Widget HTML #1

Tips Mencegah Layar Smartphone menjadi Shadow atau Burn-in

Tips Mencegah Layar Smartphone menjadi Shadow atau Burn-in

Tips Mencegah Layar Smartphone menjadi Shadow atau Burn-in - Sebagai seorang pengguna smartphone (terutama) android dan juga ios, apalagi smartphone nya memakai layar AMOLED atau OLED pastinya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya shadow atau burn-in.

Shadow atau burn-in adalah sebuah bekas pada layar yang membuat layar smartphone kita seperti berbayang atau aplikasi yang sebelumnya kita gunakan dan kita tutup seperti masih tertinggal bekasnya di layar smartphone kita.

Nah hal ini sering sekali terjadi, namun terkadang kitanya sendiri yang memang tidak memahami atau ketika dalam pemakaian smartphone yang bertipe AMOLED ataupun OLED terlalu "Barbar" sehingga layar dapat burn-in atau shadow.

Nah pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa tips untuk agan-agan semua agar terhindar dari yang namanya layar burn-in atau shadow. Daripada banyak basa-basi lagi langsung saja berikut pembahasannya.

Tips Mencegah Layar Smartphone menjadi Shadow atau Burn-in dengan Mudah!

1. Atur Layar agar Mati secara Otomatis

Yang pertama adalah agan-agan dapat mengatur layar smartphone agar mati secara otomatis kalau bisa dibawah 1 menit. Mengapa?, agar layar tidak terlalu berlama-lama menyala dalam keadaan tidak terpakai dan hal ini juga berdampak baik tidak hanya pada layar namun juga kepada baterai. Jadi setting layar mati otomatis dibawah 1 menit.

2. Gunakan Brightness yang Rendah

Yang kedua adalah agan-agan bisa menggunakan brightness atau kecerahan layar pada settingan terendah atau setidaknya nyaman pada mata agan. Lagi-lagi ini tidak hanya berpengaruh positif terhadap layar smartphone akan tetapi juga dengan baterai agar lebih awet.

3. Gunakan Mode Gelap

Yang selanjutnya adalah agan-agan dapat menggunakan mode gelap. Dengan mode gelap (atau dark mode) ini secara otomatis maka sistem dan beberapa aplikasi (yang memang support dark mode) akan berubah menjadi warna hitam dan tentu hal ini bermanfaat dalam mencegah layar menjadi burn-in atau shadow.

4. Gunakan Wallpaper Gelap

Yang selanjutnya adalah agan-agan dapat menggunakan wallpaper dengan warna yang gelap seperti hitam. Karena dengan warna hitam adalah warna yang ramah dengan layar OLED ataupun layar AMOLED.

5. Non-aktifkan Fitur Always On Display (AOD)

Dan tips terakhir yang dapat agan-agan lakukan adalah menonaktifkan fitur always on display pada smartphone seri lama. Karena fitur always on display pada seri lama bisa dibilang memiliki animasi yang menetap pada 1 posisi saja. Tidak seperti pada smartphone baru yang fitur AOD nya memiliki atau merubah posisi jam secara terus menerus.

Penutup

Oke sekian dulu untuk artikel kali ini semoga bermanfaat bagi agan-agan semua. Silahkan berikan kritik maupun saran di kolom komentar agar saya bisa terus memberikan artikel-artikel menarik dan juga bermanfaat.

Setiap Komentar saran dan kritik dari agan adalah motivasi saya agar terus bisa mengembangkan website ini menjadi lebih baik kedepannya. Saya pamit undur diri dan sampai berjumpa di artikel selanjutnya ya!.

Posting Komentar untuk "Tips Mencegah Layar Smartphone menjadi Shadow atau Burn-in"