Widget HTML #1

Cara Menjaga Kapasitas Baterai Ponsel Agar Lebih Awet

Cara Menjaga Kapasitas Baterai Ponsel Agar Lebih Awet

Cara Menjaga Kapasitas Baterai Ponsel Agar Lebih Awet - Di era modern sekarang ini, segala aktifitas kita mungkin menggunakan smartphone. Entah dalam pekerjaan atau bahkan belajar (seperti di era pandemi sekarang ini).

Dan untuk itu, kita tidak akan lepas mungkin selama berjam-jam dari smartphone kita. Tapi jangan lupa bahwa smartphone kita memiliki daya atau kapasitas terbatas yang sewaktu-waktu bisa habis.

Dan setelah memakai selama berhari-hari atau berbulan-bulan, kita merasa "kok sepertinya baterai smartphone saya cepat habis ya?". Nah pada kali ini kita akan membahas nih, cara untuk menghemat atau menjaga kapasitas baterai agar lebih awet saat dipakai.

Untuk itu, langsung saja daripada banyak basa-basi kita ke inti pembahasan.

Cara Menjaga Daya Baterai Smartphone Agar Lebih Awet Ketika di Gunakan

1. Jangan Terlalu Banyak Membuka Aplikasi

Yang pertama adalah, agan sebisa mungkin tidak terlalu banyak membuka aplikasi. Dikarenakan jika agan terlalu banyak membuka aplikasi, maka secara otomatis sistem pada smartphone pun akan bekerja lebih keras dan pastinya memakan daya yang lebih besar pula.

Jadi biasakan, setelah membuka aplikasi maka hapus atau tutup lewat recent apps. Dan juga agar mencegah aplikasi berjalan pada background/latar belakang.

2. Jangan Terlalu Cerahkan Layar Smartphone

Yang kedua ialah agan jangan terlalu mencerahkan atau menaikan brightness sampai ke tingkat maksimal. Lagi-lagi karena sistem pada smartphone akan bekerja lebih keras dan akan menghabiskan daya baterai lebih cepat dari biasanya.

3. Kurangi Bermain Game

Yang ketiga adalah agan bisa kurangi bermain game. Karena aplikasi game (apalagi yang size dari game tersebut bisa lebih dari 2GB keatas) sangat memakan daya baterai lebih "deras" daripada aplikasi lain yang lebih ringan.

Jika beberapa alasan diatas memang agan tidak lakukan tetapi baterai masih terus drop/cepat mengurang daya kapasitasnya, mungkin beberapa faktor dibawah bisa jadi alasan nya.

Beberapa Faktor Daya Baterai Cepat Habis

1. Baterai Rusak

Yang pertama bisa jadi adalah baterai agan sudah rusak. Dan solusinya adalah agan harus mengganti baterai lama dengan baterai baru agar daya kapasitasnya lebih stabil.

2. Smartphone Error

Yang kedua adalah smartphone agan error. Mungkin tidak terlalu banyak kasus yang terjadi karena smartphone agan error, tapi bisa saja hal ini menjadi kemungkinan. Coba agan tanyakan kepada tukang service yang lebih mengerti hal ini.

Penutup

Oke sekian dulu untuk artikel kali ini semoga bermanfaat bagi agan-agan semua. Silahkan berikan kritik maupun saran di kolom komentar agar saya bisa terus memberikan artikel-artikel menarik dan juga bermanfaat.

Juga komentar-komentar saran dan kritik agan adalah motivasi saya agar terus bisa mengembangkan website ini menjadi lebih baik kedepannya. Saya pamit undur diri dan sampai berjumpa di artikel selanjutnya ya!.

1 komentar untuk "Cara Menjaga Kapasitas Baterai Ponsel Agar Lebih Awet"