Widget HTML #1

Tips Belanja Online Agar Barang bisa Lebih Cepat dan Tepat Sampai Kepada Kita

Tips Belanja Online Agar Barang bisa Lebih Cepat dan Tepat Sampai Kepada Kita

Tips Belanja Online Agar Barang bisa Lebih Cepat dan Tepat Sampai Kepada Kita - Sebelum adanya teknologi yang canggih seperti sekarang ini, kita biasa berbelanja secara offline atau berbelanja secara langsung dengan mendatangi toko yang memang menjual apa yang kita butuhkan.

Namun kini, ketika semua sudah bisa kita lakukan secara online maka tidak hanya soal komunikasi, namun juga soal berbelanja berbagai macam kebutuhan kita seperti barang elektronik, perkakas rumah tangga, kendaraan, hingga makanan serta sayur-sayuran dapat kita beli secara online.

Oleh karena itu, kita sudah harus mulai membuka wawasan kita dan pengetahuan kita terhadap belanja online ini. Memang berbelanja online ataupun offline pastinya memiliki kekurangan dan juga kelebihan. Misal, jika kita berbelanja offline maka kekurangannya adalah kurang efisien.

Mengapa?, karena kita membutuhkan waktu dan juga sebuah kendaraan (jika jauh) untuk menuju ke toko yang menjual kebutuhan kita. Belum lagi sampai toko tersebut ternyata barang yang kita cari-cari atau sedang kita butuhkan secara segera malah tidak tersedia, maka kita harus mencari ditoko yang lain.

Memang sih, kelebihan dari berbelanja secara offline adalah kita bisa mendapatkan barang nya saat itu juga. Tidak seperti ketika kita berbelanja online, memang lebih efisien karena kita hanya memanfaatkan gadget kita seperti smartphone dan juga laptop, lalu mengakses e-commerce dan membeli barang yang kita cari.

Akan tetapi kita juga harus menunggu beberapa hari sampai barang kita sampai kepada kita. Dan setiap pengataran pasti membutuhkan biaya "ongkir" lagi dan berbeda-beda pula harga ongkos kirimnya. Tapi semua kembali lagi kepada kita selalu pembeli, ingin memanfaatkan teknologi berbelanja online atau tetap berbelanja secara offline.

Nah untuk kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa tips untuk agan-agan yang mungkin pertama kali berbelanja online atau belum tau bagaimana cara berbelanja online yang benar. Setiap orang pasti ingin barangnya cepat sampai bukan?.

Oleh karena itu, saya akan memberikan tips supaya barang yang kita beli secara online dapat sampai dengan cepat dan tepat kepada kita. Bagaimana caranya?, langsung saja daripada banyak basa-basi berikut pembahasannya.

Tips Agar Barang yang Dibeli Secara Online bisa Cepat dan Tepat Sampai kepada Kita!

1. Cari Seller yang Memiliki Konsistensi Waktu Pemrosesan Barang

Yang pertama adalah agan-agan bisa mencari seller yang memiliki jadwal waktu pengiriman yang "konsisten" setiap harinya. Maksudnya bagaimana?, banyak kita temukan seller atau penjual yang menuliskan kalimat ini di deskripsi toko atau barangnya seperti :

"Untuk jadwal pengiriman : Jika barang dibeli pada jam 12:00 sampai 15:00 maka akan dikirimkan hari ini juga. Jika barang dibeli lewat dari jam 15:00 maka akan diproses esok hari bersamaan dengan barang yang lain yang masuk esok hari".

Nah maka ada kejelasan dari seller tentang pemrosesan barang yang agan beli. Jadi agan bisa memperkirakan kira-kira barang sampai kepada agan. Atau jika memang tidak ada kejelasan pada deskripsi toko maupun barang, maka agan-agan dapat mengirimkan chat untuk menanyakan tentang pemrosesan barang kepada seller.

2. Cari Seller yang Lokasinya Dekat dengan Kita

Yang kedua yaitu agan-agan dapat mencari seller yang berada pada lokasi tidak jauh dari daerah agan. Contoh, agan-agan tinggal di Jakarta Pusat maka agan-agan bisa mencari seller yang mungkin lokasinya disekitaran Jakarta Pusat, atau agan bisa cari seller di daerah JABODETABEK.

Mengapa?, agar barang ketika dikirimkan oleh kurir tidak terlalu jauh. Namun hal ini juga kembali lagi dari kecepatan seller memproses barang dan juga kurir dalam mengantarkan barang kepada lokasi kita. Biasanya barang yang kita beli dari seller yang tidak terlalu jauh dari lokasi kita berkisar di 1-2 hari pengiriman.

Beda lagi jika agan-agan membeli barang dari luar negeri seperti China/Tiongkok, Amerika, dsb. Biasanya paket akan sampai dalam waktu paling cepat 1-2 Minggu dalam perjalanan. Dan ada resiko barang ditahan oleh pihak BEA Cukai jika barang tersebut memang melanggar ketentuan.

3. Pilih Kategori Pengiriman Kilat

Yang selanjutnya adalah agan-agan dapat memakai jasa pengiriman dengan kategori kilat, express, dsb. Karena dengan kategori ini, maka paket agan akan lebih diprioritaskan untuk lebih cepat sampai daripada kategori pengiriman biasa atau reguler.

Namun jika seller berada pada lokasi yang tidak jauh dari lokasi agan, biasanya kategori regular pun juga cukup cepat sampainya. Mungkin estimasi barang sampai kepada agan adalah 1-2 hari pengiriman.

4.  Isi Data Diri dengan Lengkap dan Benar

Dan yang terakhir adalah mengisi data diri (seperti nama lengkap, nomor telpon yang bisa dihubungi dan aktif, alamat lengkap sampai nomor rumah dan juga nomor RT/RW, dll). Mengapa?, karena hal ini dapat mempermudah kurir mengantarkan paket kepada agan-agan.

Jika agan-agan mengisi berbagai macam informasi tersebut secara asal dan tidak melengkapi alamat penerima maka jangan salahkan kurir ketika lama mengantarkan paket tersebut. Lagi-lagi kita sebagai pembeli yang berperan penting dalam berbelanja online.

Semakin kesini semakin banyak orang-orang yang mungkin bisa dibilang belum tau bagaimana sistem berbelanja online hingga membuat kerugian dari pihak kurir hingga seller nya. Jadi sebagai pengguna smartphone, maka utamakan juga kita harus smart ya!. Jadilah pembeli yang baik dengan menghargai penjual dan juga kurir selaku pengantar barang.

Penutup

Oke sekian dulu untuk artikel kali ini semoga bermanfaat bagi agan-agan semua. Silahkan berikan kritik maupun saran di kolom komentar agar saya bisa terus memberikan artikel-artikel menarik dan juga bermanfaat.

Setiap Komentar saran dan kritik dari agan adalah motivasi saya agar terus bisa mengembangkan website ini menjadi lebih baik kedepannya. Saya pamit undur diri dan sampai berjumpa di artikel selanjutnya ya!.

Posting Komentar untuk "Tips Belanja Online Agar Barang bisa Lebih Cepat dan Tepat Sampai Kepada Kita"