Widget HTML #1

Aplikasi Android yang Seharusnya Tidak Perlu Diinstall

Aplikasi Android yang Seharusnya Tidak Perlu Diinstall

Aplikasi Android yang Seharusnya Tidak Perlu Diinstall - Sebagai pengguna smartphone, pastinya kita sudah tidak asing lagi dengan yang namanya aplikasi. Dalam pengertiannya, aplikasi adalah sebuah software (perangkat lunak) yang menggabungkan beberapa fitur tertentu dengan cara yang dapat diakses oleh para penggunanya.

Nah di Google Playstore (android) dan Apps Store (IOS), kita dapat menemukan jutaan aplikasi yang menyediakan layanan-layanan tertentu. Ada yang sifatnya sebagai layanan untuk jejaring sosial media atau komunikasi, ada juga yang sifatnya sebagai hiburan, game, dll.

Namun diantara jutaan aplikasi-aplikasi tersebut, tidak semuanya dapat kita manfaatkan. Ada beberapa aplikasi yang dibuat oleh orang-orang tertentu yang tujuan nya hanya sebagai pencari keuntungan saja. Karena yang seperti kita tau, beberapa aplikasi memang tidak memiliki pembayaran tertentu didalamnya, namun menyisipkan banyak iklan sebagai salah satu alat mendapatkan keuntungan.

Jadi perlu kita ingat, tidak semua aplikasi perlu diinstall pada smartphone kita. Seperti beberapa aplikasi-aplikasi berikut ini yang mungkin tidak seharusnya agan install atau dalam kata lain "kurang penting" untuk diinstall.

Oke tanpa perlu banyak basa-basi lagi, langsung saja kita ke pembahasannya.

Aplikasi-aplikasi Android yang Seharusnya Tidak Perlu Diinstall

1. Aplikasi Antivirus

Yang pertama ialah aplikasi antivirus. Menurut saya dan beberapa pengguna smartphone kebanyakan, aplikasi antivirus pada smartphone sebenarnya tidak terlalu efektif untuk mengatasi atau sekedar menyaring berbagai virus yang ada pada smartphone kita.

Dan untuk beberapa smartphone terbaru sekarang sudah menyediakan antivirus bawaan yang dapat kita gunakan, tanpa perlu kita mendownload lagi aplikasi antivirus di Google playstore. Tapi apakah bermanfaat?, pendapat saya tidak terlalu bermanfaat.

Langkah yang bisa agan-agan ambil ketika smartphone terkena virus (seperti virus yang membuat smartphone muncul iklan, atau membuat smartphone menjadi lemot, atau bahkan menambahkan aplikasi tanpa kita install) adalah dengan mereset ulang sistem secara keseluruhan.

2. Aplikasi Penghemat Baterai

Yang kedua adalah aplikasi penghemat baterai. Pada beberapa smartphone terbaru sekarang sudah mencantumkan fitur battery saver atau penghemat baterai yang bahkan lebih baik dibanding aplikasi yang ada di Google Playstore.

3. Aplikasi Pendingin Smartphone

Yang selanjutnya adalah aplikasi pendingin smartphone, aplikasi ini kurang efektif mengingat aplikasi ini hanya berjalan pada "atas" sistem saja, jadi tidak menyeluruh. Kecuali smartphone agan-agan sudah dalam keadaan root, maka agan-agan dapat menggunakan aplikasi khusus yang berjalan kedalam sistem dan memakai akses root.

4. Aplikasi Pembersih Sampah

Dan yang terakhir ialah aplikasi pembersih sampah. Lagi-lagi karena smartphone terbaru sekarang sudah memiliki fitur ini dan bahkan lebih baik dari aplikasi-aplikasi yang ada di Google Playstore, jadi agan-agan tidak perlu mendownload lagi aplikasi-aplikasi tersebut dan gunakan aplikasi yang sudah tersedia dari sistem.

Penutup

Memang tidak ada larangan mengenai aplikasi-aplikasi diatas untuk didownload, akan tetapi semakin kesini brand-brand smartphone sudah membekali sistem smartphone mereka dengan berbagai macam fitur yang mampu membantu user nya.

Dengan memanfaatkan aplikasi bawaan sistem maka agan-agan tidak perlu khawatir ruang memori nya penuh (karena agan-agan hanya menginstall aplikasi-aplikasi yang penting saja dan menggunakan aplikasi sesuai kebutuhan).

Oke sekian dulu untuk artikel kali ini semoga bermanfaat bagi agan-agan semua. Silahkan berikan kritik maupun saran di kolom komentar agar saya bisa terus memberikan artikel-artikel menarik dan juga bermanfaat.

Setiap Komentar saran dan kritik dari agan adalah motivasi saya agar terus bisa mengembangkan website ini menjadi lebih baik kedepannya. Saya pamit undur diri dan sampai berjumpa di artikel selanjutnya ya!.

1 komentar untuk "Aplikasi Android yang Seharusnya Tidak Perlu Diinstall"