Widget HTML #1

5 Ciri-ciri Paling Jelas Ketika Smartphone Android Terkena Virus

5 Ciri-ciri Paling Jelas Ketika Smartphone Android Terkena Virus

5 Ciri-ciri Paling Jelas Ketika Smartphone Android Terkena Virus - Sebagai pengguna smartphone, sudah seharusnya kita merawat smartphone kita. Tidak hanya pada fisik nya saja, namun juga dengan sistem nya.

Karena dengan menjaga dan merawat sistem pada smartphone, tentunya kita dapat menggunakan smartphone tersebut dengan jangka waktu yang lebih lama. Akan tetapi, banyak sekali orang-orang yang dapat dikatakan "awam" atau kurang mengetahui cara merawat sistem di smartphone.

Tentu hal ini juga wajar, karena smartphone diciptakan tidak hanya untuk orang yang mengerti teknologi saja, namun untuk digunakan oleh orang-orang dan membantu mereka dalam berkomunikasi hingga hal-hal lain.

Oleh sebab itu, di beberapa kasus ada saja orang-orang yang smartphone nya terkena virus. Hal ini terjadi juga biasanya dalam konteks ketidaksengajaan. Nah di kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit informasi terkait virus di smartphone android.

Di artikel ini kita bahas dulu untuk ciri-ciri smartphone android yang terkena virus agar agan-agan dapat mengetahui dan segera untuk mengatasinya. Oke tanpa perlu banyak basa-basi langsung saja berikut pembahasannya.

5 Ciri-ciri Paling Jelas Ketika Smartphone Android Terkena Virus

1. Smartphone Mengalami Panas Secara Berlebih

Ciri yang pertama ketika smartphone terkena virus adalah panas secara berlebih. Kenapa?, karena virus akan berusaha mengambil alih smartphone dan membuat sistem smartphone tidak dapat kita operasikan.

Memang tidak semua terjadi seperti penjelasan saya diatas, dan penyebab dari kenapa smartphone bisa mengalami panas pun sudah pernah saya bahas di artikel sebelumnya (Baca artikel berikut : Smartphone Terasa Panas Saat Dipakai? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!).

Tapi panas di smartphone pasti ada penyebabnya. Salah satu penyebab paling mendasar adalah karena terlalu lama bermain game. Nah jikalau diakibatkan karena virus, biasanya tidak ada penyebab (yang terlihat) dan tiba-tiba smartphone menjadi sangat panas.

2. Muncul Pop-up Iklan

Ciri yang kedua ketika smartphone terkena virus ialah muncul pop-up iklan. Ketika smartphone agan sudah mulai muncul pop-up iklan (atau kalau agan-agan tidak mengerti, pop-up iklan ini adalah kondisi dimana iklan muncul secara tiba-tiba pada layar smartphone) berarti tandanya memang smartphone agan terkena virus.

Tentu hal ini cukup menjengkelkan, karena iklan akan muncul secara tiba-tiba di kondisi yang tidak kenal waktu. Bisa saja ketika agan-agan sedang bermain game dan tinggal sedikit lagi menang lalu muncul iklan di layar smartphone.

Pastinya akan menghalangi kita kan dalam menyelesaikan permainan kita. Jadi ada baiknya agan-agan cari tau mengapa muncul pop-up iklan di layar smartphone agan.

3. Aplikasi yang Terinstall Sendiri

Ciri yang selanjutnya ketika smartphone agan terkena virus adalah munculnya aplikasi yang memang terinstall secara otomatis (tanpa agan-agan install). Nah hal ini sudah pasti penyebabnya adalah virus, biasanya yang diinstall adalah aplikasi game atau aplikasi yang tidak jelas sekalipun.

4. Baterai yang Cepat Habis

Ciri yang selanjutnya ketika smartphone agan terkena virus adalah baterai yang cepat habis. Virus akan menjalankan sistem operasi smartphone agan secara diam-diam, bahkan saat layar smartphone mati. Dan tentu hal ini akan menghabiskan kapasitas baterai agan.

Atau si virus akan membuat smartphone agan menjadi lambat karena menjalankan aplikasi apapun secara diam-diam dan tentunya menghabiskan kapasitas baterai. Bisa saja dari kapasitas baterai 100% langsung turun ke 10%.

5. Pulsa atau Paket Data Internet akan Cepat Habis

Dan ciri yang terakhir ketika smartphone agan terkena virus adalah pulsa atau paket data yang akan cepat habis. Hal ini tentu bisa terjadi karena ada aplikasi virus yang membuat konsumsi internet atau bahkan pulsa yang akan "menyedot".

Jikalau pulsa yang tersedot, bisa saja tiba-tiba nomor agan terdaftar pada konten apapun (entah RBT, Sms kuis, dsb). Dan agan sendiri yang harus menghentikannya dengan cara UNREG dan sebagainya jikalau ingin pulsa agan kedepannya aman.

Penutup

Oke sekian dulu untuk artikel kali ini semoga bermanfaat bagi agan-agan semua. Silahkan berikan kritik maupun saran di kolom komentar agar saya bisa terus memberikan artikel-artikel menarik dan juga bermanfaat.

Setiap Komentar saran dan kritik dari agan adalah motivasi saya agar terus bisa mengembangkan website ini menjadi lebih baik kedepannya. Saya pamit undur diri dan sampai berjumpa di artikel selanjutnya ya!.

Posting Komentar untuk "5 Ciri-ciri Paling Jelas Ketika Smartphone Android Terkena Virus"