Widget HTML #1

5 Tips Pintar Sebelum Membeli Smartphone Second di Akhir Tahun 2021

5 Tips Pintar Sebelum Membeli Smartphone Second di Akhir Tahun 2021

5 Tips Pintar Sebelum Membeli Smartphone Second di Akhir Tahun 2021 - Akhir tahun sebentar lagi, dan agan masih pakai smartphone lama agan yang udah ketinggalan jaman itu?. Hmm saatnya agan-agan ganti smartphone baru.

Tapi bagaimana jika dompet kita lagi menipis, apakah masih bisa kita ganti smartphone?. Tenang saja, karena masih banyak kok smartphone second atau bekas yang dapat agan-agan pilih, dan tentunya dengan membeli smartphone second, agan akan mendapat keuntungan juga.

Keuntungannya akan kita bahas dilain artikel, tapi untuk sekarang kita berfokus pada tips pintar untuk agan-agan semua sebelum membeli smartphone second atau bekas di akhir tahun 2021 ini. Penasaran kan bagaimana tips nya?.

Oke tanpa banyak basa-basi, langsung saja berikut pembahasannya untuk agan-agan semua.

5 Tips Pintar Sebelum Membeli Smartphone Second di Akhir Tahun 2021

1. Pikirkan Kebutuhan Sebelum Memilih Smartphone Second yang Hendak Dibeli

Yang pertama-tama adalah agan perlu memikirkan kebutuhan sebelum memilih smartphone second atau bekas yang hendak agan-agan beli. Mengapa?, agar agan-agan paham untuk memilih smartphone mana yang hendak agan beli.

Karena seperti yang kita ketahui, banyak spesifikasi yang ditawarkan oleh brand-brand smartphone. Ada yang menawarkan keawetan baterai, ada yang menawarkan performa gaming, ada yang menawarkan kecantikan hasil kamera, dsb.

Oleh karena itu, tentukan apa yang memang agan butuhkan. Dan hal ini tentu akan membantu agan memilih smartphone yang pas di spesifikasi dan juga harga.

2. Perhatikan Keseluruhan Kondisi Smartphone

Yang selanjutnya adalah memperhatikan keseluruhan kondisi smartphone. Hal ini memang cukup "ribet", apalagi untuk agan-agan yang memang masih awam dalam memilih dan mengecek smartphone-smartphone second.

Tapi dengan memperhatikan keseluruhan kondisi, akan membuat agan lebih yakin tentang si smartphone sebelum membeli. Hindari smartphone second yang kondisinya cukup parah seperti kaca retak, bodi cacat, dsb (kecuali agan memang paham dan ingin menservice smartphone itu, tapi perlu biaya tambahan pastinya).

3. Menyesuaikan Spesifikasi Smartphone

Seperti yang sudah disinggung dalam point nomor 1, kita perlu menyesuaikan spesifikasi smartphone kita. Mulai dari software yang digunakan, lalu kapasitas baterai, chipset yang digunakan, dll. Hal ini penting karena smartphone yang agan pakai akan bisa lebih bermanfaat jika agan memang merasa pas dengan spesifikasi si smartphone second ini.

4. Perhatikan Fitur yang masih Up To Date

Yang selanjutnya adalah memperhatikan fitur yang masih up to date. Contohnya seperti dukungan software dan sistem keamanan. Karena hal ini akan berdampak baik untuk penggunaan agan dalam jangka waktu yang lebih lama (misal 1-2 tahun mendatang).

5. Memperkirakan Masa Pakai Smartphone

Dan yang terakhir adalah memperkirakan masa pakai smartphone. Ini sudah disinggung pada point nomor 4, karena jika agan ingin memakai smartphone dalam jangka waktu yang lebih panjang (seperti 2-3 tahun mendatang) cari smartphone second yang bisa dibilang masih cukup baru.

Atau jika agan ingin menjadikan smartphone cadangan atau smartphone kedua yang masa pakainya mungkin 1 tahun saja karena jarang digunakan, ya agan bisa sesuaikan dengan smartphone yang masih cukup update dan tidak terlalu lawas + dengan spesifikasi yang masih mumpuni.

Penutup

Oke sekian dulu untuk artikel kali ini semoga bermanfaat bagi agan-agan semua. Silahkan berikan kritik maupun saran di kolom komentar agar saya bisa terus memberikan artikel-artikel menarik dan juga bermanfaat.

Setiap Komentar saran dan kritik dari agan adalah motivasi saya agar terus bisa mengembangkan website ini menjadi lebih baik kedepannya. Saya pamit undur diri dan sampai berjumpa di artikel selanjutnya ya!.

1 komentar untuk "5 Tips Pintar Sebelum Membeli Smartphone Second di Akhir Tahun 2021"