Widget HTML #1

Hal Sepele yang Membuat Baterai Smartphone Kita Cepat Habis

Hal Sepele yang Membuat Baterai Smartphone Kita Cepat Habis

Hal Sepele yang Membuat Baterai Smartphone Kita Cepat Habis - Selain prosesor, ukuran pixel dan jumlah kamera, serta RAM dan internal yang perlu kita ketahui sebelum membeli sebuah smartphone, tentunya kita juga perlu memperhatikan pada spesifikasi baterai smartphone tersebut.

Karena dengan baterai yang besar, tentu kita berharap bisa mendapatkan masa pakai smartphone yang lebih lama dan tidak selalu bergantung kepada charger. Meskipun tidak selalu ada jaminan bahwa kapasitas baterai yang besar dapat membuat masa pakai smartphone menjadi lebih lama.

Akan tetapi tentu masih dapat kita optimalkan lah untuk menghemat-hemat baterai tersebut. Nah tapi tanpa kita sadari, ada hal-hal yang kita anggap sepele justru membuat baterai di smartphone kita menjadi lebih cepat habis.

Loh kok bisa?, nah oleh karena itu disini saya akan memberikan informasi kepada agan-agan semua pengguna smartphone untuk mengetahui hal apa saja yang kita anggap sepele tetapi membuat baterai smartphone menjadi lebih cepat habis.

Oke tanpa perlu banyak basa-basi lagi, langsung saja berikut ialah pembahasannya.

Hal Sepele yang Membuat Baterai Smartphone Kita Cepat Habis

Layar

Pertama-tama kita bahas terlebih dahulu dari sektor layar. Layar adalah komponen yang paling sering kita gunakan untuk mengoperasikan smartphone kita. Dan semakin kesini, tentu spesifikasi layar pada smartphone semakin bermacam-macam dan semakin canggih juga.

Dan sebab itu juga, baterai smartphone pun juga dapat lebih cepat habis oleh si layar ini. Berikut beberapa hal sepele dari layar yang dapat membuat baterai smartphone kita lebih cepat habis :

1. Jangan memakai kecerahan layar yang terlalu tinggi. Hal ini tentu akan menghabiskan/menguras lebih banyak daya baterai karena layar menampilkan kecerahan yang begitu tinggi.

2. Hindari memakai wallpaper video, karena dengan begitu layar akan menampilkan video setiap kali agan-agan membuka homescreen atau layar utama smartphone. Selain menghabiskan banyak baterai juga akan membuat kinerja smartphone menjadi sedikit lebih lambat.

3. Gunakan refresh rate yang standart saja (jika smartphone agan memang memiliki fitur ini), karena tentu refresh rate yang tinggi pada layar akan menghasilkan tampilan layar yang lebih baik namun konsumsi daya baterai pun juga ikut meningkat.

4. Set kunci otomatis dalam waktu yang singkat seperti 5-10 detik agar layar tidak terlalu lama menyala dan tentu akan menghemat baterai.

Aplikasi

Tidak hanya soal layar, namun juga aplikasi yang kita operasikan. Aplikasi juga menjadi salah satu hal yang dapat membuat daya baterai menjadi lebih cepat habis. Aplikasi ini mencakup seperti aplikasi sosial media, hiburan, atau bahkan game.

Dan berikut beberapa hal sepele dari aplikasi yang dapat membuat baterai smartphone kita lebih cepat habis :

1. Biasakan untuk langsung menutup secara total aplikasi-aplikasi yang telah agan gunakan. Karena jika tidak, aplikasi tersebut akan terus berjalan dalam kondisi di latar belakang (dengan maksud agar aplikasi tidak memulai dari ulang ketika kita hendak menggunakannya kembali).

2. Uninstall aplikasi-aplikasi yang sekiranya tidak terlalu penting bagi agan, hal ini juga bermanfaat untuk membuat memori internal smartphone agan menjadi lebih lega.

Fitur di Smartphone

Yang selanjutnya adalah fitur-fitur pada smartphone, ada banyak brand yang memberikan fitur-fitur tertentu kepada smartphone mereka agar lebih kelihatan beda dan unik. Dan berikut beberapa hal sepele dari fitur di smartphone yang dapat membuat baterai smartphone kita lebih cepat habis :

1. Biasakan untuk mematikan GPS, Bluetooth, dll ketika selesai memakai karena tentu ketika fitur-fitur tersebut menyala, maka kinerja smartphone juga bertambah dan membuat kapasitas baterai menjadi lebih cepat habis.

2. Hindari suhu yang terlalu panas pada smarphone, dengan suhu yang terlalu panas, bisa berpengaruh pada baterai smartphone yang semakin lama semakin terkuras habis.

3. Matikan fitur-fitur tambahan yang ada pada smartphone agan yang mungkin akan menguras baterai (karena tiap-tiap smartphone memiliki fitur yang berbeda, jadi sesuaikan saja dengan fitur yang ada pada smartphone agan).

Faktor dari Smartphone nya Sendiri

Dan yang terakhir adalah faktor dari si smartphone nya sendiri. Mungkin ini bukan hal sepele ya, tapi banyak orang yang menyepelekan. Tentu ketika smartphone telah "Berumur" cukup tua, maka kinerjanya pun juga akan berpengaruh.

Jadi ketika smartphone agan baterai nya menjadi lebih cepat habis, mungkin saja memang karena sudah saatnya agan-agan membeli smartphone baru atau paling tidak mengganti komponen baterai dengan baterai yang baru.

Penutup

Oke sekian dulu untuk artikel kali ini semoga bermanfaat bagi agan-agan semua. Silahkan berikan kritik maupun saran di kolom komentar agar saya bisa terus memberikan artikel-artikel menarik dan juga bermanfaat.

Setiap Komentar saran dan kritik dari agan adalah motivasi saya agar terus bisa mengembangkan website ini menjadi lebih baik kedepannya. Saya pamit undur diri dan sampai berjumpa di artikel selanjutnya ya!.

Posting Komentar untuk "Hal Sepele yang Membuat Baterai Smartphone Kita Cepat Habis"