Widget HTML #1

Apakah Benar Semakin Besar RAM maka Semakin Cepat Sebuah Smartphone?

Apakah Benar Semakin Besar RAM maka Semakin Cepat Sebuah Smartphone?

Apakah Benar Semakin Besar RAM maka Semakin Cepat Sebuah Smartphone? - Sebelum membeli sebuah smartphone, pastinya kita harus mengetahui dulu apa saja spesifikasi yang tertanam pada smartphone yang hendak kita beli.

Namun ada beberapa faktor penting yang paling sering dilihat oleh orang lain untuk menentukan smartphone tersebut bagus atau tidak, yaitu besarnya RAM pada smartphone tersebut. Apakah benar RAM besar maka performa speed atau kecepatan pada sebuah smartphone juga ikut berpengaruh?.

Sebelum itu kita mengenal RAM terlebih dahulu. dikutip dari Wikipedia, RAM (singkatan dari Random Access Memory) adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tidak tetap (atau temporary).

Jadi ketika gadget smartphone kita sedang menyala, maka RAM bertugas sebagai penyimpanan data atau perintah yang apabila kita merestart smartphone kita maka data atau perintah tersebut akan menghilang. Seperti pada penjelasannya bahwa RAM ini adalah sebagai memori untuk menyimpan data secara temporer atau sementara saja.

Jadi jikalau kita tegaskan, sebenarnya tidak hanya RAM yang menjadikan faktor utama smartphone dapat bekerja lebih cepat. Ada beberapa faktor lain yang membuat smartphone bisa mempunyai kinerja yang cepat, apa saja?. Oke tanpa perlu banyak basa-basi lagi, langsung saja berikut pembahasannya.

Faktor-faktor yang Membuat Smartphone Memiliki Kinerja yang Lebih Cepat selain RAM

1. CPU dan GPU

Yang pertama ialah CPU dan juga GPU. CPU (singkatan dari Central Processing Unit) adalah dapur pacu dari sebuah smartphone, atau bahkan bisa dibilang CPU ini adalah otak nya dari smartphone. Karena jika CPU nya lambat, maka hasil pemrosesan sistem yang lain juga tidak dapat berjalan dengan maksimal.

Atau jika agan-agan sebagai seorang yang menggunakan smartphone sebagai device untuk editing dan bermain game, maka RAM yang besarpun jikalau si GPU (singkatan dari Graphic Processing Unit) dan CPU nya lambat maka kinerja smartphone pun juga ikut menjadi lambat.

2. Optimasi Sistem Operasi

Yang kedua adalah pengoptimasian sistem operasi. Jikalau kita memakai smartphone dengan OS yang memiliki pengoptimalan yang baik (seperti IOS milih Apple misalnya), maka kinerja smartphone juga dapat lebih cepat.

3. Jenis RAM

Yang selanjutnya adalah jenis RAM yang dipakai pada sebuah smartphone. Jika smartphone agan sudah memakai jenis RAM LPDDR4X seperti Oppo A9 2020, maka sudah pasti kinerja smartphone agan bisa menjadi lebih baik daripada smartphone yang menggunakan jenis RAM LPDDR3.

4. Optimasi Aplikasi

Dan yang terakhir adalah optimasi aplikasi. Jika sebuah aplikasi sudah di buat agar optimal pada RAM 3GB, maka ketika agan-agan menggunakan smartphone dengan RAM 12GB sekalipun tidak akan ada pengaruh yang berarti. Jadi bisa dibilang lagi-lagi tidak semua faktor kecepatan pada smartphone ditentukan oleh RAM.

Jadi Apakah RAM tidak Penting?

Kapasitas RAM yang besar memang penting, apalagi untuk tahun 2021 seperti sekarang ini kita dapat menemukan berbagai macam aplikasi atau bahkan game yang hanya bisa dijalankan dengan spesifikasi smartphone yang cukup tinggi.

Namun lagi-lagi perlu diingat bahwa tidak semua faktor yang membuat smartphone kita menjadi ringan, menjadi cepat, dan sebagainya itu karena kapasitas RAM yang cukup besar. Tapi ada keuntungannya memang agan-agan membeli smartphone dengan kapasitas RAM yang besar.

Karena dengan kapasitas RAM yang besar (namun diimbangi dengan spesifikasi lainnya) agan-agan dapat menggunakan smartphone tersebut untuk jangka waktu yang lebih lama. Dengan kapasitas RAM yang besar maka memungkinkan smartphone untuk menjalankan aplikasi atau game dimasa yang akan datang, meski tidak ada kepastian apakah dapat menjalankan aplikasi atau game tersebut dengan cepat.

Penutup

Oke sekian dulu untuk artikel kali ini semoga bermanfaat bagi agan-agan semua. Silahkan berikan kritik maupun saran di kolom komentar agar saya bisa terus memberikan artikel-artikel menarik dan juga bermanfaat.

Setiap Komentar saran dan kritik dari agan adalah motivasi saya agar terus bisa mengembangkan website ini menjadi lebih baik kedepannya. Saya pamit undur diri dan sampai berjumpa di artikel selanjutnya ya!.

Posting Komentar untuk "Apakah Benar Semakin Besar RAM maka Semakin Cepat Sebuah Smartphone?"