Widget HTML #1

6 Tips Meningkatkan Kecepatan Akses Smartphone


6 Tips Meningkatkan Kecepatan Akses Smartphone - Smartphone sudah menjadi sebuah barang yang mungkin sangat penting dan dibutuhkan oleh orang-orang dizaman sekarang ini. Karena dengan smartphone, kita tidak hanya dapat berkomunikasi dengan orang lain via telpon dan SMS saja.

Kini smartphone bukan lagi membantu kita dalam hal berkomunikasi, tapi juga hal-hal lain misalnya seperti hiburan (dengan lagu favorit, film, video singkat, dsb) hingga membantu kita dalam menyelesaikan pekerjaan kita (seperti misalnya driver ojek online yang menggunakan Google Maps dan aplikasi driver untuk menerima orderan hingga mencari alamat yang dituju).

Oleh karena itu, pastinya kita perlu kecepatan dalam mengakses smartphone yang kita miliki. Karena jikalau dalam mengakses smartphone saja kita membutuhkan waktu lebih lama, bisa saja hal-hal penting kita lewatkan.

Misalnya, jika agan-agan menggunakan smartphone sebagai sebuah alat pengganti kamera digital untuk mengabadikan momen-momen terbaik dan terbaru, pastinya kita harus cepat mengakses kamera bukan?. Karena berbagai macam momen berharga bisa saja tidak terjadi lagi dikehidupan kita.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa tips untuk agan-agan semua agar dapat meningkatkan kecepatan akses smartphone. Oke tanpa perlu banyak basa-basi lagi langsung saja berikut pembahasannya.

6 Tips Meningkatkan Kecepatan Akses Smartphone

1. Hapus Aplikasi yang Tidak Berguna

Yang pertama-tama adalah agan-agan bisa menghapus aplikasi yang mungkin tidak atau kurang berguna. Beberapa orang menginstall sebuah aplikasi di smartphone mereka pada momen-momen penting dan dipakai hanya saat itu saja.

Nah aplikasi tersebut yang harusnya kita hapus. Intinya agan-agan dapat memilih dan memilah aplikasi apa saja yang sekiranya agan pakai dan tidak agan pakai, hal ini tidak hanya baik untuk mempercepat akses smartphone, akan tetapi mengurangi ruang pada memori internal ataupun eksternal.

2. Gunakan Tampilan Layar Awal yang Simpel

Yang kedua adalah agan-agan bisa menggunakan tampilan layar awal (homescreen) yang simpel. Maksud dari kata simpel disini adalah agan tidak perlu menaruh berbagai macam widget ataupun aplikasi di layar awal.

Dengan menaruh berbagai macam widget dan aplikasi yang jarang dipakai, tentu akan membuat kinerja smartphone sedikit lebih lambat. Agan dapat membedakan jikalau menggunakan tampilan awal yang simpel dan tampilan awal yang banyak widget hingga aplikasi, pasti terasa perbedaan kecepatannya.

3. Kosongkan Ruang pada Memori Internal dari File yang Kurang Penting

Yang selanjutnya yang bisa agan-agan lakukan adalah mengosongkan ruang pada memori internal dari file-file yang kurang penting. Mengapa lebih diutamakan internal?, karena memori internal yang membantu mengoperasikan sistem smartphone agar lebih lancar.

Memori internal yang menyimpan file sistem (seperti berbagai macam sistem, lalu aplikasi, dsb). Untuk itu hapus file yang masih tersimpan di memori internal atau agan bisa pindahkan file tersebut ke memori eksternal agan.

4. Matikan atau Kurangi Fitur Sinkronisasi Otomatis

Yang selanjutnya adalah agan-agan dapat mematikan atau mengurangi fitur sinkronisasi otomatis. Mengapa?, fitur ini yang berjalan dengan internet dan juga akan cepat menghabiskan baterai smartphone.

Dan hal itu juga yang membuat smartphone kita menjadi lebih lambat. Jadi agan-agan dapat mematikan fitur sinkronisasi otomatis (sync) atau batasi/kurangi saja pemakaiannya.

5. Update Sistem Smartphone

Yang selanjutnya adalah mengupdate sistem pada smartphone. Tiap developer dari brand smartphone pastinya mengeluarkan beberapa kali update untuk smartphone mereka. Akan tetapi biasanya di tiap update akan menyisihkan sedikit bug dan akan diperbaiki pada update yang akan datang.

Jika kecepatan akses smartphone agan menjadi lebih lambat, bisa jadi karena kesalahan sistem yang memiliki bug. Jikalau ada sistem update, maka agan-agan bisa mengupdate terlebih dahulu sistem operasi smartphone agan ke yang paling baru.

6. Menggunakan Custom ROM

Dan yang terakhir yang bisa agan-agan lakukan adalah menggunakan custom ROM. Di beberapa smartphone, karena mungkin terlalu banyak fitur dari bawaan sistem ROM, tentu menjadikan kecepatan akses smartphone menjadi lebih lambat.

Jika agan-agan memang mengerti dengan yang namanya "oprek custom ROM", agan-agan dapat mengganti ROM bawaan smartphone dengan berbagai macam custom ROM yang tersedia untuk smartphone agan.

Meskipun perlu diingat, saya tidak merekomendasikan untuk agan-agan yang belum terlalu paham mengenai oprek smartphone android. Karena selain menghilangkan garansi, oprek custom ROM juga berpotensi membuat smartphone agan error sistem nya.

Penutup

Oke sekian dulu untuk artikel kali ini semoga bermanfaat bagi agan-agan semua. Silahkan berikan kritik maupun saran di kolom komentar agar saya bisa terus memberikan artikel-artikel menarik dan juga bermanfaat.

Setiap Komentar saran dan kritik dari agan adalah motivasi saya agar terus bisa mengembangkan website ini menjadi lebih baik kedepannya. Saya pamit undur diri dan sampai berjumpa di artikel selanjutnya ya!.

Posting Komentar untuk "6 Tips Meningkatkan Kecepatan Akses Smartphone"