Widget HTML #1

Cara Mudah Mengetahui Kebocoran Data pada Email Kita

Cara Mudah Mengetahui Kebocoran Data pada Email Kita

Cara Mudah Mengetahui Kebocoran Data pada Email Kita - Baru-baru ini sedang hangat diperbincangkan bahwasannya data diri masyarakat indonesia bocor dan dijual oleh salah satu user di sebuah forum internasional.

Hal ini dapat terjadi karena sang peretas mencoba mencari celah pada salah satu situs pemerintahan di Indonesia dan akhirnya data tersebut bisa ia dapatkan dan ia jual. Pastinya kita sebagai masyarakat yang mungkin masih awam akan hal ini menjadi cukup khawatir.

Karena bisa saja data diri kita digunakan untuk hal-hal yang sifatnya kurang baik dan mungkin dapat membahayakan kita. Namun meski begitu, pemerintah Indonesia sudah mulai mencoba untuk memperbaiki semua permasalahan ini, dan kita harus mendukung pemerintah agar cepat menyelesaikannya.

Tidak hanya pemerintah, kita sebagai masyarakat juga harusnya mulai menghindari hal-hal yang memungkinkan data pribadi kita bocor, salah satunya adalah dari email. Karena dengan akun email, biasanya memuat data diri seperti nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, dsb.

Untuk itu ada sebuah website yang disarankan oleh pemerintah (bersumber dari liputan Metrotvnews dalam akun youtubenya pada 23 Mei 2021) untuk kita mengecek email kita apakah data email kita bocor atau tidak.

Oke tanpa perlu banyak basa-basi lagi, langsung saja berikut ini pembahasannya.

Cara Mudah Mengetahui Kebocoran Data pada Email Kita

1. Buka Website Haveibeenpwned

Cara Mudah Mengetahui Kebocoran Data pada Email Kita

Agan-agan silahkan buka website Haveibeenpwned. Website ini berfungsi untuk melacak email yang agan punya apakah tersambung dengan berbagai macam platform (seperti marketplace, situs web, dsb) dan apakah data pribadi agan bocor.

2. Masukan Email pada Kolom yang Tersedia lalu Klik "Pwned?"

Setelah itu agan-agan silahkan masukan email agan pada kolom yang sudah tersedia, lalu setelah itu klik pwned?. Akan ada 2 hasil yang berbeda, yaitu :

- Aman
Cara Mudah Mengetahui Kebocoran Data pada Email Kita

Jika email agan-agan aman dari kebocoran data, maka akan muncul tampilan seperti itu, dengan latar berwarna hijau dan terdapat tulisan Good news - No pwnage found!. Maka agan-agan bisa sedikit lebih tenang karena email yang agan miliki aman.

- Tidak Aman
Cara Mudah Mengetahui Kebocoran Data pada Email Kita

Yang kedua adalah tidak aman, jika setelah discan dan muncul latar warna merah dan terdapat tulisan Oh no - Pwened!. Nanti agan-agan bisa scroll kebawah dan akan muncul platform mana saja yang sekiranya memuat data pribadi agan.

Setelah agan-agan mengetahui data mana saja yang bocor, agan-agan dapat menghapus atau merubah dan memperkuat email tersebut dengan berbagai macam cara, seperti merubah kata sandi dengan huruf, angka dan juga simbol, atau agan-agan bisa mengaktifkan fitur otentikasi 2 faktor.

Penutup

Oke sekian dulu untuk artikel kali ini semoga bermanfaat bagi agan-agan semua. Silahkan berikan kritik maupun saran di kolom komentar agar saya bisa terus memberikan artikel-artikel menarik dan juga bermanfaat.

Setiap Komentar saran dan kritik dari agan adalah motivasi saya agar terus bisa mengembangkan website ini menjadi lebih baik kedepannya. Saya pamit undur diri dan sampai berjumpa di artikel selanjutnya ya!.

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Mengetahui Kebocoran Data pada Email Kita"