Widget HTML #1

6 Tips Sebelum Membeli Laptop Untuk Mahasiswa

6 Tips Sebelum Membeli Laptop Untuk Mahasiswa

6 Tips Sebelum Membeli Laptop Untuk Mahasiswa - Laptop adalah sebuah device yang sangat kita butuhkan sekarang ini. Bagaimana tidak, karena semua hal sekarang sudah dilakukan atau dapat dilakukan secara digital.

Contohnya saja untuk membuat tugas kuliah bagi para mahasiswa. Tentunya dengan memilih laptop yang tepat, mahasiswa akan dapat melakukan dan mengerjakan tugas-tugas mereka dengan nyaman. Maka dari itu pentingnya untuk memilih dan memilah laptop yang cocok untuk para mahasiswa.

Dan di kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa tips bagi agan-agan para mahasiswa semua yang hendak membeli laptop untuk kebutuhan perkuliahannya. Oke tanpa perlu banyak basa-basi lagi langsung saja berikut pembahasannya.

6 Tips Sebelum Membeli Laptop Untuk Mahasiswa

1. Memilih Ukuran Laptop yang Pas

Yang pertama-tama adalah agan-agan bisa memilih ukuran laptop yang pas. Mengapa ukuran laptop begitu penting?, karena tentunya bagi agan-agan yang tidak ingin repot atau membutuhkan mobilitas yang tinggi, agan-agan dapat memilih laptop dengan ukuran yang tidak terlalu besar.

Beda lagi halnya jika agan-agan menggunakan laptop tidak hanya untuk tugas kuliah saja tapi untuk kebutuhan multimedia atau bahkan gaming, mungkin agan-agan dapat memilih laptop yang ukurannya cukup besar seperti 14inch.

2. Memilih Prosesor yang Sesuai dengan Kebutuhan

Yang kedua ialah memilih prosesor yang sesuai dengan kebutuhan agan-agan. Jika agan-agan berkuliah dengan mengambil jurusan misal desain dan sebagainya, tentunya agan-agan perlu mempunyai laptop yang memiliki spesifikasi prosesor yang tinggi.

Hal ini tentunya untuk membantu agan-agan dalam proses belajar hingga mengerjakan tugas. Beda lagi dengan yang memang berkuliah dengan mengambil jurusan selain desain atau animasi, mungkin bisa mengambil laptop yang spesifikasinya tidak terlalu tinggi atau standar.

3. Menyesuaikan Kapasitas RAM dan Storage

Yang selanjutnya adalah menyesuaikan kapasitas RAM dan juga storage. Jika agan-agan memang membutuhkan laptop yang hanya difungsikan untuk mengetik tugas, jurnal, dan sebagainya, mungkin agan bisa memakai laptop dengan kapasitas RAM 2GB atau 4GB dan storage 500GB HDD.

Tapi untuk agan-agan yang memang menggunakan laptop untuk tugas animasi hingga desain-desain, mungkin agan-agan perlu kapasitas RAM dan storage yang lebih tinggi. Seperti RAM 8GB keatas dan Storage 1TB HDD / 512GB SSD.

4. Memilih Daya Tahan Baterai yang Awet

Yang selanjutnya adalah memilih laptop yang daya tahan baterainya awet. Dengan baterai yang awet, tentunya agan-agan dapat terus menggunakan laptop di waktu-waktu yang penting atau sewaktu-waktu dibutuhkan.

Akan tetapi memang cukup sulit, karena mengingat awet atau tidaknya daya tahan baterai tergantung dari pemakaian kita terhadap sotware-software di laptop kita. Jadi agar baterai tetap awet, agan-agan dapat menyesuaikan dengan pemakaian.

5. Kualitas Layar

Yang selanjutnya adalah kualitas layar. Jika agan-agan mahasiswa yang memakai laptop hanya untuk mengetik, rasanya kualitas layar tidak terlalu penting ya. Tapi untuk agan-agan mahasiswa yang memang mengerjakan desain grafis, tentu hal ini cukup penting.

Cari laptop yang memang memiliki jenis layar IPS yang memiliki ketajaman serta akurasi warna yang tinggi, sehingga agan-agan mahasiswa dapat mengerjakan tugas sesuai dengan yang diberikan.

6. Konektivitas Laptop

Dan yang terakhir adalah konektivitas pada laptop. Pastikan laptop yang hendak agan-agan beli memiliki konektivitas yang lengkap seperti lubang port USB, LAN, HDMI/VGA, dsb yang akan membantu agan dalam berkuliah.

Penutup

Oke sekian dulu untuk artikel kali ini semoga bermanfaat bagi agan-agan semua. Silahkan berikan kritik maupun saran di kolom komentar agar saya bisa terus memberikan artikel-artikel menarik dan juga bermanfaat.

Setiap Komentar saran dan kritik dari agan adalah motivasi saya agar terus bisa mengembangkan website ini menjadi lebih baik kedepannya. Saya pamit undur diri dan sampai berjumpa di artikel selanjutnya ya!.

Posting Komentar untuk "6 Tips Sebelum Membeli Laptop Untuk Mahasiswa"