5 Cara Mengatasi Video yang Tidak Bisa Diputar di Browser Dengan Mudah

5 Cara Mengatasi Video yang Tidak Bisa Diputar di Browser Dengan Mudah
5 Cara Mengatasi Video yang Tak Bisa Diputar di Browser Dengan Mudah

Niskalagadget.com, 5 Cara Mengatasi Video yang Tak Bisa Diputar di Browser Dengan Mudah - Beberapa di antara kita tentu pernah menghadapi masalah teknis ketika mencoba memutar video dari Google Drive, dengan pesan "File video ini tidak dapat dimainkan. (Kode Kesalahan: 102630)."

Ada berbagai faktor penyebab dari masalah tersebut, seperti peramban yang tidak cocok dengan video, driver grafis yang sudah usang, atau ekstensi peramban yang menjadi biang keladi masalah ini.

Berikut adalah beberapa langkah untuk mengatasi video yang tak dapat dimainkan.

1. Perbarui Browser

Cara pertama untuk mengatasi ini adalah dengan mengupdate peramban web ke versi terbaru. Melakukan pembaruan ini dapat meningkatkan kesesuaian dengan format video berbasis web dan memperbaiki masalah yang sering muncul saat streaming video.

Meskipun peramban secara otomatis dapat melakukan pembaruan, Anda juga perlu memeriksa pengaturannya secara manual. Jika Anda menggunakan Google Chrome, buka Menu Chrome dan pilih Pengaturan.

Selanjutnya, klik Tentang Chrome di panel samping dan tunggu proses pembaruan. Namun, jika Anda menggunakan Apple Safari, langkahnya adalah membuka Menu Apple dan pilih Pengaturan Sistem > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

2. Bersihkan Cache Browser

Cache peramban yang sudah usang bisa menyebabkan masalah pada halaman web, menghambat pemutaran video, dan mengakibatkan kesalahan saat pemutaran.

Oleh karena itu, membersihkan cache adalah cara lain untuk mengatasi masalah ini. Cara membersihkan cache berbeda untuk setiap jenis peramban, baik itu Google Chrome atau Apple Safari.

Untuk menghapus cache di Google Chrome, lakukan langkah-langkah berikut:
  • Buka Menu Chrome.
  • Beralih ke Alat Lainnya.
  • Pilih Hapus Data Penjelajahan.
  • Di jendela popup Hapus Data Penjelajahan, atur Rentang Waktu ke Seluruh Waktu.
  • Centang Kotak Cookie dan Data Situs Lainnya serta Gambar dan File yang Di-Cache.
  • Klik Hapus Data.
Jika Anda menggunakan Apple Safari, cukup pilih Safari > Hapus Riwayat di bilah menu dan atur Penghapusan ke Seluruh Riwayat > Pilih Hapus Riwayat.

Selain membersihkan cache di Google Chrome dan Apple Safari, Anda juga perlu membersihkan cache DNS (Layanan Nama Domain).

Cache DNS seringkali berisi URL yang sudah tidak relevan, sehingga menghambat peramban dalam mengambil data file video.

Untuk membersihkannya di Microsoft Windows, klik kanan pada tombol Start > pilih Windows PowerShell/Terminal > jalankan perintah yang ditampilkan.

Jika Anda menggunakan macOS, buka Launchpad > pilih Lainnya > Terminal > jalankan perintah yang ditampilkan.

3. Putar Video Menggunakan Browser Lain/Berbeda

Setiap peramban memiliki kemampuan yang berbeda. Beberapa peramban mungkin lebih baik dalam memutarkan video dan streaming daripada yang lain.

Jika solusi di atas tidak berhasil, cobalah memutar video dengan menggunakan peramban yang berbeda. Langkah ini juga dapat membantu Anda menentukan apakah masalahnya terkait dengan peramban yang Anda gunakan atau sumber video itu sendiri.

4. Perbarui Driver Video

Untuk memperbarui driver kartu video di PC, cukup kunjungi situs web produsen kartu grafis Anda. Unduh dan instal driver kartu video terbaru, dan selanjutnya, periksa pembaruan Windows untuk pembaruan perangkat keras tambahan.

Caranya, klik kanan pada tombol Start > buka Pengaturan > Pembaruan Windows. Jika Anda menggunakan Mac, buka Pengaturan Sistem dan pilih Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

5. Matikan/Uninstall Ekstensi dari Pihak Ketiga

Ekstensi peramban dapat memperluas fungsionalitas Anda saat menjelajah internet, tetapi terkadang bisa mengganggu elemen situs web. Kunjungi pengelolaan add-on peramban Anda dan matikan semua ekstensi.

Jika langkah ini mengatasi masalah video yang tidak dapat diputar, aktifkan kembali ekstensi satu per satu sampai Anda dapat mengidentifikasi add-on mana yang menyebabkan kode kesalahan. Setelah menemukannya, Anda bisa menonaktifkan add-on tersebut.

Itulah lima langkah untuk mengatasi video yang tidak dapat diputar. Namun, jika semua solusi di atas tidak berhasil, sebaiknya hubungi dukungan situs yang bersangkutan.

Kode kesalahan yang muncul mungkin disebabkan oleh file video yang rusak atau hilang dari hosting situs. Jika kesalahan terjadi pada beberapa peramban dan perangkat, satu-satunya opsi adalah menghubungi dukungan situs tersebut.

Posting Komentar