Widget HTML #1

Penyebab Baterai HP Cepat Habis dan Cara Ampuh Mengatasinya

Penyebab Baterai HP Cepat Habis dan Cara Ampuh Mengatasinya

Penyebab Baterai HP Cepat Habis dan Cara Mengatasinya - Baterai pada HP yang cepat habis tentu saja akan membuat penggunaan kita menjadi terganggu. Apalagi bagi sebagian orang, HP digunakan sebagai alat yang membantu mereka untuk bekerja.

Kita ambil contoh saja seorang kurir paket, bagaimana mereka bisa menjalankan aktivitas pekerjaan mereka jikalau HP yang digunakan cepat habis baterainya. Sedangkan mereka membutuhkan HP tersebut untuk digunakan sebagai alat penunjuk arah serta memuat informasi paket yang akan mereka antarkan.

Apakah solusinya hanya selalu dengan menggunakan HP berkapasitas baterai yang besar?, tentu saja tidak selalu begitu. Pasalnya ada banyak hal yang mempengaruhi kenapa baterai pada HP kita bisa cepat habis.

Untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan membahas penyebab serta cara mengatasi baterai HP yang cepat habis. Oke langsung saja daripada banyak basa-basi, langsung saja berikut pembahasannya untuk agan-agan semua.

Penyebab Baterai HP Cepat Habis

Kita mulai pembahasan ini terlebih dahulu dengan mengetahui penyebab dari baterai HP yang cepat habis. Ada beberapa faktor atau hal yang dapat menguras habis daya baterai pada smartphone, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Tingkat Kecerahan Pada Layar HP yang Begitu Tinggi

Yang pertama-tama adalah tingkat kecerahan pada layar HP yang begitu tinggi. Memang, untuk penggunaan tingkat kecerahan pada layar HP kita itu tergantung dari bagaimana cara kita melihat layar itu sendiri.

Jikalau kita berada pada posisi cahaya lingkungan yang begitu terang seperti dibawah terik matahari, bisa saja layar HP kita tidak terlalu terlihat sehingga kita perlu menaikan tingkat kecerahan layar HP kita lebih tinggi.

Akan tetapi hal ini akan memakan daya baterai yang lebih banyak dibandingkan dengan tingkat kecerahan yang lebih rendah. Jadi agan perlu lebih memperhatikan penggunaan kecerahan ketingkat yang sesuai dengan kondisi mata untuk melihat ke layar HP.

2. Menggunakan GPS, Bluetooth, atau Wifi Dalam Waktu yang Lama

Yang kedua adalah agan terlalu lama menggunakan GPS, Bluetooth dan juga Wifi. Kita ambil contoh dari GPS, jika agan memakai GPS terlalu lama tentu sistem HP akaan lebih besar memproses sehingga baterai pun ikut tersedot lebih banyak.

Dan penggunaan fitur-fitur tersebut juga akan mempengaruhi suhu pada HP, semakin panas suhu pada HP juga akan mempengaruhi daya baterai, dan hal ini yang membuat baterai pada HP agan menjadi cepat habis daya nya.

3. Aplikasi yang Terus Berjalan Pada Latar Belakang

Yang selanjutnya adalah aplikasi yang terus berjalan pada latar belakang sistem HP agan. Jikalau aplikasi tersebut terus menerus berjalan dibelakang layar meskipun tidak kita pakai, ini akan mempengaruhi daya baterai dan sedikit demi sedikit akan tersedot daya nya.

4. Waktu Penggunaan HP yang Begitu Sering dan Lama

Yang selanjutnya adalah waktu penggunaan HP yang begitu sering dan juga dalam jangka waktu yang cukup lama. Hal ini memang wajar, karena mau bagaimanapun juga semakin lama kita memakai HP kita maka daya baterai pun juga akan ikut tersedot habis.

Nah berikut ini kita akan membahas bagaimana sih cara ampuh untuk mengatasi baterai HP yang cepat habis, langsung saja berikut pembahasannya.

Cara Ampuh Mengatasi Baterai HP yang Cepat Habis

1. Kurangi Tingkat Kecerahan pada Layar HP

Yang pertama tentu saja agan dapat mengurangi tingkat kecerahan pada layar HP agan. Seperti yang sudah kita singgung pada point penyebab tadi, penggunaan tingkat kecerahan layar di HP akan membuat daya baterai lebih banyak tersedot sehingga cepat habis.

Maka agan dapat menyesuaikan tingkat kecerahan layar HP dengan kondisi mata agan dalam melihat layar. Karena hal ini juga baik untuk kesehatan mata agan, carilah atau posisikan kecerahan layar HP dengan kenyamanan mata agan dalam melihat.

2. Biasakan Menutup Aplikasi Setelah Selesai Digunakan

Yang kedua adalah agan perlu membiasakan diri untuk menutup aplikasi setelah agan selesai menggunakannya. Hal ini untuk menghindari aplikasi berjalan dilatar belakang dan menyedot daya baterai secara tidak sadar.

3. Gunakan Mode Airplane Mode/Mode Pesawat Saat Tidak Menggunakan Internet

Yang selanjutnya adalah agan dapat mengaktifkan mode pesawat disaat agan tidak menggunakan internet. Hal ini tidak terlalu saya rekomendasikan, karena bisa saja ada pesan atau telpon penting yang masuk ke dalam nomor agan.

Namun jikalau agan yakin dan tidak membutuhkan hal-hal tersebut, maka agan bisa mengaktifkan mode pesawat agar daya baterai agan bisa lebih awet karena tidak mengonsumsi sinyal dan juga jaringan internet.

4. Aktifkan Mode Power Saving/Mode Hemat Baterai

Dan yang terakhir adalah agan dapat mengaktifkan mode Power Saving atau mode hemat baterai. Fitur ini sekarang sudah sering disematkan di sistem operasi masing-masing HP. Jadi jikalau memang fitur ini tersedia di HP agan maka aktifkan saja untuk menghemat daya baterai.

Penutup

Oke sekian dulu untuk artikel kali ini semoga bermanfaat bagi agan-agan semua. Silahkan berikan kritik maupun saran di kolom komentar agar saya bisa terus memberikan artikel-artikel menarik dan juga bermanfaat.

Setiap Komentar saran dan kritik dari agan adalah motivasi saya agar terus bisa mengembangkan website ini menjadi lebih baik kedepannya. Saya pamit undur diri dan sampai berjumpa di artikel selanjutnya ya!.

Posting Komentar untuk "Penyebab Baterai HP Cepat Habis dan Cara Ampuh Mengatasinya"