Widget HTML #1

Kelebihan dan Kekurangan Membeli Smartphone Asal China

Kelebihan dan Kekurangan Membeli Smartphone Asal China

Kelebihan dan Kekurangan Membeli Smartphone Asal China - Ketika kita hendak membeli smartphone baru dan mencarinya lewat marketplace seperti Shopee, Tokopedia, dan sebagainya, tentu kita dapat menemukan beberapa smartphone yang bisa dibilang memiliki brand atau merek yang tidak familiar dengan kita.

Atau bahkan, beberapa smartphone tidak memiliki brand sama sekali dan hanya bertuliskan "smartphone android" saja. Biasanya, smartphone-smartphone ini adalah smartphone buatan negara China yang memang dijual di Indonesia dengan garansi distributor atau tidak resmi.

Saya tidak bisa bilang bahwa semua smartphone tersebut asalnya dari negara China ya, akan tetapi kebanyakan dan mayoritas adalah smartphone buatan negara China. Kenapa sih smartphone-smartphone tersebut dijual oleh beberapa seller di Indonesia?.

Ya kita memang tidak bisa pungkiri, ada beberapa orang yang tidak mampu untuk membeli smartphone bagus dengan harga yang cukup tinggi, dan biasanya smartphone-smartphone dari China ini meskipun tidak memiliki brand atau merek, tapi spesifikasi mereka dapat dikatakan cukup baik untuk kelas harganya.

Tapi harus digaris bawahi ya, bahwa tidak semua smartphone asal China itu jelek, silahkan kembali kepada agan masing-masing untuk menjadi pembeli yang pintar. Oke daripada kita banyak basa-basi lagi langsung saja berikut kita ke pembahasannya, silahkan agan-agan simak baik-baik.

Kelebihan Membeli Smartphone Asal China

Oke pertama-tama akan kita bahas terlebih dahulu dari sisi kelebihan ketika agan-agan membeli smartphone dari China, berikut beberapa kelebihannya :

1. Desain yang Keren

Yang pertama adalah desain yang keren. Banyak sekali smartphone-smartphone asal China yang mungkin meniru desain bodi dari smartphone mahal. Jadi ketika kita ingin membeli smartphone dengan tujuan "gaya", maka kita akan mendapatkan hal itu tentunya dengan budget yang bahkan lebih murah.

2. Spesifikasi yang Lebih Tinggi

Yang kedua adalah spesifikasi yang lebih tinggi, loh kok bisa?. Beberapa smartphone China yang saya temukan, dan bahkan saya juga memiliki sebuah tablet yang memang asalnya dari China itu memiliki spesifikasi yang bisa dibilang cukup tinggi jika kita lihat di kelas harga yang sama.

Contoh tablet yang saya miliki, saya beli dengan harga 1 jutaan saja namun bisa mendapatkan spesifikasi seperti memakai chipset Mediatek Helio X20, RAM 3 dan internal 16GB serta fitur kamera yang memiliki OIS.

Andai kita lihat di harga 1 jutaan, tablet yang dijual di Indonesia rata-rata menggunakan prosesor dari spreadtrum lalu kapasitas RAM dan Internalnya yang 1/8GB sampai 2/16GB saja. Cukup jauh bukan nilai spesifikasi nya?.

3. Harga yang Lebih Murah

Yang selanjutnya adalah harga yang tentu dan pasti lebih murah. Seperti yang sudah saya singgung di point nomor 2, kita akan bisa mendapatkan sebuah smartphone dengan spesifikasi tinggi dan juga harga yang lebih murah dibanding sekelas harganya.

Kekurangan Membeli Smartphone Asal China

Nah setelah kita membahas kelebihannya, maka sekarang saatnya kita bahas dari sisi kekurangannya ketika kita membeli smartphone asal China, berikut beberapa pointnya :

1. Build Quality yang Buruk

Yang pertama adalah build quality yang tentunya buruk. Tidak semua sih, tapi biasanya build quality yang buruk ini bisa agan-agan temukan di smartphone China yang harganya 1 jutaan kebawah dan dengan merek yang benar-benar tidak jelas. Tapi agan-agan harus maklumi bahwa hal ini juga masuk akal karena harga yang ditawarkan pasti murah.

2. Spesifikasi yang Tidak Asli

Yang kedua adalah spesifikasi yang tidak asli. Jika agan-agan menemukan sebuah smartphone diharga 700 ribuan misalnya, lalu memberikan spesifikasi dengan kapasitas RAM serta Internal sebesar 12/512GB, bisa dipastikan 99% hal itu adalah modifikasi tampilan sistem belaka.

Dan nyatanya, paling spesifikasi asli dari smartphone tersebut hanya memiliki kapasitas RAM dan Internal sebesar 1/8GB. Hal ini tentu saja mereka lakukan untuk menarik orang-orang membeli smartphone mereka. Jadi agan-agan perlu hati-hati ya sebelum membeli smartphone.

3. Tidak Tersedia Firmware untuk Install Ulang

Yang selanjutnya adalah tidak tersedianya firmware untuk install ulang. Ketika agan-agan membeli smartphone dari China, agan-agan sudah harus memiliki pemahaman kalau andai smartphone tersebut rusak, maka agan harus beli lagi dengan yang baru.

Karena jika agan-agan hendak menservice smartphone tersebut, tentu sparepart bodi bahkan sistem pun tidak akan tersedia. Saya sudah cukup banyak mencari firmware untuk tablet China saya dan hasilnya nihil!.

Mungkin firmware serta sparepart dari smartphone asal China memang tidak dirilis atau kalaupun ada mungkin mereka rilis untuk negara China saja, tidak keluar negara.

4. Tidak Ada / Sulit Menemukan Aksesoris yang Cocok

Yang selanjutnya adalah tidak adanya atau sulit menemukan aksesoris yang cocok. Jika smartphone asal China tersebut memang tidak memiliki brand atau merek yang ternama, tentu agan-agan akan kesulitan mencari aksesoris karena tidak akan ada yang menjualnya di Indonesia.

Atau kalau memang begitu, agan-agan dapat mencoba mencari aksesoris smartphone tersebut di e-commerce luar negri yang tentunya akan menambah waktu pengiriman lebih lama karena langsung dikirim dari luar negeri.

Penutup

Oke sekian dulu untuk artikel kali ini semoga bermanfaat bagi agan-agan semua. Silahkan berikan kritik maupun saran di kolom komentar agar saya bisa terus memberikan artikel-artikel menarik dan juga bermanfaat.

Setiap Komentar saran dan kritik dari agan adalah motivasi saya agar terus bisa mengembangkan website ini menjadi lebih baik kedepannya. Saya pamit undur diri dan sampai berjumpa di artikel selanjutnya ya!.

Posting Komentar untuk "Kelebihan dan Kekurangan Membeli Smartphone Asal China"