5 Hal Wajib yang Perlu Diketahui sebelum Membeli Earphone

Jadi dengan menggunakan earphone, kita tidak perlu takut untuk menganggu pendengaran orang lain dan pastinya terlindungi privasinya
5 Hal Wajib yang Perlu Diketahui sebelum Membeli Earphone

5 Hal Wajib yang Perlu Diketahui sebelum Membeli Earphone - Sebagai pengguna smartphone, pastinya kita tidak hanya menggunakannya sebagai sebuah alat komunikasi saja. Akan tetapi smartphone juga dapat kita gunakan sebagai alat pemutar audio.

Untuk itu, kita mungkin saja membutuhkan sebuah gadget bernama earphone. Yap, earphone adalah salah satu pilihan ketika kita ingin mendengarkan musik atau menonton video namun dengan suara yang tidak keluar dari speaker smartphone.

Dengan earphone, tentu ketika kita mendengarkan musik atau menonton video akan terasa lebih baik dan juga lebih terlindungi privasinya. Karena, kita harus memahami bahwa tidak semua orang memiliki selera musik yang sama dengan apa yang kita dengarkan.

Jadi dengan menggunakan earphone, kita tidak perlu takut untuk menganggu pendengaran orang lain dan pastinya setiap audio yang kita dengarkan seperti telpon atau voice note akan terasa lebih terlindungi privasinya.

Karena di zaman sekarang, banyak sekali produsen smartphone yang tidak mencantumkan earphone ketika kita membeli smartphone, tentunya kita harus membeli earphone secara individual. Tapi sebelum agan-agan membeli earphone, ada baiknya agan-agan harus mengerti tentang pemilihan earphone yang cocok dengan agan.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa tips serta pengetahuan sebelum membeli earphone. Oke tanpa perlu banyak basa-basi lagi, langsung saja berikut pembahasannya.

5 Hal Wajib yang Perlu Diketahui sebelum Membeli Earphone

1. Ketahui Kebutuhan Agan Ketika Membeli Earphone

Yang pertama-tama adalah, agan-agan perlu mengetahui kebutuhan mendasar agan-agan membeli earphone. Yang perlu kita ketahui bersama, earphone ini memiliki beberapa jenis. Seperti misalnya earphone sport (yang dikhususkan bagi agan-agan yang senang berolahraga).

Atau earphone biasa yang dipakai untuk mendengarkan musik saja, dan masih ada beberapa lagi. Nah ketika agan-agan memang memfungsikan earphone untuk mendengarkan lagu saja, agan-agan dapat membeli earphone standart namun juga dengan kualitas yang baik.

2. Cek Spesifikasi sebelum Membeli

Yang kedua agan-agan perlu mengetahui atau cek spesifikasi earphone yang hendak agan-agan beli. Meski fungsi mendasar earphone adalah untuk mendengarkan lagu, akan tetapi tiap earphone memiliki output suara yang cukup berbeda-beda.

Ada output suara yang lebih fokus kepada trebble, bass, vocal, dsb. Biasanya agan-agan yang memang memahami dunia audio sangat dapat merasakan perbedaan output dari masing-masing earphone.

3. Jangan Tergiur dengan Harga Earphone yang Murah

Yang selanjutnya adalah agan-agan jangan sampai tergiur dengan harga earphone yang murah. Kalau memang agan tidak memperdulikan spesifikasi atau desain, agan dapat menemukan earphone di harga 20Rb saja.

Tapi jika agan-agan memang tidak punya budget besar atau terbatas, earphone dikisaran harga 80Rb sampai 150Rb sudah cukup memberikan kualitas audio yang baik. Misalnya seperti earphone JBL C100si atau Audio Technica ATH Clr100is sudah cukup-cukup bagus menurut saya.

4. Kenali Bentuk Earphone untuk Kenyamanan Telinga

Yang selanjutnya agan-agan dapat mengenali bentuk earphone agar ketika agan-agan memakainya bisa memberikan kenyamanan terhadap telinga agan. Karena beberapa earphone memiliki jenis seperti earbud, earfit, in-ear, dsb, dan hal itu yang perlu agan ketahui.

5. Beli Earphone dengan Merk dan Bergaransi Jelas

Dan yang terakhir adalah agan-agan dapat membeli earphone yang bermerk serta bergaransi jelas. Hal ini akan membuat masa pakai earphone agan bisa lebih lama atau awet dan kalaupun ada kerusakan dapat agan-agan claim garansi ke service centernya.

Penutup

Oke sekian dulu untuk artikel kali ini semoga bermanfaat bagi agan-agan semua. Silahkan berikan kritik maupun saran di kolom komentar agar saya bisa terus memberikan artikel-artikel menarik dan juga bermanfaat.

Setiap Komentar saran dan kritik dari agan adalah motivasi saya agar terus bisa mengembangkan website ini menjadi lebih baik kedepannya. Saya pamit undur diri dan sampai berjumpa di artikel selanjutnya ya!.

Posting Komentar