Widget HTML #1

7 Cara Unik Memanfaatkan Smartphone Bekasmu Agar Lebih Bermanfaat

7 Cara Unik Memanfaatkan Smartphone Bekasmu Agar Lebih Bermanfaat

7 Cara Unik Memanfaatkan Smartphone Bekasmu Agar Lebih Bermanfaat - Di zaman yang serba modern ini, pastilah setiap orang memiliki smartphone. Dan smartphone disetiap tahun nya akan mengalami yang namanya peningkatan dari sisi spesifikasi hingga fitur-fiturnya.

Oleh karena itu, mau tidak mau kita haruslah membeli smartphone terbaru jikalau memang ingin mengikuti perkembangan zaman atau paling tidak mengganti smartphone lama kita yang memang sudah ketinggalan zaman.

Nah jikalau agan-agan memiliki smartphone yang sudah tidak terpakai namun dengan kondisi yang masih cukup baik untuk dipakai, jangan langsung terpikirkan untuk membuangnya atau menjualnya. Mungkin beberapa hal ini dapat agan jadikan refrensi, untuk memanfaatkan smartphone lama agan.

Nah daripada banyak basa-basi, langsung saja berikut pembahasannya untuk agan-agan semua!.

7 Cara Unik Memanfaatkan Smartphone Bekasmu Agar Lebih Bermanfaat

1. Jadikan Smartphone Lama menjadi Pemutar Musik

Yang pertama-tama adalah agan bisa menjadikan smartphone lama agan menjadi alat pemutar musik. Dengan memanfaatkan smartphone bekas atau smartphone lama agan menjadi pemutar musik, tentu akan membuat smartphone utama agan tidak terlalu banyak melakukan "aktivitas" sehingga baterainya juga akan lebih awet dan tahan lama.

2. Jadikan Smartphone Lama menjadi Hotspot/Wifi 

Yang selanjutnya adalah agan dapat menjadikan smartphone lama agan sebagai hotspot/wifi. Tentu hal ini sangat berguna bagi agan-agan yang memang memiliki masalah jaringan di daerah agan, jadi agan dapat memakaikan kartu provider berbeda sehingga jikalau ada provider yang bermasalah, agan dapat memakai provider lainnya sebagai penyambung koneksi internet sementara.

3. Jadikan Smartphone Lama menjadi Penyimpan Data Sementara

Yang selanjutnya adalah agan bisa menjadikan smartphone lama menjadi alat penyimpanan data sementara. Seperti misalnya agan perlu membackup data-data penting, maka agan bisa memanfaatkan smartphone lama menjadi alat penyimpanan data sementara dan nanti setelah selesai, agan bisa kirim lagi ke tempat penyimpanan data yang utama.

4. Jadikan Smartphone Lama menjadi Alat Penguji Aplikasi atau Custom ROM

Yang selanjutnya adalah agan bisa menjadikan smartphone lama agan menjadi alat penguji aplikasi atau uji coba custom ROM. Karena dengan begitu, tentu agan tidak akan merasa "rugi" jikalau aplikasi atau custom ROM tersebut memang gagal atau tidak kompatibel untuk diinstall. Sehingga yang mati adalah smartphone lama agan, bukan yang baru.

5. Jadikan Smartphone Lama sebagai Alat Bermain Game

Yang selanjutnya adalah agan bisa menjadikan smartphone lama agan sebagai alat untuk bermain game. Tapi perlu diingat, jika smartphone nya memang memiliki spesifikasi "jadul" maka jangan paksa smartphone lama untuk menjalankan game-game berat seperti sekarang, install lah game-game yang sekiranya masih cukup kuat dimainkan di smartphone lama agan tersebut.

6. Jadikan Smartphone Lama sebagai Alat Penunjuk Arah

Yang selanjutnya adalah agan bisa memanfaatkan smartphone lama menjadi alat penunjuk arah dengan bantuan aplikasi Google Maps (atau aplikasi maps apapun yang tersedia). Sehingga agan tidak perlu khawatir akan smartphone baru agan diambil orang atau jatuh ketika saat berkendara.

7. Jadikan Smartphone Lama sebagai Remote

Dan yang terakhir adalah agan dapat memanfaatkan smartphone lama agan sebagai remote jikalau smartphone lama agan memang memiliki fitur IR Blaster. IR Blaster berfungsi sebagai pengontrol alat seperti AC, TV, dsb seperti remote pada umumnya. Nah jikalau memang smartphone lama agan memiliki fitur tersebut, manfaatkanlah sebagai remote cadangan.

Penutup

Oke sekian dulu untuk artikel kali ini semoga bermanfaat bagi agan-agan semua. Silahkan berikan kritik maupun saran di kolom komentar agar saya bisa terus memberikan artikel-artikel menarik dan juga bermanfaat.

Setiap Komentar saran dan kritik dari agan adalah motivasi saya agar terus bisa mengembangkan website ini menjadi lebih baik kedepannya. Saya pamit undur diri dan sampai berjumpa di artikel selanjutnya ya!.

Posting Komentar untuk "7 Cara Unik Memanfaatkan Smartphone Bekasmu Agar Lebih Bermanfaat"