Widget HTML #1

7 Tips Agar Hasil Foto Pada Smartphone Jadi Lebih Bagus

Tips Agar Hasil Foto Pada Smartphone Jadi Lebih Bagus

7 Tips Agar Hasil Foto Pada Smartphone Jadi Lebih Bagus - Di era modern seperti sekarang ini, kita tidak bisa mempungkiri bahwasannya kamera-kamera dari smartphone pun sudah sangat bagus dan bahkan mungkin bisa menyaingi kamera-kamera digital pada umumnya.

Tidak seperti pada zaman awal ketika smartphone baru dirilis. Kamera yang dulu ada di smartphone hanyalah sebuah kamera yang tidak diperuntukan untuk profesional, hanya sebagai penangkap momen-momen pribadi saja.

Akan tetapi sekarang semua smartphone sudah sangat bagus dari hasil foto maupun videonya. Ini juga masuk akal karena mungkin dulu orang tidak terlalu mementingkan sebuah kamera, dan tidak semua orang ingin atau bisa membeli kamera digital yang aslinya.


Jadi orang-orang tetap bisa mengabadikan momen-momen tertentu atau bahkan mengambil gambar secara profesional hanya dengan menggunakan smartphone saja, dan tiap orang di dunia sudah pasti memiliki paling tidak 1 buah smartphone.

Untuk itu, disini saya akan memberikan sebuah tips bagi agan-agan (khususnya yang masih pemula) agar bisa menghasilkan sebuah hasil foto yang keren dan bagus dari smartphone saja.

Oke daripada banyak basa-basi, langsung saja ini dia beberapa tips yang bisa agan gunakan agar hasil foto dari kamera smartphone agan lebih bagus dan keren.

7 Tips Agar Hasil Foto di Smartphone Jadi Lebih Bagus dan Keren

1. Pastikan Resolusi Megapixel di Smartphone Lumayan Besar

Yang pertama ini memang tidak mengarah ke teknik. Akan tetapi, resolusi dan juga sensor kamera yang bagus (atau mumpuni) pun juga dapat mempengaruhi hasil foto agan-agan semua.

Jadi semakin besar dan semakin bagus sensor pada smartphone, maka hasil dari foto ataupun video bisa lebih bagus pula. Apalagi untuk agan-agan yang memang mengerti dunia fotografi, bisa jadi agan-agan memperhatikan detail foto, angle foto, dsb.

2. Pastikan Terdapat Cahaya Yang Cukup Saat Pengambilan Foto

Yang kedua usahakan tempat agan mengambil foto itu cukup cahaya nya. Bagus jika tidak terlalu terang dan tidak terlalu gelap (kecuali memang agan-agan ingin mengambil beberapa jenis foto seperti lowlight, dsb).

Kamera akan lebih mudah menangkap detail gambar jika cahaya yang masuk kedalam sensor kamera smartphone pun cukup, kalau terlalu gelap nanti kamera akan susah menangkap detail dan mungkin hasilnya akan banyak noise.

3. Gunakan Mode Profesional / Manual

Yang ketiga agan bisa memanfaatkan mode profesional atau mode manual pada smartphone agan. Tapi memang tidak semua smartphone memiliki fitur manual. Biasanya fitur manual ada pada smartphone dengan harga medium (diatas 2 juta).

Tetapi jika smartphone agan memang memiliki fitur ini, agan bisa gunakan agar hasil yang didapat bisa sesuai dengan keinginan dan kebutuhan agan-agan.

4. Gunakan Aplikasi Kamera Bawaan Smartphone

Yang keempat agan sangat disarankan menggunakan aplikasi kamera bawaan. Karena jika agan memakai kamera dari aplikasi Instagram, Facebook, atau Whatsapp, mungkin hasilnya akan jauh berbeda jika agan menggunakan aplikasi bawaan.


5. Gunakan Aplikasi Google Kamera

Yang kelima ini hanya opsi saja, jadi jika agan tidak ingin memakai tidak masalah. Tetapi memang bisa diakui bahwa hasil dari aplikasi Google Kamera sangatlah bagus dan hasilnya pun melebihi kamera bawaan dari smartphone tersebut.

Tapi dengan catatan, tidak semua smartphone support atau mendukung aplikasi Google kamera ini. Dan jikalau ingin menggunakan aplikasi Google kamera ini biasanya agan harus root dulu smartphone nya. Untuk agan yang belum paham, sangat disarankan tidak mencoba demi kebaikan smartphone agan (mencegah kerusakan, mati total, dsb).

6. Tidak Mengambil Gambar Bergerak

Beberapa smartphone memang memiliki fitur untuk mengambil gambar yang sedang bergerak, tapi jika agan memiliki smartphone yang tidak terlalu mumpuni, maka hindari objek yang bergerak karena hasilnya akan tidak maksimal.

7. Cari Angle yang Pas atau Cocok

Yang selanjutnya agan bisa mempelajari dulu seputar angle atau posisi yang cocok untuk pengambilan sebuah gambar. Atau terserah pada agan saja, sesuai dengan keinginan agan, tetapi usahakan untuk mengambil posisi yang pas dari objek yang ingin agan ambil fotonya.


Oke sekian dulu untuk artikel kali ini semoga bermanfaat bagi agan-agan semua. Silahkan berikan kritik maupun saran di kolom komentar agar saya bisa terus memberikan artikel-artikel menarik dan juga bermanfaat.

Juga komentar-komentar saran dan kritik agan adalah motivasi saya agar terus bisa mengembangkan website ini menjadi lebih baik kedepannya. Saya pamit undur diri dan sampai berjumpa di artikel selanjutnya ya!.

Posting Komentar untuk "7 Tips Agar Hasil Foto Pada Smartphone Jadi Lebih Bagus"