Widget HTML #1

3 Penyebab dan Cara Mengatasi Speaker Ponsel yang Pecah atau Kresek

Penyebab dan Cara Mengatasi Speaker Ponsel yang Pecah atau Kresek

Penyebab dan Cara Mengatasi Speaker Ponsel yang Pecah atau Kresek Dengan Mudah - Setiap smartphone memiliki komponen speaker, yang dimana bertujuan untuk mengeluarkan suara dari video, lagu, maupun saat menelpon.

Dan komponen speaker ini tidak terlalu banyak orang perhatikan ketika saat membeli sebuah smartphone. Kecuali seperti kamera, prosesor, RAM dan internal, dsb.


Tetapi jika komponen speaker ini rusak, pasti akan mempengaruhi pemakaian kita pada ponsel yang kita miliki. Untuk itu disini saya akan membahas seputar speaker pada smartphone.

Tapi pembahasan kali ini tidak menyeluruh, lebih ke permasalahan ketika speaker pada smartphone agan pecah atau berbunyi "kresek".

Oke daripada banyak basa-basi langsung saja kita ke inti pembahasan.

Beberapa Penyebab Speaker Ponsel Pecah atau Berbunyi "Kresek"

1. Menyetel Suara Lagu atau Video Terlalu Kencang

Yang pertama adalah agan terlalu banyak menyetel suara lagu ataupun video terlalu kencang. Hal ini dapat menyebabkan speaker pada ponsel agan rusak/pecah, makanya didalam smartphone (khususnya android) biasanya ada peringatan untuk tidak menyetel lagu ataupun video dengan volume yang maksimum.

2. Speaker Kemasukan Air

Yang kedua speaker agan bisa saja kemasukan air. Memang harus diperhatikan untuk smartphone-smartphone yang tidak memiliki sertifikasi IP67 dan IP68 alias mampu bertahan terhadap air agar jauh dari air.

3. Ponsel Terjatuh Dari Tempat yang Lumayan Tinggi

Yang ketiga ialah smartphone agan terjatuh dari tempat yang lumayan tinggi. Mungkin tidak hanya speaker yang dapat rusak, namun layar maupun yang lain bisa saja rusak jika jatuh dari tempat yang terlalu tinggi, hehe.


Nah untuk itu, berikut beberapa cara mengatasi ketika speaker smartphone agan pecah atau berbunyi "kresek".

Cara Mengatasi Speaker yang Pecah atau Berbunyi Kresek

1. Mengganti Komponen Speaker Dengan yang Baru

Yang pertama adalah sudah pasti agan harus menservice atau mengganti komponen speaker pada Ponsel agan jika memang komponen speaker nya sudah rusak dan tidak ada harapan untuk dibenarkan.

2. Masukan ke Dalam Beras (Jika Terkena Air)

Cara yang kedua ini sebenarnya adalah cara orangtua kita dulu yang punya ponsel fiturephone, tapi memang tidak bisa dipungkiri bahwa cara ini pun banyak yang berhasil. Agan pendam saja ponsel agan kedalam beras dan tunggu mungkin sekitar 2 - 4 hari agar air didalam ponsel dapat keluar dan mengering dengan sempurna.

3. Bersihkan Komponen Speaker

Cara yang ketiga juga masih sama seperti cara kedua, mungkin agan bisa bersihkan dengan cara ditiup terlebih dahulu atau membuka bodi ponsel dan bersihkan komponen speaker nya.


Oke sekian dulu untuk artikel kali ini semoga bermanfaat bagi agan-agan semua. Silahkan berikan kritik maupun saran di kolom komentar agar saya bisa terus memberikan artikel-artikel menarik dan juga bermanfaat.

Juga komentar-komentar saran dan kritik agan adalah motivasi saya agar terus bisa mengembangkan website ini menjadi lebih baik kedepannya. Saya pamit undur diri dan sampai berjumpa di artikel selanjutnya ya!.

Posting Komentar untuk "3 Penyebab dan Cara Mengatasi Speaker Ponsel yang Pecah atau Kresek"