Widget HTML #1

3 Cara Mudah untuk Memindahkan Data dari Smartphone ke Komputer tanpa Kabel Data

3 Cara Mudah untuk Memindahkan Data dari Smartphone ke Komputer tanpa Kabel Data

3 Cara Mudah untuk Memindahkan Data dari Smartphone ke Komputer tanpa Kabel Data - Sebelum perkembangkan teknologi khususnya smartphone semakin canggih seperti sekarang, untuk memindahkan data pribadi kita ke komputer atau laptop, kita bisa menggunakan kabel data sebagai penyambung koneksi antar smartphone dan komputer.

Akan tetapi, dengan cara menyambungkan kabel data dari smartphone ke komputer atau laptop, ada sebuah resiko yaitu smartphone kita kemasukan virus dari komputer/laptop yang kita miliki. Apalagi, kita memindahkan data tersebut di komputer warnet atau siapapun yang kita tidak ketahui bersih atau tidaknya dari virus.

Maka mulai dari sekarang (apalagi dizaman yang sudah sangat berkembang teknologinya seperti sekarang ini), kita bisa menggunakan beberapa cara untuk memindahkan data pribadi kita, selain dengan menggunakan kabel.

Apa saja caranya?, nah pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa cara untuk memindahkan data pribadi kita di smartphone selain dari menggunakan kabel data. Oke daripada banyak basa-basi langsung saja berikut beberapa caranya.

3 Cara Mudah untuk Memindahkan Data Pribadi di HP ke Komputer/Laptop

1. Gunakan Google Drive

3 Cara Mudah untuk Memindahkan Data dari Smartphone ke Komputer tanpa Kabel Data

Cara yang pertama adalah, agan-agan dapat menggunakan website atau layanan Google yang bernama Google Drive. Fungsi dari Google Drive ini adalah, agan-agan bisa menyimpan data pribadi dalam sebuah akun gmail secara online tanpa harus memenuhi memori internal maupun external agan.

Tapi memang, pada setiap 1 akun gmail yang tersambung dengan layanan Google Drive ini, hanya diberikan kapasitas penyimpanan sebesar 15GB saja. Kalau agan-agan mau mendapatkan kapasitas yang lebih besar atau bahkan unlimited, agan harus memiliki akun khusus seperti akun Google Drive Unlimited yang mungkin bisa agan beli.

Tapi saya pribadi sangat tidak menyarankan bagi agan-agan membeli akun Google Drive unlimited. Meskipun agan-agan diberikan fasilitas unlimited penyimpanan di Google Drive, akan tetapi sangat beresiko karena biasanya akun google drive unlimited yang dijual adalah akun ilegal yang sewaktu-waktu bisa dibanned oleh Google.

Maka gunakanlah akun gmail yang biasa saja, jikalau agan-agan butuh penyimpanan lebih, buat saja akun gmail 1 lagi (meskipun memang ribet sih). Lagipula gratis kan?, hehe.

2. Gunakan OneDrive

3 Cara Mudah untuk Memindahkan Data dari Smartphone ke Komputer tanpa Kabel Data

Yang kedua agan-agan bisa menggunakan sebuah layanan yang disediakan oleh Microsoft yaitu One Drive. OneDrive adalah layanan komputasi cloud serupa dengan Google Drive yang memungkinkan penggunanya mengunggah dan mensinkronkan berkas ke suatu penyimpanan dan kemudian mengaksesnya kembali melalui peramban web atau perangkat lainnya.

Nah secara garis besar, layanan OneDrive dari Microsoft ini sama saja seperti Google Drive. Agan-agan dapat menggunakan layanan dari OneDrive ini untuk menjadi pengganti kabel data dalam memindahkan data-data pribadi di smartphone ke PC/laptop.

Agan-agan mendapatkan kapasitas penyimpanan sebesar 15GB yang disediakan secara gratis oleh OneDrive. Bagi agan-agan yang ingin menggunakannya, bisa ikuti tutorial di artikel berikut Cara Install OneDrive di Windows 7 Bagi Pemula *Cara ini juga dapat digunakan untuk user Windows 10 kok

3. ShareIt

3 Cara Mudah untuk Memindahkan Data dari Smartphone ke Komputer tanpa Kabel Data

Yang terakhir, agan-agan bisa menggunakan software ShareIt. pasti nama ini sudah tidak asing lagi bagi agan-agan, karena ShareIt pun bisa di install pada smartphone android maupun iOS yang kita miliki.

Untuk menggunakannya, agan-agan harus mendownload dulu software nya, silahkan agan-agan klik link berikut untuk mendownload = ShareIt Windows

Sebenarnya masih banyak sekali cara-cara memindahkan data dari smartphone ke PC/laptop. Hanya saja setahu saya, semua menggunakan sistem cloud, jadi data agan akan ditaruh pada sebuah layanan web tersebut dan nantinya agan-agan bisa mendownload kembali untuk agan simpan di memori internal PC/laptop agan.

Dan hal ini yang menjadi kekurangan nya. Mungkin untuk agan-agan yang memang tersambung dengan Wifi, hal ini bukan menjadi kendala. Tapi saya mengerti sekali untuk agan-agan yang memang tidak tersambung dengan Wifi dan mengandalkan kuota dari smartphone nya.

Jadi cara terbaik agan bisa menggunakan ShareIt sebagai perantara. Untuk kedepannya saya usahakan mencari cara lain lagi untuk membantu agan-agan yang memang sedang kesulitan dan tidak ingin menggunakan kabel data sebagai perantara memindahkan data pribadi di smartphone ke PC/laptop.

Penutup

Oke sekian dulu untuk artikel kali ini semoga bermanfaat bagi agan-agan semua. Silahkan berikan kritik maupun saran di kolom komentar agar saya bisa terus memberikan artikel-artikel menarik dan juga bermanfaat.

Juga komentar-komentar saran dan kritik agan adalah motivasi saya agar terus bisa mengembangkan website ini menjadi lebih baik kedepannya. Saya pamit undur diri dan sampai berjumpa di artikel selanjutnya ya!.

Posting Komentar untuk "3 Cara Mudah untuk Memindahkan Data dari Smartphone ke Komputer tanpa Kabel Data"