Widget HTML #1

Tata Cara Request dan Mengambil Surat Pin Google Adsense di Kantor Pos Terbaru 2023

Tata Cara Request dan Mengambil Surat Pin Google Adsense di Kantor Pos Terbaru 2023

Sebagai seorang blogger atau content creator di Blog atau Youtube, sudah pasti kita menunggu akan kedatangan "surat cinta" yang diberikan oleh Google. Surat tersebut berisi beberapa angka atau kode untuk verifikasi akun Adsense kita agar bisa mendapatkan pembayaran.

Namun sebelum kita ke pembahasan inti, ada baiknya kita memahami dulu seputar surat pin Google Adsense tersebut itu apa, serta apa saja persyaratan yang dibutuhkan untuk mendapatkan surat pin tersebut.

Persyaratan untuk Mendapatkan Surat Pin Google Adsense

Seperti yang dimuat dalam situs resmi Google terkait perihal langkah-langkah untuk menerima pembayaran utama, ada beberapa hal yang perlu kita lakukan sebelum meminta/merequest surat Pin Google Adsense tersebut.

1. Memberikan Informasi Pajak

Sebagai seorang content creator di Youtube, pastinya untuk mendapatkan pembayaran pertama pada Google Adsense sudah pasti tidak asing lagi dengan perintah dari Google untuk memberikan informasi pajak.

Seperti yang dimuat dalam artikel di situs resmi Google tentang mengirimkan pajak info pajak AS di Adsense, dan juga Google sudah memberikan informasi lengkap mengenai persyaratan pajak Amerika Serikat untuk Penghasilan Youtube, Bahwa pajak yang dikenakan hanya untuk penonton dari negara Amerikat saja (mungkin akan di update secara berkala nantinya).

Nah sebelum menuju kepada permintaan/request surat cinta tersebut, jangan lupa untuk mengisikan informasi pajak ini, agar kamu dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya.

2. Konfirmasi Informasi Pribadi Anda

Untuk konfirmasi informasi pribadi ini, kamu akan ada dalam dua tahap yaitu harus memverifikasi identitas diri dan juga memverifikasi alamat yang dimana nantinya kamu akan segera dikirimkan surat pin Google Adsense tersebut ke alamat yang telah kamu berikan.

Biasanya untuk notifikasi semacam ini, akan hadir saat saldo di Google Adsense kamu telah mencapai sekitar $10 atau Rp.150.000 an. Jadi pastikan saldo kamu telah mencapai minimum sebesar itu, jadi jangan bingung ketika belum mendapatkan notifikasi request pin Google Adsense, bisa jadi saldo mu belum cukup.

Masih ada beberapa hal yang mungkin bisa kamu lihat pada artikel resmi dari Google seputar langkah-langkah untuk menerima pembayaran utama, jadi silahkan dicek sendiri terkait langkah-langkah dalam menerima pembayaran dari Adsense, dan sekarang kita bisa menuju ke pembahasan inti.

Tata Cara Mengambil Surat Pin Google Adsense di Kantor Pos

1. Pastikan Kamu Sudah Request Surat Pin Google Adsense

Yang pertama tentu saja kamu sudah harus merequest surat Pin dari Google Adsense. Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, biasanya menu untuk merequest surat Pin Adsense ini akan tersedia saat saldo kamu sudah mencapai  $10 (sekitar Rp.150.000).

1.1. Kapan Kamu Harus Mengambil Pin Google Adsense ke Kantor Pos?

Dalam pengalaman saya dan juga pengalaman beberapa orang yang saya ketahui, biasanya surat pin Google Adsense akan bisa kita ambil dalam jangka waktu kurang lebih 1 bulan. Dan saya pribadi mengambil surat pin tersebut dalam waktu 1 bulan 2 hari (memastikan surat benar-benar sudah sampai sebelum merequest kembali pengirimannya).

2. Datang ke Kantor Pos Pusat/Besar yang Ada di Kotamu

Meskipun memang beberapa kantor pos akan mengirimkan surat pin Google Adsense tersebut ke alamat penerima, namun tidak semuanya seperti itu sehingga kita harus menjemput sendiri surat pin Google Adsense tersebut ke kantor pos.

Untuk kantor pos yang mana, saya menyarankan agar kamu mendatangi kantor pos pusat atau terbesar yang berada dekat dari domisili mu. Contoh, saya berada di Jakarta Selatan, maka saya mendatangi kantor Pos Indonesia Pusat bagian Jakarta Selatan.

2.1. Jam Berapa Kamu Harus Mengambil Surat nya?

Untuk mengambil surat Pin Google Adsense, idealnya kamu harus datang pada jam-jam kerja seperti jam 10 pagi sampai jam 3 sore pada hari Senin sampai Jumat. Memang tidak ada ketentuan khusus, karena kantor Pos di beberapa daerah buka selama 24 jam setiap harinya.

Namun jikalau kamu hadir pada jam dan hari kerja para pegawai kantor pos, tentu kamu akan lebih mudah untuk meminta surat pin Google Adsense tersebut. Pengalaman saya pribadi, saya pernah datang jam 7 malam ke kantor pos, namun ternyata staff sudah banyak yang pulang sehingga esok hari saya diminta untuk datang kembali.

3. Temui Petugas Resepsionis

Yang selanjutnya adalah kamu perlu menemui bagian petugas resepsionis. Karena petugas resepsionis dapat membantu kamu untuk menerima surat pin Google Adsense tersebut. Biasanya mereka hanya meminta nama kamu beserta maksud dan tujuannya.

3.1. Dokumen yang Perlu Dibawa?

Dalam pengalaman pribadi saya, kita tidak dimintai dokumen apapun, namun jikalau harus membawa dokumen pribadi, siapkan saja KTP sebagai verifikasi identitas kamu kepihak kantor pos (boleh asli atau fotocopy), tapi biasanya memang tidak dimintai dokumen apa-apa.

3.2. Apakah Ada Biaya Tambahan?

Tentu saja penerimaan surat Pin Google Adsense ini tidak dimintai tambahan biaya sepeserpun alias gratis.

3.3. Kamu Diminta Menemui Petugas Lain

Untuk poin ini, adalah pengalaman pribadi saya sendiri. Dimana saya diminta oleh petugas resepsionis untuk menemui petugas lain yang kebetulan memegang daerah domisili saya. Dan saya langsung menemui petugas yang termaksud untuk langsung meminta surat pin Google Adsense saya kepadanya.

4. Selesai dan Surat Pin Google Adsense Bisa Kita Bawa Pulang

Jika kamu sudah menerima surat Pin Google Adsense tersebut, kamu bisa merobek sedikit pada bagian yang sudah ditandai, dan didalamnya ada beberapa angka atau pin untuk memverifikasi pembayaran kamu agar bisa mulai mendapatkan penghasilan dari Google Adsense.

Nah itu dia tata cara request dan juga mengambil surat pin Google Adsense di Kantor Pos. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kamu semua yang sedang berjuang untuk bisa menghasilkan lewat blog atau Youtube. 

Posting Komentar untuk "Tata Cara Request dan Mengambil Surat Pin Google Adsense di Kantor Pos Terbaru 2023"