Widget HTML #1

5 Tips Membuat Password yang Kuat dan Tidak Mudah Dibobol Orang lain

5 Tips Membuat Password yang Kuat dan Tidak Mudah Dibobol Orang lain

5 Tips Membuat Password yang Kuat dan Tidak Mudah Dibobol Orang lain - Kita pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah password. Tapi sebelum itu, agan-agan tau tidak sih apa arti atau pengertian secara lengkap dari password tersebut?.

Dikutip dari Wikipedia, Password (atau dalam bahasa Indonesia berarti kata sandi) adalah sekumpulan karakter atau string yang digunakan oleh pengguna jaringan atau sebuah sistem operasi yang mendukung banyak pengguna untuk memverifikasi identitas dirinya kepada sistem keamanan yang dimiliki oleh jaringan atau sistem tersebut.

Jadi ketika agan-agan mempunyai sebuah akun yang memuat data diri, biasanya akan ada password yang menjadi sebuah cara verifikasi apakah akun yang memuat data-data pribadi tersebut memang punya agan atau tidak.

Fungsi password ini sangat penting bagi kita, coba agan-agan bisa bayangkan ketika agan menaruh sebuah file yang bersifat rahasia namun agan tidak memberikannya password melainkan hanya email saja, bisa jadi file agan mudah diretas oleh orang lain yang mungkin punya niat jahat kepada agan.

Bahkan dengan adanya password saja, terkadang akun kita masih bisa diretas oleh orang lain karena password yang kita gunakan itu kurang kuat atau mudah sekali untuk ditebak. Nah oleh karena itu disini saya akan memberikan beberapa tips untuk agan-agan agar membuat password yang lebih rumit agar tidak mudah diretas oleh orang lain.

Penasaran?, oke langsung saja daripada banyak basa-basi berikut pembahasannya.

5 Tips Membuat Password yang Kuat dan Tidak Mudah Dibobol Orang lain

1. Buat Kata Sandi Lebih dari 8 Karakter

yang pertama adalah agan-agan dapat membuat kata sandi atau password lebih dari 8 karakter. Memang standar minimum karakter sebuah password itu adalah 8, tapi karena semakin kesini para peretas semakin mudah untuk mengambil alih password kita, maka buatlah password dengan karakter lebih dari 8.

Saya pernah dengar dari salah satu pakar keamanan internet (bisa dicek di channel Youtube DK ID di salah satu videonya) bahwa semakin banyak password yang kita punya maka akan semakin lama juga si peretas menebak dan mengambil alih akun kita, dan hal itu bagus untuk keamanan akun kita.

2. Gunakan dan Kombinasikan Jenis Karakter yang Berbeda

Yang kedua adalah gunakan dan kombinasikan jenis karakter yang berbeda. Maksudnya adalah agan-agan dapat membuat password yang menggunakan huruf kapital, huruf  kecil, angka, ataupun simbol-simbol. Contohnya : AkuTampann@#1267 (16 Karakter)

3. Buat Kata Sandi yang Panjang

Yang selanjutnya adalah buat kata sandi yang panjang. Semakin panjang password yang agan buat maka akan mempersulit si peretas untuk mengambil alih akun yang agan punya. Dan yang paling direkomendasikan adalah sebanyak 16 karakter dan lagi-lagi agar dikombinasikan menggunakan 3 jenis karakter seperti pembahasan nomor 2 diatas.

4. Hindari Menggunakan Kata Sandi yang Mudah Ditebak

Yang selanjutnya yaitu menghindari menggunakan kata sandi yang mudah ditebak. Mudah ditebak yang bagaimana?, misalnya seperti nama agan sendiri, atau tempat dan tanggal lahir, dsb. Hal-hal seperti itu harus dihindari karena mudah sekali untuk ditebak. Atau kalau mau, silahkan agan-agan kombinasikan agar lebih rumit untuk orang lain ketahui.

5. Bedakan Kata Sandi untuk Setiap Akun

Dan yang terakhir adalah membedakan kata sandi untuk setiap akun. Jadi ketika agan-agan mempunyai akun lebih dari 1, buatlah password yang berbeda untuk setiap akunnya, karena hal ini dilakukan untuk mencegah para peretas mengetahui dengan mudah kata sandi yang agan miliki untuk setiap akun yang agan punya.

Jadi kalau agan-agan memang pelupa atau tidak ingin ribet, agan-agan bisa memodifikasi password tersebut agar lebih berbeda dari satu akun ke akun lainnya. Misal agan bisa menambahkan angka atau simbol yang berbeda, intinya agar tidak sama dengan satu akun ke akun lainnya.

Penutup

Oke sekian dulu untuk artikel kali ini semoga bermanfaat bagi agan-agan semua. Silahkan berikan kritik maupun saran di kolom komentar agar saya bisa terus memberikan artikel-artikel menarik dan juga bermanfaat.

Setiap Komentar saran dan kritik dari agan adalah motivasi saya agar terus bisa mengembangkan website ini menjadi lebih baik kedepannya. Saya pamit undur diri dan sampai berjumpa di artikel selanjutnya ya!.

Posting Komentar untuk "5 Tips Membuat Password yang Kuat dan Tidak Mudah Dibobol Orang lain"