Widget HTML #1

Mengenal Evolusi Notch atau Poni pada Smartphone dari Awal sampai yang Terbaru

Mengenal Evolusi Notch atau Poni pada Smartphone dari Awal sampai yang Terbaru

Mengenal Evolusi Notch atau Poni pada Smartphone dari Awal sampai yang Terbaru - Sebagai pecinta smartphone sekaligus penggunanya, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah "notch" pada layar smartphone.

Yap, notch adalah sebagian bar kecil hitam pada layar smartphone yang dibuat oleh para brand smartphone sebagai bentuk upaya memaksimalkan tampilan yang penuh pada layar. Karena dengan adanya notch, tentu layar akan memiliki sedikit keluasan tampilan.

Jikalau dulu, smartphone memiliki desain "jidat" dan "dagu" yang memang cukup tebal namun memiliki fungsi untuk menaruh tombol kapasitif (pada dagu) dan menaruh kamera dan speaker (pada jidat). Tapi hal itu jadi kurang memaksimalkan tampilan layar smartphone.

Nah oleh karena itu, pada awalnya tahun 2017 lah smartphone dengan notch dikeluarkan. Nah penasaran kan evolusi notch pada smartphone?, oke langsung saja daripada banyak basa-basi berikut pembahasannya untuk agan-agan semua.

Mengenal Evolusi Notch atau Poni pada Smartphone dari Awal sampai yang Terbaru

Smartphone yang Pertama Kali Mengusung Layar Notch

Kita kembali ke bulan Agustus tahun 2017 lalu, nah ditahun ini ada sebuah smartphone yang pertama kali mengusung layar dengan notch yaitu smartphone Essential Phone PH-1 yang dibuat oleh Andy Rubin. Btw, smartphone ini memang tidak masuk secara resmi ke Indonesia.

Dan memang penjualan dari smartphone Essential Phone ini tidak terlalu tinggi sehingga smartphone ini tidak dirilis kembali di versi barunya. Namun, smartphone ini adalah yang menjadi pionir untuk smartphone-smartphone selanjutnya dalam menggunakan layar notch.

Smartphone yang Mengenalkan Notch dan Menjadi Trend di Smartphone Terbaru

Selanjutnya kita agak maju ke bulan November di tahun 2017, di tahun ini ada sebuah smartphone dari brand Apple yang mengeluarkan smartphone terbaru mereka dan memberikan tampilan layar notch, dan smartphone tersebut adalah iPhone X.

Kala itu, iPhone X sering diolok-olok oleh para pecinta smartphone (terutama di tanah air) karena menurut kebanyakan orang, notch atau lebih familiar dengan istilah "Poni" yang ada pada layar iPhone X terlalu besar dan mungkin tidak terlalu nyaman digunakan (pada saat itu).

Akhirnya Mulai Mengikuti Jejak iPhone X dalam Memakai Layar Berponi

Dan di awal-awal tahun 2018, akhirnya banyak sekali brand-brand smartphone Android yang mulai memakai layar dengan notch atau poni. Namun kehadiran notch di smartphone android tidak terlalu besar seperti pada iPhone X.

Mungkin ini juga sebagai langkah dari para brand smartphone dalam mendengarkan keluhan customer untuk memperbaiki tampilan notch yang lebih minimalis dan juga nyaman dilihat.

Mulai ada Smartphone Berkamera Pop-Up

Di bulan Juli tahun 2018, sudah mulai muncul smartphone yang menggunakan Pop-up kamera dan tidak lagi menaruh kamera depan pada layar (jadi tidak ada notch atau poni sehingga layar terlihat full screen).

Diawali oleh smartphone Oppo Find X dan juga Vivo Nex di tahun itu, dan memang ada nilai plusnya sih bahwa layar terlihat lebih luas tanpa notch atau poni apapun. Tapi minusnya, kamera dengan pop-up mungkin saja akan lebih rentan rusak dan hal ini dialami oleh beberapa orang yang memiliki smartphone berkamera pop-up.

Muncul juga Smartphone Layar Geser

Masih di tahun 2018 tepatnya bulan November, muncul lagi smartphone terbaru dengan desain kamera yang berada di bawah layar sehingga ketika kita ingin menggunakan kamera depan, maka layar akan bergeser dan memunculkan kamera dibalik layar.

Seperti halnya kamera pop-up, tentu ada kekurangan dan kelebihannya. Tapi kehadiran notch atau poni sudah agak terlihat "biasa" dan mungkin saja ingin ditinggalkan sebagai trend baru kala itu.

Menghilangkan Notch dan Menaruh Lubang Kamera langsung di Layar

Dan di tahun 2019, mulai banyak brand smartphone yang menghilangkan notch dan menaruh kamera langsung pada layar atau biasa disebut Punch Hole. Hal ini tentu juga dapat memaksimalkan layar agar bisa lebih fullscreen namun tidak menggunakan kamera pop-up atau layar geser.

Kamera Tertanam Dibawah Layar

Dan mulai di tahun 2020, sudah mulai ada brand-brand smartphone yang mengusung kamera yang tertanam di dalam layar. Seperti contohnya dari brand ZTE dengan smartphone nya ZTE Axon 20 5G.

Tidak hanya ZTE, tapi mulai ada dari Oppo dan lainnya yang ingin mengembangkan teknologi tersebut. Dan sampai sekarang, memang notch sudah agak ditinggalkan oleh banyak brand smartphone, lagi-lagi untuk mengambil langkah supaya layar dapat kita maksimalkan dan tidak terhalang apapun.

Penutup

Oke sekian dulu untuk artikel kali ini semoga bermanfaat bagi agan-agan semua. Silahkan berikan kritik maupun saran di kolom komentar agar saya bisa terus memberikan artikel-artikel menarik dan juga bermanfaat.

Setiap Komentar saran dan kritik dari agan adalah motivasi saya agar terus bisa mengembangkan website ini menjadi lebih baik kedepannya. Saya pamit undur diri dan sampai berjumpa di artikel selanjutnya ya!.

Posting Komentar untuk "Mengenal Evolusi Notch atau Poni pada Smartphone dari Awal sampai yang Terbaru"