Widget HTML #1

6 Poin yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Laptop Bekas

6 Poin yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Laptop Bekas

6 Poin yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Laptop Bekas - Tidak hanya smartphone, laptop juga menjadi sebuah alat elektronik yang sering kali dibutuhkan oleh manusia. Karena selain memiliki fungsi untuk bersenang-senang, laptop juga kita gunakan sebagai alat yang membantu pekerjaan kita sehari-hari.

Atau laptop juga dapat digunakan untuk kita yang sedang bersekolah. Dengan begitu, tugas-tugas sekolah kita dapat kita kerjakan melewati laptop. Namun karena harganya yang terbilang tidak terlalu murah, banyak dari kita yang membeli laptop dengan kondisi bekas.

Pasalnya, dengan membeli laptop berkondisi bekas kita jadi mendapatkan laptop dengan spesifikasi yang lebih baik dan lebih bagus dibanding laptop baru dengan harga yang sama dan bisa saja memiliki spesifikasi yang jauh lebih rendah.

Makanya, sebelum agan-agan membeli sebuah laptop bekas ada baiknya untuk melihat artikel berikut ini yang akan membahas beberapa point-point penting yang dapat membantu agan dalam memilih laptop bekas dan juga berkualias.

Oke tanpa perlu banyak basa-basi lagi langsung saja berikut kita ke pembahasannya.

6 Poin yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Laptop Bekas

1. Menyesuaikan Kebutuhan

Yang pertama-tama yang perlu agan perhatikan adalah menyesuaikan kebutuhan. Jadi sebagaimana agan-agan membeli sebuah barang, pastikan agan-agan membeli nya dengan menyesuaikan kebutuhan utama agan.

Dengan begitu, agan-agan paling tidak sudah memiliki gambaran tentang sebuah laptop dari sisi spesifikasi yang dapat menunjang kebutuhan agan pada aktifitas sehari-hari. Jadi agan-agan tidak akan salah dalam memilih dan juga salah dalam mengeluarkan uang.

2. Periksa Kondisi Bodi Laptop

Point yang kedua yang dapat agan perhatikan adalah memeriksa kondisi bodi pada laptop. Meskipun agan-agan membeli dalam kondisi bekas dan pasti bodi laptop tidak semulus ketika membeli dalam kondisi baru, paling tidak agan-agan mendapat laptop dengan kondisi bodi yang normal dan wajar (lecetnya).

Saran saya, jikalau agan-agan memang tidak terlalu mengerti untuk memperbaiki bodi laptop, cari laptop bekas yang kondisi bodi atau fisiknya masih bagus. Tapi jika agan-agan memang paham untuk mengganti bodi laptop dan komponen lainnya, mungkin agan dapat membeli laptop dengan kondisi yang agak buruk karena pasti lebih murah dan menggantinya dengan bodi laptop yang lebih baik.

3. Periksa Kondisi Layar Laptop

Point yang berikutnya adalah dengan memeriksa kondisi layar pada laptop. Karena layar adalah komponen penting agar kita dapat menggunakan laptop dengan baik, agan perlu mencari layar yang kondisinya masih bagus serta tidak ada penyakit seperti shadow atau apapun yang mengganggu penglihatan kita pada layar.

4. Periksa Keyboard dan juga Trackpad

Point yang berikutnya tentu saja memeriksa keyboard dan juga trackpad. Keyboard juga salah satu komponen penting untuk mengetikan instruksi pada laptop, maka cari keyboard yang berfungsi secara normal dan juga fisik yang tidak ada minusnya.

Jikalau trackpad yang rusak, mungkin agan-agan masih bisa menggunakan mouse. Akan tetapi jika ada pilihan trackpad laptop dengan kondisi yang masih normal maka saya sarankan agan-agan memilih yang kondisi normal saja agar masa pakai laptop bisa jauh lebih awet.

5. Periksa Port Komponen Lainnya

Point berikutnya adalah agan-agan perlu memeriksa port komponen lainnya, seperti port USB, CD, kamera, speaker, dll. Karena mau bagaimanapun, dengan membeli laptop bekas yang memiliki kondisi normal akan membuat masa pakai laptop menjadi lebih lama.

6. Periksa Kesehatan Baterai

Point yang berikutnya adalah memeriksa kesehatan baterai. Biasanya, kita menemukan laptop-laptop bekas yang memiliki baterai yang drop. Tentu saja hal ini akan menyulitkan kita, karena laptop memiliki keunggulan dimana dapat dibawa kemana-mana.

Jika kita harus terpaku dengan laptop yang selalu tersambung dengan kabel charge, maka tentu hal itu tidak membuat kita bebas menggunakan laptop. Oleh karena itu, sebelum membeli laptop bekas maka agan-agan harus ketahui kesehatan baterai laptopnya.

Penutup

Oke sekian dulu untuk artikel kali ini semoga bermanfaat bagi agan-agan semua. Silahkan berikan kritik maupun saran di kolom komentar agar saya bisa terus memberikan artikel-artikel menarik dan juga bermanfaat.

Setiap Komentar saran dan kritik dari agan adalah motivasi saya agar terus bisa mengembangkan website ini menjadi lebih baik kedepannya. Saya pamit undur diri dan sampai berjumpa di artikel selanjutnya ya!.

Posting Komentar untuk "6 Poin yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Laptop Bekas"