Widget HTML #1

3 Cara Paling Mudah Mengatasi Memori Smartphone yang Hampir Penuh

3 Cara Paling Mudah Mengatasi Memori Smartphone yang Hampir Penuh

3 Cara Paling Mudah Mengatasi Memori Smartphone yang Hampir Penuh - Sebagai pengguna smartphone, pastinya kita tidak hanya menggunakan smartphone sebagai alat komunikasi atau hiburan saja seperti menonton video, mendengarkan lagu, bermain game, dsb.

Dengan adanya smartphone, kita juga dapat memanfaatkan nya sebagai penyimpanan data pribadi kita. Dan oleh karena itu kita dapat menggunakan memori internal atau bawaan dari smartphone sebagai tempat penyimpanan.

Hanya saja, memori internal juga digunakan oleh sistem smartphone untuk menaruh aplikasi dan data-datanya. Jadi kita tidak bisa leluasa untuk menggunakan memori internal, meski untuk sekarang sih sudah cukup banyak smartphone yang memberikan memori internal besar bahkan hingga 1TB.

Tapi bagaimana untuk agan-agan yang masih menggunakan smartphone lama atau memori internalnya yang cukup kecil dibawah 32GB dan sudah mulai penuh?. Tenang saja, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit tips bagi agan-agan untuk mengatasinya.

Oke tanpa perlu banyak basa-basi lagi langsung saja berikut pembahasannya.

3 Cara Paling Mudah Mengatasi Memori Smartphone yang Hampir Penuh

1. Pindahkan Data Pribadi ke Memori Eksternal

Yang pertama-tama yang dapat agan-agan lakukan adalah memindahkan data-data pribadi ke memori eksternal. Karena seperti yang sudah disinggung tadi, memori internal juga digunakan oleh sistem smartphone itu sendiri untuk menyimpan aplikasi serta data-datanya.

Jadi agan-agan dapat menggunakan memori eksternal dan agan dapat membeli sesuai dengan kebutuhan dan juga kesesuaian dengan spesifikasi smartphone agan-agan.

2. Hapus File Cache yang Tersimpan di Memori Internal

Yang kedua adalah agan-agan dapat menghapus file cache yang tersimpan dan tertimbun di memori internal. File cache adalah data yang disimpan secara sementara di memori ponsel ketika agan menggunakan sebuah aplikasi.

Tapi agan-agan dapat menghapus secara sekaligus file cache ini dengan masuk ke pengaturan - penyimpanan - memori internal - hapus data cache. Memang file nya tidak terlalu besar, tapi jika tidak pernah agan-agan hapus bisa saja file tersebut menjadi menumpuk.

3. Hapus Folder .Thumbnails

Yang selanjutnya adalah agan-agan dapat menghapus folder .thumbnails di memori internal agan. File thumbnails ini berisi potongan foto dari file foto ataupun video yang berfungsi sebagai preview file foto hingga video aslinya.

Lagi-lagi memang file ini tidak terlalu besar size nya, karena thumbnails menggunakan gambar kecil saja sebagai preview dari file aslinya. Tapi bisa dibayangkan ketika foto atau video agan di smartphone sangat banyak, tentunya besar ukuran file thumbnails juga ikut bertambah besar.

Penutup

Oke sekian dulu untuk artikel kali ini semoga bermanfaat bagi agan-agan semua. Silahkan berikan kritik maupun saran di kolom komentar agar saya bisa terus memberikan artikel-artikel menarik dan juga bermanfaat.

Setiap Komentar saran dan kritik dari agan adalah motivasi saya agar terus bisa mengembangkan website ini menjadi lebih baik kedepannya. Saya pamit undur diri dan sampai berjumpa di artikel selanjutnya ya!.

Posting Komentar untuk "3 Cara Paling Mudah Mengatasi Memori Smartphone yang Hampir Penuh"