Widget HTML #1

6 Penyebab Mengapa Aplikasi sering Berhenti Sendiri

6 Penyebab Mengapa Aplikasi sering Berhenti Sendiri

6 Penyebab Mengapa Aplikasi sering Berhenti Sendiri - Untuk agan-agan yang sering menggunakan smartphone pastinya pernah mengalami sekali atau beberapa kali dalam hidupnya yaitu ketika menggunakan smartphone tiba-tiba aplikasi berhenti sendiri.

Yap, hal ini sering disebut dengan kata crash atau force closed. Dimana aplikasi yang sedang agan-agan gunakan tiba-tiba secara mendadak berhenti dan keluar dengan sendirinya. Namun agan-agan tau tidak sih penyebab dari hal ini apa?.

Nah daripada agan-agan bertanya-tanya, pada kali ini say akan menjelaskan dan memberikan beberapa penyebab mengapa aplikasi yang agan pakai tiba-tiba bisa crash, force closed, atau terhenti dengan sendirinya. Langsung saja daripada banyak basa-basi, berikut pembahasannya.

6 Penyebab Mengapa Aplikasi sering Crash atau Berhenti Sendiri

1. Spesifikasi Smartphone Tidak Cocok dengan Aplikasi

Penyebab yang pertama ialah karena spesifikasi smartphone agan tidak cocok dengan aplikasinya. Pada tiap aplikasi memang memiliki standar spesifikasi yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi tersebut, agar aplikasi yang terinstall dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Akan tetapi jika aplikasi tersebut memang sedari awal sudah tidak sesuai dengan spesifikasi smartphone agan, maka jangan dipaksakan untuk diinstall. Biasanya memang tidak bisa diinstall (karena tidak cocok), akan tetapi jikalau pun bisa diinstall, pasti akan terjadi masalah saat menjalankan aplikasi, salah satunya adalah aplikasi berhenti dengan sendirinya.

2. Aplikasi belum Diperbaharui

Penyebab yang kedua adalah karena aplikasi yang agan pakai belum diperbaharui. Setiap aplikasi pastinya akan diupdate atau diperbaharui oleh pembuatnya untuk mengurangi atau mengatasi bug dan masalah yang terjadi pada versi sebelumnya.

Jadi jika aplikasi tersebut selalu terhenti ketika agan-agan pakai, agan-agan bisa update terlebih dahulu aplikasi tersebut di Google Playstore (untuk Android) dan Appstore (untuk iOS). Karena aplikasi yang diupdate dan diperbaharui, biasanya akan menyesuaikan dengan spesifikasi dari smartphone agan-agan.

3. Data File pada Aplikasi Korup/Hilang Sebagian

Penyebab yang selanjutnya adalah karena data file pada aplikasi yang agan install ini korup atau hilang sebagian. Biasanya ini terjadi jikalau agan-agan mendownload sebuah aplikasi namun jaringan nya sering kali terputus atau ketika mendownload ada file yang memang tidak ikut terdownload.

Ketika agan-agan mendownload file apapun, saya sarankan menggunakan wifi atau paling tidak jaringan internet yang kuat agar file dapat didownload dengan sempurna.

4. Aplikasi Memiliki Bug

Penyebab yang selanjutnya adalah karena aplikasi memiliki bug. Hal ini biasanya terjadi pada aplikasi yang baru saja dirilis oleh developernya. Dan karena aplikasi ini masih baru, jadinya perlu waktu untuk pengembangan lebih lanjut.

5. Sistem Operasi belum di Update

Penyebab yang selanjutnya adalah karena sistem operasi agan belum di update ke versi yang paling baru. Seperti beberapa penyebab diatas, aplikasi yang diupdate biasanya akan menyesuaikan spesifikasi dan juga versi sistem operasi yang paling baru.

Jikalau agan-agan belum memperbaharui sistem operasi ke versi yang paling baru, agan-agan bisa mendownloadnya terlebih dahulu. Karena dengan sistem operasi yang diperbaharui, tidak hanya berdampak kepada aplikasi namun juga sistem hingga keamanan smartphone agan-agan.

6. Memori Smartphone Penuh

Dan penyebab yang terakhir adalah karena memori smartphone agan-agan penuh. Setiap aplikasi membutuhkan penyimpanan nya sendiri, dan ini bisa menjadi salah satu syarat agar aplikasi dapat berjalan dengan baik.

Untuk itu, biasakan untuk menghapus file-file yang tidak penting (seperti aplikasi, dokumen, foto, video, musik, dll) agar kapasitas memori smartphone agan-agan bisa lebih lega dan dapat menampung aplikasi yang hendak agan gunakan.

Penutup

Oke sekian dulu untuk artikel kali ini semoga bermanfaat bagi agan-agan semua. Silahkan berikan kritik maupun saran di kolom komentar agar saya bisa terus memberikan artikel-artikel menarik dan juga bermanfaat.

Setiap Komentar saran dan kritik dari agan adalah motivasi saya agar terus bisa mengembangkan website ini menjadi lebih baik kedepannya. Saya pamit undur diri dan sampai berjumpa di artikel selanjutnya ya!.

Posting Komentar untuk "6 Penyebab Mengapa Aplikasi sering Berhenti Sendiri"