Widget HTML #1

7 Tips Agar Hasil Foto Lebih Keren Hanya dengan Kamera Smartphone

7 Tips Agar Hasil Foto Lebih Keren Hanya dengan Kamera Smartphone

7 Tips Agar Hasil Foto Lebih Keren Hanya dengan Kamera Smartphone - Smartphone atau ponsel pintar kini sudah seperti sebuah barang kebutuhan yang harus dimiliki oleh semua orang, tidak hanya yang muda tapi juga mereka yang mungkin menuju usia tua.

Dan kini smartphone tidak hanya digunakan sebagai sebuah alat untuk berkomunikasi saja dengan orang-orang, akan tetapi smartphone dapat kita manfaatkan untuk hal lain misalnya saja fotografi. Yap kamu tidak salah dengar, kini smartphone dapat kita gunakan sebagai alat pengganti kamera digital.

Dengan kemajuan teknologi yang semakin berkembang, kini kamera smartphone sudah sangat bervariasi. Bervariasi yang dimaksud disini adalah mulai dari jumlah kamera, bentuk posisi kamera, jumlah resolusi kamera, hingga jenis-jenis dari kamera tersebut.

Makanya, kini kita tidak perlu menggunakan kamera digital untuk mengembangkan bakat kita pada bidang fotografi ya meskipun kalau kita mau lebih profesional maka kita perlu menggunakan kamera digital asli daripada smartphone.

Tapi hasil dari beberapa kamera smartphone sekarang sudah sangat-sangat baik sekali, apalagi untuk sekelas smartphone flagship dari Samsung ataupun Apple. Nah bagaimana sih caranya agar kita bisa lebih memaksimalkan kamera pada smartphone kita untuk hasil fotonya?.

Pada kesempatan kali ini saya ingin memberikan sebuah informasi atau tips agar hasil foto bisa menjadi lebih keren hanya dengan kamera dari smartphone agan-agan semua. Oke tanpa perlu banyak basa-basi lagi langsung saja berikut pembahasannya.

7 Tips Agar Hasil Foto Lebih Keren Hanya dengan Kamera Smartphone

1. Gunakan Smartphone yang Tepat!

Yang pertama-tama dan yang paling mendasar adalah agan-agan perlu menggunakan smartphone yang tepat. Jika agan-agan memiliki kebutuhan pada sebuah smartphone dari segi kameranya, maka agan-agan perlu menggunakan smartphone yang memang mendukung hal itu.

Misalnya saja, untuk sekarang ini jika agan-agan memang punya budget berlebih untuk membeli smartphone maka agan-agan dapat membeli smartphone dari Apple yaitu iPhone 12 Pro Max atau jika agan ingin menggunakan Android, maka agan-agan dapat menggunakan Samsung Galaxy S21 Ultra.

Memang, agan-agan tidak perlu membeli smartphone yang mahal kok untuk mendapatkan kepuasan ketika mengambil gambar. Namun perlu di ingatkan bahwa agan-agan harus lebih selektif sebelum membeli dan mencari informasi terkait smartphone tersebut apakah bagus hasil kameranya atau tidak.

2. Pahami Komposisi ketika mengambil Gambar

Yang kedua agan-agan perlu memahami komposisi ketika sedang mengambil gambar. Mengapa kita harus memahami komposisi ketika mengambil gambar?, karena jika kita mengambil gambar dengan asal-asalan maka belum tentu hasilnya akan bagus juga.

Jadi memahami komposisi itu perlu, memang tidak wajib sih tapi untuk memaksimalkan hasil foto agan-agan maka harus dipahami dulu, intinya sih agar hasil bisa lebih maksimal.

3. Cari Posisi Cahaya atau Gunakan Bantuan Cahaya

Yang selanjutnya adalah agan-agan perlu mencari posisi cahaya yang tepat ketika hendak mengambil gambar. Atau jika memang agan-agan mengambil gambar pada malam hari dan sangat minim dengan cahaya maka agan-agan perlu menggunakan bantuan lampu sebagai cahayanya.

Ada beberapa jenis pengambilan gambar yang memang tidak membutuhkan cahaya atau bahkan harus menjauhi cahaya, seperti misalnya dalam mengambil gambar langit dan aurora. Hal itu pastinya kita harus menjauhkan segala macam cahaya dan memfokuskannya kepada langit malam agar foto dapat menangkap hasil yang maksimal.

Tapi jika agan-agan memang mengambil gambar yang lain dan membutuhkan cahaya maka wajib menggunakan bantuan lampu atau mungkin lightning khusus foto agar hasil foto dapat menjadi lebih bagus.

4. Atur Fokus dengan Objek yang Diambil

Yang selanjutnya agan-agan harus mengatur fokus dengan objek yang diambil. Ini berlaku jika agan-agan memang mengambil foto serangga atau hal-hal yang mungkin kecil atau biasa disebut teknik makro. Tapi jika memang mengambil foto seperti gedung atau lainnya, tetap harus fokus tapi tidak fokus ke satu objek saja

5. Gunakan Mode Profesional

Yang selanjutnya agan-agan perlu menggunakan mode profesional pada kamera smartphone agan. Mengapa harus mode profesional, tidak mode auto saja?, karena dengan mode profesional maka agan-agan dapat mengatur hasil foto menjadi lebih maksimal dan sesuai dengan keinginan agan.

Namun di beberapa smartphone, mode profesional ini tidak tersedia, jadi agan-agan bisa saja perlu menginstall aplikasi kamera lain yang memiliki dan mendukung fitur profesional.

6. Gunakan Fitur HDR

Yang selanjutnya adalah agan-agan dapat menggunakan mode HDR. Apa itu mode HDR?, HDR (atau singkatan dari High Dynamic Range) adalah sebuah fitur pada kamera smartphone yang berfungsi untuk mereproduksi sebuah jangkauan pencahayaan dinamis yang lebih besar dibanding menggunakan teknik fotografis standart.

Jadi agan-agan dapat menggunakan mode HDR ini jika merasa hasil gambar kurang tajam dan kurang baik. Mode HDR ini hampir seluruh kamera smartphone mendukung, terkecuali mode profesional yang tidak semua smartphone mendukung.

7. Stabilkan Tangan ketika Hendak Mengambil Gambar

Dan yang terakhir adalah agan-agan perlu menstabilkan tangan ketika hendak mengambil gambar. Karena jika tangan agan gemetar, maka hasil gambar pun juga akan menjadi tidak bagus dan tidak sempurna.

Jika agan-agan memang memiliki kekurangan atau sering kali tangannya gemetar ketika mengambil gambar lewat smartphone, agan-agan bisa menggunakan tripod atau alat lainnya untuk menjadi sebuah "pegangan" smartphone saat mengambil sebuah gambar.

Penutup

Oke sekian dulu untuk artikel kali ini semoga bermanfaat bagi agan-agan semua. Silahkan berikan kritik maupun saran di kolom komentar agar saya bisa terus memberikan artikel-artikel menarik dan juga bermanfaat.

Setiap Komentar saran dan kritik dari agan adalah motivasi saya agar terus bisa mengembangkan website ini menjadi lebih baik kedepannya. Saya pamit undur diri dan sampai berjumpa di artikel selanjutnya ya!.

Posting Komentar untuk "7 Tips Agar Hasil Foto Lebih Keren Hanya dengan Kamera Smartphone"