Cadangkan Chat WhatsApp di HP Android Stuck, Ini Cara Mengatasinya

Cadangkan Chat WhatsApp di HP Android Stuck, Ini Cara Mengatasinya
Cadangkan Chat WhatsApp di HP Android Stuck, Ini Cara Mengatasinya

Niskalagadget.com, Cadangkan Chat WhatsApp di HP Android Stuck, Ini Cara Mengatasinya - Pencadangan informasi percakapan WhatsApp adalah langkah penting untuk melindungi data dan mentransfer histori chat WhatsApp dengan aman saat berganti perangkat.

Pilihan Anda adalah melakukan pencadangan data WhatsApp ke Google Drive atau iCloud. WhatsApp secara otomatis akan menyimpan satu kopi data di salah satu dari dua layanan penyimpanan awan ini, serta satu lagi di penyimpanan internal ponsel.

Dengan Google Drive dan iCloud, Anda memiliki pilihan untuk mengatur seberapa sering WhatsApp akan memperbarui salinan data obrolan. Mulai dari tidak pernah, hanya ketika Anda mengetuk "Cadangkan," harian, mingguan, atau bulanan.

Beberapa opsi pencadangan lain yang dapat disesuaikan termasuk mencadangkan melalui seluler dan menyertakan video. Untuk menemukan semua pengaturan ini, buka aplikasi WhatsApp di HP Android Anda dan pilih "Opsi lainnya" > "Pengaturan" > "Percakapan" > "Cadangan percakapan."

Namun, kendala saat mencadangkan percakapan WhatsApp mungkin terjadi. Misalnya, ketika Anda mencoba mencadangkan percakapan WhatsApp, tetapi mengalami hambatan?

Masalah ini adalah hal yang umum di antara pengguna WhatsApp. Mencadangkan percakapan WhatsApp yang memakan waktu terlalu lama juga bisa dipicu oleh berbagai masalah.

Pencadangan WhatsApp yang berlarut-larut mungkin karena ponsel Anda tidak memiliki ruang penyimpanan yang cukup untuk menyimpan cadangan baru.

Kesalahan jaringan, konflik perangkat lunak, firmware ponsel yang usang, dan bahkan beberapa masalah internal pada aplikasi WhatsApp juga bisa menjadi penyebabnya.

Untuk melakukan pencadangan, pastikan Anda memiliki koneksi internet yang stabil (terutama Wi-Fi yang kuat) dan akun WhatsApp yang terhubung ke akun Google yang aktif.

1. Mulai Ulang Aplikasi

Jika histori percakapan WhatsApp terhenti saat dicadangkan, kemungkinan aplikasi WhatsApp juga terhenti. Langkah pertama yang bisa Anda coba adalah mulai ulang aplikasi dan coba lagi melakukan pencadangan.

2. Hapus Video dari Cadangan

Jika Anda menerima atau mengirim terlalu banyak video melalui WhatsApp, itu bisa menjadi alasan mengapa aplikasi kesulitan menyelesaikan pencadangan.

Video WhatsApp menggunakan banyak ruang penyimpanan dan mungkin menyebabkan pencadangan terhenti.

Untuk mengatasi masalah ini, buka WhatsApp dan buka "Pengaturan WhatsApp." Kemudian, pilih "Pengaturan" > "Percakapan" > "Cadangan percakapan." Gulir ke bawah dan nonaktifkan opsi "Sertakan video."

3. Hapus Cache WhatsApp

Jika aplikasi menumpuk banyak cache, hal ini dapat menyebabkan masalah saat memuat aplikasi dan menjalankan pencadangan percakapan. Menghapus cache dapat membantu mengatasi masalah ini.

Untuk menghapus cache di WhatsApp, buka aplikasi "Pengaturan" di HP Android Anda dan pilih "Aplikasi" (atau "Kelola Aplikasi"). Kemudian, pilih "WhatsApp."

4. Keluar dari Program Beta WhatsApp

Pengguna WhatsApp Android dapat bergabung dalam program beta WhatsApp. Program ini memungkinkan Anda untuk mengakses dan menguji pembaruan baru sebelum rilis resmi ke publik.

Namun, versi beta aplikasi kadang-kadang dapat lambat dan menyebabkan masalah seperti pencadangan percakapan WhatsApp yang terhenti. Coba keluar dari program beta untuk melihat apakah ini memperbaiki pengalaman secara keseluruhan di HP Android Anda.

5. Hapus Cadangan Lama di Google Drive

Jika Anda sudah mencadangkan percakapan WhatsApp ke akun Google Drive, mungkin file cadangan lama menyebabkan masalah pada pencadangan terbaru.

Buka Google Drive dan pilih "Penyimpanan" dari menu di sebelah kiri layar untuk mengelola penyimpanan. Pilih "Cadangan" di sudut kanan atas layar. Cari cadangan lama yang tidak diperlukan dan ingin dihapus, lalu klik kanan dan pilih "Hapus Cadangan."

6. Perbarui WhatsApp

Jika pencadangan pesan WhatsApp berlangsung terlalu lama, bisa jadi karena Anda menggunakan versi aplikasi yang sudah usang. Pastikan WhatsApp Anda selalu diperbarui dengan membuka Google Play Store dan mencari "WhatsApp."

Di halaman aplikasi, pilih "Perbarui." Jika WhatsApp Anda sudah diperbarui ke versi terbaru, Anda akan melihat tombol 'Buka' daripada 'Perbarui'.

Anda juga dapat menghapus WhatsApp, mengunduh versi terbaru dari Play Store, dan menginstal ulang. Setelah aplikasi diperbarui, buka WhatsApp untuk melihat apakah tindakan ini mengatasi masalah.

7. Perbarui Layanan Google Play

Jika Anda yakin bahwa masalah eksternal menyebabkan masalah pada aplikasi WhatsApp, Anda dapat mencoba memperbarui aplikasi Layanan Google Play. Meskipun Anda mungkin tidak menggunakan aplikasi ini secara langsung, ia memengaruhi hampir semua proses terkait aplikasi di HP Android Anda.

Jika Anda belum pernah memperbarui perangkat lunak Layanan Google Play sebelumnya, mungkin Anda sedang menggunakan versi lama yang bisa menyebabkan masalah dengan aplikasi lain di HP Android Anda.

Itu adalah solusi untuk mengatasi masalah saat mencadangkan percakapan WhatsApp yang terhenti di HP Android Anda.

Posting Komentar