Widget HTML #1

5 Hal Mudah Untuk Mengenali Smartphone Palsu atau Asli

5 Hal Mudah Untuk Mengenali Smartphone Palsu atau Asli

5 Hal Mudah Untuk Mengenali Smartphone Palsu atau Asli - Kita pasti mengenal istilah barang KW atau "Kwalitas Wuruk" yang berarti barang tersebut tidak asli atau replika dari barang original yang dikeluarkan oleh suatu brand.

Banyak sekali barang-barang elektronik yang memiliki versi KW nya, tak terkecuali smartphone. Di Indonesia sendiri, kita dapat menemukan banyak sekali smartphone-smartphone KW atau tidak original ini dan bahkan dijual mudah dipasaran.

Tapi jikalau kita lihat di lapangan, barang KW nyatanya lebih laris dari barang original. Kenapa?, ya karna barang KW memiliki harga yang lebih murah jauh dari barang asli atau original nya. Dan biasanya barang-barang KW dipergunakan untuk sekedar "gaya" saja.

Nah bagi agan-agan yang masih terbilang awam, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa tips untuk agan mengenali smartphone palsu atau asli sebelum agan-agan membeli smartphone tersebut.

Oke tanpa perlu banyak basa-basi lagi, langsung saja berikut pembahasannya.

5 Hal Mudah Untuk Mengenali Smartphone Palsu atau Asli

1. Harga yang Lebih Murah dari Barang Original nya

Yang pertama adalah harga yang pastinya lebih murah dari barang originalnya. Seperti yang sudah saya singgung diatas, barang KW memang biasanya memiliki harga yang cukup atau bahkan jauh lebih murah dari barang aslinya.

Misalnya saja ada sebuah smartphone dari brand Samsung dengan harga baru 4 juta, namun ada beberapa orang yang menjual smartphone yang sama dan dalam kondisi baru juga dengan harga 1 juta, nah hal ini yang perlu agan waspadai.

Biasanya, penjual menamakan smartphone tersebut dengan istilah "HDC" atau smartphone replika. Memang dari segi fisik, mungkin agan-agan akan menemukan kemiripan 95%, tetapi software hingga hardware smartphone replika tidak bisa menipu kita.

2. Bodi yang Berbeda dari Barang Original nya

Yang kedua adalah bodi yang berbeda dari barang originalnya. Seperti yang sudah saya katakan di point nomor 1, bodi pada smartphone palsu atau replika itu pasti ada perbedaan nya meskipun sedikit. Misal pada bagian kamera atau bagian layar.

Jika smartphone asli menggunakan 3 lensa kamera, di smartphone replika agan-agan tetap menggunakan 3 lensa kamera tapi yang asli biasanya hanya 1 buah saja, sisanya tempelan. Atau jika bagian layar di smartphone asli bisa lebih luas, di smartphone replika layarnya bisa lebih sempit. Jadi agan-agan memang harus pintar memilih atau paling tidak tau smartphone yang hendak agan beli.

3. Fitur hingga Kualitas Kamera

Yang selanjutnya adalah fitur hingga kualitas kamera. Mengapa fitur kamera menjadi point penting dalam mengenali smartphone itu asli atau tidak?, karena teknologi kamera di smartphone asli dan KW itu sangat-sangat jauh berbeda.

Tidak hanya dari fitur-fitur yang ditawarkan, tapi dari hasil tankapan foto hingga video akan sangat-sangat jauh berbeda dari yang asli. Karena kamera sangat sulit untuk ditiru oleh smartphone replika, biasanya mereka para pembuat smartphone replika hanya menggunakan kamera seadanya.

4. Cek Spesifikasi lewat Aplikasi Pihak Ketiga

Yang selanjutnya yang bisa agan-agan lakukan adalah mengecek spesifikasi smartphone lewat aplikasi pihak ketiga. Contoh, Jika pada smartphone asli menggunakan chipset Snapdragon 888, bisa saja di smartphone replikasi malah menggunakan chipset Mediatek MT6752 atau apapun dan berbeda dari spesifikasi aslinya.

Meskipun perlu agan-agan ketahui, sekarang para pembuat smartphone replika sudah semakin pintar dan membuat aplikasi pihak ketiga pun kadang terkecoh untuk membaca spesifikasi smartphone replika. Jadi agan-agan memang perlu untuk lebih selektif sebelum membeli smartphone.

5. Cek Kesesuaian Sistem Operasi

Dan yang terakhir agan-agan perlu mengecek kesesuaian sistem operasi. Hal ini cocok untuk mengecek smartphone iPhone yang KW, karena biasanya iPhone yang KW tidak menggunakan sistem operasi iOS tapi menggunakan Android.

Jika iPhone menggunakan sistem operasi Android, maka sudah jelas iPhone tersebut adalah iPhone replika. Dan semua fitur iPhone tidak bisa agan gunakan (seperti iCloud, dsb) dan hanya sekedar hiasan belaka.

Penutup

Oke sekian dulu untuk artikel kali ini semoga bermanfaat bagi agan-agan semua. Silahkan berikan kritik maupun saran di kolom komentar agar saya bisa terus memberikan artikel-artikel menarik dan juga bermanfaat.

Setiap Komentar saran dan kritik dari agan adalah motivasi saya agar terus bisa mengembangkan website ini menjadi lebih baik kedepannya. Saya pamit undur diri dan sampai berjumpa di artikel selanjutnya ya!.

Posting Komentar untuk "5 Hal Mudah Untuk Mengenali Smartphone Palsu atau Asli"