Widget HTML #1

Takut Ketipu?, Berikut 5 Tips Simpel Sebelum Beli Laptop Bekas

Takut Ketipu?, Berikut 5 Tips Simpel Sebelum Beli Laptop Bekas

Takut Ketipu?, Berikut 5 Tips Simpel Sebelum Beli Laptop Bekas - Mau beli laptop tapi agan punya budget terbatas?. Agan bisa mengakali budget yang agan miliki dengan membeli laptop bekas yang banyak kita temui dipasaran.

Akan tetapi memang yang namanya barang "bekas" atau "second" memiliki beberapa hal minus yang bisa saja ada pada barang tersebut. Hal minus tersebut juga bervarian, ada yang minus pada bagian bodi nya saja, ada juga yang minus pada bagian mesin, dsb.

Oleh karenanya tidak seperti saat kita membeli barang baru, kita perlu mengecek serta memilih dan memilah barang bekas yang hendak kita beli. Dan hal ini juga termasuk saat agan hendak membeli laptop bekas agar agan tidak tertipu nantinya.

Jangan khawatir, karena disini saya akan memberikan beberapa tips simpel untuk agan-agan semua yang hendak membeli laptop bekas. Langsung saja daripada banyak basa-basi, berikut pembahasannya untuk agan-agan semua.

Takut Ketipu?, Berikut 5 Tips Simpel Sebelum Beli Laptop Bekas

1. Cek Kondisi Bodi Laptop Secara Menyeluruh

Yang pertama-tama adalah agan perlu mengecek kondisi pada bagian bodi laptop bekas tersebut. Yang namanya barang bekas, pasti ada saja lecet disana-sini entah karena bekas pemakaian pribadi atau karena terkena hal-hal lainnya.

Jadi agan bisa perlahan mengecek tiap sudut dari laptop bekas yang hendak agan beli tersebut. Wajar jikalau lecet-lecet tersebut ada pada bodi laptop bekas, tapi jikalau ada yang mungkin patah atau pecah saya sarankan untuk mencari laptop lain demi pemakaian jangka panjang laptop kedepannya.

2. Cek Kondisi Layar dan LCD nya

Yang kedua adalah agan perlu mengecek kondisi layar serta LCD pada laptop bekas tersebut. Agan bisa melihat layar pada kondisi mati ataupun menyala, pastikan tidak ada hal-hal aneh seperti bintik-bintik, jamur, shadow atau whitespot, dsb.

Agan juga bisa membuka-tutup engsel dari laptop bekas tersebut, jikalau engselnya masih bagus dan kuat maka bisa jadi pertimbangan agan dalam membeli laptop bekas tersebut. Jikalau ada kamera webcam di laptop bekas tersebut, juga jangan lupa untuk dicek apakah berfungsi atau tidak.

3. Cek Kondisi Keyboard serta Trackpad

Yang selanjutnya adalah agan perlu mengecek kondisi keyboard dan juga trackpad. Pastikan setiap tombol pada keyboard dan juga trackpad berfungsi, karena hal ini akan mempengaruhi masa pakai agan terhadap laptop tersebut kedepannya.

Memangsih, agan bisa membeli keyboard serta mouse eksternal. Akan tetapi hal ini juga dapat membuat agan mengeluarkan budget lebih diluar dari budget pembelian laptop itu sendiri, dan juga menjadi lebih ribet (kecuali memang agan ada tujuan lain seperti membeli keyboard dan mouse khusus gaming, dsb).

4. Cek Kondisi Baterai dan juga Charger

Yang selanjutnya adalah agan perlu mengecek kondisi baterai dan juga charger. Agan dapat menjalankan software yang "berat" untuk melihat sejauh mana baterai bertahan terhadap pemakaian agan.

Jikalau baterai dapat bertahan dengan cukup lama, maka bisa dipastikan kondisi baterai masih cukup baik. Namun jikalau sebentar saja baterai sudah jauh menurun kapasitasnya, bisa dipastikan baterai tersebut kualitasnya sudah menurun atau bahkan bocor.

Lihat juga kondisi fisik dari si charger, cek apakah ada kabel yang terurai keluar atau mungkin putus. Serta jangan lupa untuk dites apakah dapat mengecas laptop dengan baik atau tidak. Karena hal-hal simpel ini juga cukup penting agar agan tidak mengeluarkan biaya lebih untuk sekedar membeli baterai serta charger laptop.

5. Cek Harddisk dan Semua Lubang Port di Laptop

Dan yang terakhir adalah agan perlu mengecek harddisk serta lubang port pada laptop. Untuk harddisk, agan coba untuk memindahkan file yang cukup besar kedalam harddisk tersebut. Jikalau proses pemidahan memakan waktu yang cukup lama maka bisa saja harddisk tersebut sudah buruk kondisinya.

Serta tidak lupa kapasitas harddisk disesuaikan dengan spesifikasi yang tertera, jikalau 500GB maka agan pastikan apakah kapasitas harddisk sama atau tidak. Lalu cek lubang-lubang port pada laptop, jangan sampai ada port yang mungkin tidak berfungsi agar agan juga lebih termudahkan dalam pemakaian nantinya.

Penutup

Oke sekian dulu untuk artikel kali ini semoga bermanfaat bagi agan-agan semua. Silahkan berikan kritik maupun saran di kolom komentar agar saya bisa terus memberikan artikel-artikel menarik dan juga bermanfaat.

Setiap Komentar saran dan kritik dari agan adalah motivasi saya agar terus bisa mengembangkan website ini menjadi lebih baik kedepannya. Saya pamit undur diri dan sampai berjumpa di artikel selanjutnya ya!.

Posting Komentar untuk "Takut Ketipu?, Berikut 5 Tips Simpel Sebelum Beli Laptop Bekas"