Widget HTML #1

6 Cara Mengatasi Keyboard yang Bermasalah Pada Laptop dengan Mudah

6 Cara Mengatasi Keyboard yang Bermasalah Pada Laptop dengan Mudah

6 Cara Mengatasi Keyboard yang Bermasalah Pada Laptop dengan Mudah - Keyboard (atau dalam bahasa Indonesia bisa diartikan sebagai papan ketik, papan tik, atau papan tuts) adalah sebuah papan yang terdiri atas tombol-tombol seperti alfabet, angka, dan juga simbol-simbol tertentu pada laptop atau PC.

Dengan adanya keyboard, tentu kita bisa mengetik kalimat-kalimat pada sebuah software catatan, atau mencari berbagai macam informasi di internet. Namun, sebagai sebuah alat pada normalnya pasti sewaktu-waktu bisa mengalami kerusakan.

Permasalahan yang terjadi pada keyboard bisa bermacam-macam, namun jikalau agan-agan menggunakan PC yang keyboard nya itu terpisah, agan-agan dapat mudah dengan membelinya (jikalau permasalahannya memang pada keyboard yang rusak).

Namun bagaimana dengan pengguna laptop?, tidak hanya mesti laptop sih tapi pengguna komputer yang yakin bahwa permasalahannya bukan di keyboard nya pun dapat menggunakan cara yang akan saya berikan.

Untuk pengguna laptop, karena keyboard nya menyatu maka tidak bisa membeli keyboard yang baru (kecuali eksternal), lalu bagaimana solusinya?. Oke tanpa perlu banyak basa-basi lagi, langsung saja berikut pembahasannya.

Tutorial Mengatasi Keyboard yang Bermasalah Pada Laptop dengan Mudah

1. Memastikan Kerusakan pada Keyboard

Yang pertama-tama agan harus lakukan adalah memastikan terlebih dahulu "penyakitnya" ada dimana, apakah ada di keyboard atau pada sistem laptopnya. Untuk mengeceknya, agan-agan dapat mematikan laptop lalu menyalakan kembali dan cobalah masuk ke sistem BIOS.

Jikalau agan-agan dapat menggunakan keyboard, atau keyboard dapat berfungsi dalam mode BIOS, berarti permasalahannya ada pada software laptop agan-agan.

2. Bersihkan Keyboard

Yang kedua yang bisa agan-agan lakukan adalah membersihkan keyboard. Jika agan-agan merasa bahwa dalam keyboard sudah terlalu kotor karena debu dan lainnya, agan-agan bisa membersihkannya. Karena bisa jadi, debu dan kotoran lainnya lah yang mengakibatkan keyboard tidak dapat berfungsi.

3. Cek Driver Keyboard

Yang selanjutnya yang bisa agan-agan gunakan ialah mengecek driver keyboard apakah ada atau tidak. Jikalau tidak ada driver nya, agan-agan dapat menginstall driver nya terlebih dahulu dan setelah driver nya terinstall maka keyboard akan aktif kembali.

4. Restart Laptop

Yang selanjutnya ialah agan-agan dapat merestart laptop terlebih dahulu. Bisa jadi keyboard tidak berfungsi atau bermasalah adalah karena laptop agan sedang lag atau hang, sebelum lebih jauh melangkah, ada baiknya agan restart laptop terlebih dahulu.

5. Gunakan Keyboard Eksternal

Cara yang selanjutnya agan-agan dapat menggunakan keyboard eksternal, namun memang agan-agan harus membeli terlebih dahulu keyboard eksternalnya. Selain agan-agan harus mengeluarkan uang lebih, menurut saya menggunakan keyboard eksternal tidak terlalu efisien dan membuat ribet.

6. Service Laptop

Dan yang terakhir adalah agan-agan dapat menservice laptop agan ke service center resmi. Untuk agan-agan yang memang tidak terlalu mengerti tentang laptop (software dan hardware nya) ada baiknya menyerahkan kepada yang lebih ahli agar laptop agan-agan lebih terjamin.

Penutup

Oke sekian dulu untuk artikel kali ini semoga bermanfaat bagi agan-agan semua. Silahkan berikan kritik maupun saran di kolom komentar agar saya bisa terus memberikan artikel-artikel menarik dan juga bermanfaat.

Setiap Komentar saran dan kritik dari agan adalah motivasi saya agar terus bisa mengembangkan website ini menjadi lebih baik kedepannya. Saya pamit undur diri dan sampai berjumpa di artikel selanjutnya ya!.

Posting Komentar untuk "6 Cara Mengatasi Keyboard yang Bermasalah Pada Laptop dengan Mudah"