimana aplikasi tersebut jika di uninstall akan kembali lagi atau terinstall sendiri lagi secara otomatis.


4. Menyambungkan Smartphone Pada PC/Laptop Yang Terkena Virus

Beberapa dari agan-agan mungkin ada yang masih menggunakan warnet sebagai tempat untuk agan bermain game atau membuat tugas. Akan tetapi biasakan sebelum memasukan atau menyambungkan smartphone ke PC tersebut, PC itu tidak terdapat virus.

Karena bisa jadi virus tersebut malah masuk kedalam smartphone agan ketika agan sedang memindahkan file atau apapun kedalam smartphone agan.

Lalu bagaimana cara menghindari atau mengatasi virus-virus tersebut pada smartphone kita?, berikut caranya.

Cara Menghindari dan Mengatasi Virus Pada Smartphone

1. Biasakan Untuk Tidak Menyambungkan Smartphone ke Perangkat Apapun Sembarangan

Yang pertama ini untuk menghindari masuknya virus. Biasakan bagi agan-agan yang memang ingin menyambungkan smartphone ke perangkat apapun (contohnya PC/Laptop), untuk menscan virus terlebih dahulu agar meminimalisir virus masuk kedalam smartphone.

2. Menghapus Aplikasi Yang Mencurigakan

Jika smartphone agan turun performa nya, atau disetiap tempat muncul iklan "nyasar", maka silahkan agan lihat pada daftar aplikasi yang terinstall. Cari aplikasi yang mencurigakan dan hapus aplikasi tersebut.


3. Install Ulang

Jika smartphone sudah semakin parah dan cara ke-2 tidak bisa lagi digunakan, maka tujuan akhirnya adalah install ulang. Ini akan membuat smartphone agan sistemnya menjadi kembali normal pada sedia kala.

4. Install Aplikasi Anti-Virus

Banyak sekali aplikasi antivirus di Google Playstore, jadi agan bisa menginstall aplikasi-aplikasi tersebut. Akan tetapi, biasanya beberapa aplikasi itu hanya menghapus virus pada dasarnya saja, tidak sampai ke akar-akarnya. Tapi tidak ada salahnya untuk dicoba terlebih dahulu.

Nah itu dia beberapa penyebab dan cara mengatasi dari virus-virus yang menempel pada smartphone agan, semoga bermanfaat bagi agan-agan semua.


Oke sekian dulu untuk artikel kali ini semoga bermanfaat bagi agan-agan semua. Silahkan berikan kritik maupun saran di kolom komentar agar saya bisa terus memberikan artikel-artikel menarik dan juga bermanfaat.

Juga komentar-komentar saran dan kritik agan adalah motivasi saya agar terus bisa mengembangkan website ini menjadi lebih baik kedepannya. Saya pamit undur diri dan sampai berjumpa di artikel selanjutnya ya!.

Posting Komentar untuk "Virus Pada Smartphone?, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!"