Widget HTML #1

Tips Agar Smartphone dapat Terlindungi dari Malware

Tips Agar Smartphone dapat Terlindungi dari Malware

Tips Agar Smartphone dapat Terlindungi dari Malware - Malware (atau biasa kita kenal sebagai virus) dapat didefinisikan sebagai sebuah aplikasi atau program yang dapat merusak data dokumen di komputer atau bahkan perangkat elektronik lainnya seperti smartphone.

Hanya saja, mungkin kita lebih familiar dan lebih tau tentang virus yang menyerang komputer atau laptop saja. Tapi bukan berarti smartphone kita tidak dapat terkena virus loh. Dibeberapa kasus yang saya sering kali temukan, ciri smartphone yang terkena virus adalah munculnya iklan yang tidak menentu pada smartphone.

Maksudnya iklan yang tidak menentu?, jadi ketika agan-agan membuka smartphone dan menjalankan aplikasi apapun atau bahkan di homescreen/layar utama saja, nanti akan muncul iklan yang cukup mengganggu kita.

Memang iklan tersebut dapat kita hapus, tapi biasanya akan muncul dalam waktu yang sangat sering. Biasanya hal ini terjadi karena malware. Apa itu malware?, malware sendiri memiliki kepanjangan yaitu malicious software atau software berbahaya.

Dan kemunculan virus malware ini tidak terduga, virus malware akan menginstall aplikasi secara otomatis tanpa sepengetahuan kita dan langsung mengacaukan sistem operasi smartphone kita. Tidak hanya iklan saja yang dapat disebabkan oleh malware, akan tetapi jika terjangkit virus malware yang lebih berbahaya dapat membuat smartphone mati total.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa tips agar smartphone agan dapat terlindungi dari virus malware. Oke tanpa perlu banyak basa-basi lagi, langsung saja berikut pembahasannya.

Tips Agar Smartphone dapat Terlindungi dari Malware

1. Jangan Download Aplikasi Sembarangan

Yang pertama-tama yang perlu agan lakukan adalah jangan mendownload aplikasi sembarangan. Maksud dari aplikasi sembarangan disini adalah, mendownload dan menginstall aplikasi diluar dari Google Playstore.

Karena aplikasi yang sudah masuk kedalam Google Playstore sudah discan oleh Google apakah aplikasi tersebut aman atau tidak. Berbeda jika agan-agan mendownload aplikasi dari luar Google Playstore, agan-agan tidak pernah tau ada file berbahaya apa yang berada di aplikasi tersebut.

2. Gunakan VPN ketika Menggunakan Wifi Publik

Yang kedua adalah agan perlu menggunakan VPN ketika hendak memakai Wifi publik. Karena wifi publik dapat diakses oleh siapa saja, termasuk orang-orang yang memiliki niat jahat. Oleh karena itu saya sarankan agan-agan menggunakan VPN ketika memakai Wifi publik.

Dengan begitu, DNS serta IP-Address agan-agan jadi berubah dan akan mempersulit hacker dalam menemukan jaringan asli yang tersambung dengan smartphone agan.

3. Update Sistem Operasi secara Rutin (Ketika Tersedia)

Yang selanjutnya agan-agan bisa mengupdate sistem operasi ketika memang tersedia. Karena dalam update sistem, biasanya agan-agan juga mendapat pembaharuan keamanan sistem. Dan hal ini tentu akan membuat smartphone agan menjadi lebih aman.

4. Install Aplikasi Antivirus

Dan yang terakhir yang dapat agan-agan lakukan adalah menginstall aplikasi antivirus di smartphone agan. Dengan begitu, agan-agan dapat memonitori langsung apakah ada virus yang berada di folder atau sistem smartphone agan atau tidak.

Penutup

Oke sekian dulu untuk artikel kali ini semoga bermanfaat bagi agan-agan semua. Silahkan berikan kritik maupun saran di kolom komentar agar saya bisa terus memberikan artikel-artikel menarik dan juga bermanfaat.

Setiap Komentar saran dan kritik dari agan adalah motivasi saya agar terus bisa mengembangkan website ini menjadi lebih baik kedepannya. Saya pamit undur diri dan sampai berjumpa di artikel selanjutnya ya!.

Posting Komentar untuk "Tips Agar Smartphone dapat Terlindungi dari Malware"