Widget HTML #1

Ketahui Penyebab Kenapa Laptop bisa Overheat atau Panas!

Ketahui Penyebab Kenapa Laptop bisa Overheat atau Panas!

Ketahui Penyebab Kenapa Laptop bisa Overheat atau Panas! - Setiap aktivitas yang kita lakukan di era modern seperti sekarang ini, tentu tidak lepas dari yang namanya alat-alat elektronik. Dan salah satu alat elektronik yang sering sekali kita pakai adalah laptop.

Dengan laptop, tentu kita dapat melakukan berbagai macam hal seperti membuat tugas kuliah, mengedit foto dan video menggunakan software-software yang ada, sebagai alat pembantu kita dalam bekerja, atau bahkan untuk sekedar menjadi alat menonton video dan film dan juga bermain game.

Tapi dibalik semua itu, tentu ada satu masalah yang pasti dialami hampir seluruh orang yang menggunakan laptop, yaitu ketika laptop menjadi panas atau overheat. Bagi agan-agan yang belum mengerti apa itu overheat, silahkan disimak penjelasan berikut.

Pengertian Overheat pada Laptop

Overheat pada laptop atau dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai "terlalu panas", adalah sebuah kondisi dimana laptop kita mengalami peningkatan suhu dari sisi hardware, yang mengakibatkan laptop kita menjadi lemot, atau bahkan hang/freeze.

Lalu, kenapa overheat ini bisa terjadi pada laptop kita?. Nah daripada agan bertanya-tanya, berikut ini akan saya jelaskan beberapa penyebab yang perlu agan ketahui mengapa laptop yang agan miliki bisa menjadi panas atau overheat.

Ketahui Penyebab Kenapa Laptop Agan bisa Mengalami Overheat!

1. Jarang Mengganti Thermal Paste

Yang pertama-tama adalah karena agan-agan jarang mengganti thermal paste. Apasih thermal paste ini?, thermal paste adalah sebuah zat atau cairan kental seperti pasta gigi yang fungsinya untuk mendinginkan prosesor dan kartu grafis sehingga dapat kembali bekerja dengan baik.

Nah biasanya hal ini terjadi kepada laptop yang sudah menginjak usia 3-4 tahun pemakaian. Dan solusinya bagi agan-agan yang mengalami masalah ini adalah dengan mengganti thermal paste dengan yang baru.

2. Ventilasi Udara Tersumbat oleh Debu

Yang kedua adalah karena ventilasi udara yang ada pada laptop agan tersumbat oleh debu. Selama pemakaian kita terhadap laptop, pastilah terkadang tidak kita sadari akan ada udara yang masuk kedalam laptop dan membawa banyak debu.

Dan hal inilah yang menyebabkan ventilasi udara laptop kita menjadi tersumbat. Maka agan-agan bisa mengatasinya dengan mencoba membersihkan ventilasi udara pada laptop agar udara yang masuk dan keluar pada laptop bisa menjadi lebih lancar.

3. Menaruh Laptop pada Tempat yang Salah

Yang selanjutnya adalah karena agan-agan menaruh laptop pada tempat yang salah. Maksud dari tempat yang salah adalah seperti pada kasur atau tempat-tempat yang menutup sirkulasi udara pada laptop. Jadi agan-agan perlu menghindari memakai laptop di kasur atau tempat-tempat yang menghalangi sirkulasi udara laptop.

4. Durasi Pemakaian Laptop yang Lama tanpa Udara/angin yang Cukup

Yang selanjutnya adalah durasi pemakaian laptop yang lama tanpa udara/angin yang cukup. Pastikan jika agan-agan memang sedang memakai laptop, terutama untuk kepentingan yang membutuhkan waktu hingga berjam-jam, pastikan agan menyiapkan cooling pad atau arahkan angin ke laptop. Supaya laptop agan-agan tetap stabil suhunya dan tidak menjadi panas.

Penutup

Oke sekian dulu untuk artikel kali ini semoga bermanfaat bagi agan-agan semua. Silahkan berikan kritik maupun saran di kolom komentar agar saya bisa terus memberikan artikel-artikel menarik dan juga bermanfaat.

Setiap Komentar saran dan kritik dari agan adalah motivasi saya agar terus bisa mengembangkan website ini menjadi lebih baik kedepannya. Saya pamit undur diri dan sampai berjumpa di artikel selanjutnya ya!.

Posting Komentar untuk "Ketahui Penyebab Kenapa Laptop bisa Overheat atau Panas!"