Widget HTML #1

Kelebihan dan Kekurangan Membeli Ponsel dari China

Kelebihan dan Kekurangan Membeli Ponsel dari China

Kelebihan dan Kekurangan Membeli Ponsel dari China - Di negara kita Indonesia, banyak sekali smartphone-smartphone yang tidak hanya hadir dari negara Amerika, Prancis, Korea Selatan dan sebagainya, tetapi juga dari negara China.

Seperti yang kita sudah ketahui bersama tentang brand atau merk Xiaomi. Xiaomi adalah merk dari negara China, akan tetapi kita sudah mengetahui tentang kualitas dari produk-produknya. Dan pada kali ini kita tidak membahas tentang smartphone Xiaomi.

Kita akan membahas smartphone-smartphone dari China selain Xiaomi, karena banyak sekali smartphone dari China yang beredar di Indonesia dengan merk atau brand yang bahkan belum pernah kita dengar sebelumnya.


Kita sebagai calon pembeli pasti ada rasa khawatir dan juga takut seandainya kita membeli smartphone itu, apakah sesuai dengan expetasi nya?.

Untuk itu, disini saya akan memberikan beberapa pendapat seputar kelebihan dan juga kekurangan dari smartphone-smartphone asal China, karena beberapa kali saya membeli smartphone tersebut. Jadi saya akan berbicara sesuai dengan pengalaman saya dan apa yang saya ketahui.

Oke daripada banyak basa-basi, langsung saja kita ke inti pembahasan nya, kita mulai dari kelebihannya terlebih dahulu.

Kelebihan Membeli Smartphone dari China

1. Spesifikasi Tinggi

Yang pertama bisa kita lihat bahwa spesifikasi yang dibawa oleh smartphone-smartphone China (merk yang tidak kita kenal) memberikan berbagai macam spesifikasi yang terbilang cukup tinggi meski harganya sangat murah.

Bagaimana tidak?, kita bisa menemukan smartphone dengan RAM & Internal sebesar 4/64 di harga 1 jutaan saja, bahkan ada yang harganya dibawah 1 juta namun spesifikasi yang ditawarkan sangatlah menggiurkan.

2. Desain Keren Mirip Flagship

Yang kedua adalah dari sisi desain. Bisa kita lihat banyak dari smartphone China dengan brand/merk yang kita tidak kenal mampu memberikan sebuah smartphone yang mungkin mirip dengan smartphone-smartphone flagship yang ada di pasaran.

3. Harganya MURAH!

Dan yang sudah pasti adalah harganya sangat murah dari kebanyakan smartphone yang beredar di Indonesia serta berganransi resmi. Untuk spesifikasi yang biasa kita temukan di harga 2 juta keatas, bisa kita temukan di smartphone China dengan harga kurang dari 2 juta atau bahkan dibawah 1 juta.

4. Bisa Tampil Lebih Gaya dengan Budget Sedikit

Untuk agan-agan yang memang suka bergaya didepan teman-teman, banyak dari smartphone China yang desain nya sangat bagus namun dengan harga yang murah. Mungkin bisa jadi pilihan agan-agan ketika ingin bergaya namun dengan budget terbatas.

Nah setelah kita membahas kelebihan nya, sekarang giliran kita membahas tentang kekurangannya.

Kekurangan Membeli Smartphone dari China

1. Tidak Ada Garansi

Yang pertama ialah tidak adanya garansi. Meskipun dalam paket pembelian kita akan mendapatkan kertas garansi (dari distributor terkait), tetapi besar kemungkinan smartphone kita jikalau rusak tidak akan bisa dibantu claim garansinya.

Dan ini sudah jadi rahasia umum saja bagi banyak orang, dan memang sudah seharusnya setiap orang yang membeli smartphone dari China sudah harus paham tentang konsekuensi tidak bisa claim garansi.

2. Spesifikasi Menipu

Memang tidak semua, saya beberapa kali membeli smartphone dan juga tablet dari China dan bersyukur bahwa spesifikasi yang ada di smartphone tidak terlalu menipu. Mungkin hanya pada bagian hardware yang katanya "A" tau-taunya "B". Dan menurut saya ini wajar.

3. Tidak Tahan Lama

Build quality dari smartphone China tidak bisa dibilang bagus. Karena mungkin mereka juga menekan untuk biaya produksi. Jadi jika smartphone dari China tersebut cepat rusak, ya agan tidak perlu heran.

4. Tidak Dapat Update Software

Software update pada setiap smartphone China itu tidak ada. Jadi apa yang kita beli hari itu, tidak akan terjadi perubahan dimasa mendatang. Mereka (para pembuat smartphone dan tablet asal China) mungkin hanya membuat sistem nya saja, tanpa membuat sistem update untuk kedepannya.

Salah satu cara agar agan tetap bisa lebih "update" smartphone nya, adalah dengan cara root dan juga memasang customROM (jikalau agan memang paham sebelumnya).

5. Susah Mencari Aksesoris yang Sesuai

Setelah membeli smartphone asal China, kita sudah pasti akan kesulitan mencari berbagai macam aksesoris untuk smartphone tersebut. Semisal saja case, temperedglass, bahkan suku cadang dari smartphone tersebut.

Jadi sebelum agan membeli smartphone dari China, ada baiknya agan memahami dulu setiap konsekuensi yang ada agar agan tidak merasa menyesal setelahnya.


Oke sekian dulu untuk artikel kali ini semoga bermanfaat bagi agan-agan semua. Silahkan berikan kritik maupun saran di kolom komentar agar saya bisa terus memberikan artikel-artikel menarik dan juga bermanfaat.

Juga komentar-komentar saran dan kritik agan adalah motivasi saya agar terus bisa mengembangkan website ini menjadi lebih baik kedepannya. Saya pamit undur diri dan sampai berjumpa di artikel selanjutnya ya!.

Posting Komentar untuk "Kelebihan dan Kekurangan Membeli Ponsel dari China"