Widget HTML #1

Tutorial Membuat Akun Google Kita Menjadi Extra Lebih Aman

Tutorial Membuat Akun Google Kita Menjadi Extra Lebih Aman

Tutorial Membuat Akun Google Kita Menjadi Extra Lebih Aman - Setiap pengguna setia Google terutama bagi yang menggunakan layanan-layanan Google seperti Gmail, Google Drive, Google Foto, Youtube, dan lainnya pastinya harus memiliki minimal 1 buah akun.

Akun inilah yang mensinkronkan seluruh layanan Google tersebut menjadi satu, dan dengan akun itu juga kita bisa bebas menggunakan layanan Google. Akan tetapi, untuk kita yang menggunakan akun Google untuk menaruh file-file yang sifatnya pribadi, pastinya akan ada rasa khawatir.

Mengapa?, karena dunia internet ini bisa dibilang cukup luas dan bahkan sangat luas. Kita tidak pernah mengetahui orang-orang yang tidak kita kenal dan mungkin saja bisa berniat jahat kepada kita. Hal tersebut adalah sebuah rahasia umum bagi kita para pengguna internet.

Nah maka dari itu, kita membutuhkan pengamanan extra agar akun yang kita miliki dan file-file pribadi kita bisa lebih terjamin keamanannya. Kalau ada yang bertanya "Kan kita menggunakan akun dari Google, masa iya Google tidak memberikan pengamanan terhadap akun kita?", meski menggunakan akun Google (yang diawasi langsung oleh Google), tidak menjamin juga akun kita bisa aman.

Karena cukup banyak sekali kasus orang-orang penting yang akun Google nya diretas atau diambil alih oleh orang lain yang mereka tidak kenal. Nah maka dari itu disini saya akan memberikan tutorial singkat untuk agan-agan semua mengamankan akun Google nya.

Cara ini resmi dari Google, maksudnya memang Google memberikan fitur ini. Akan tetapi tidak terlalu banyak orang yang tau. Untuk itu langsung saja daripada banyak basa-basi, berikut tutorialnya.

Cara Membuat Akun Google Lebih Aman

1. Masuk ke menu pengelolaan akun

Tutorial Membuat Akun Google Kita Menjadi Extra Lebih Aman

Yang pertama-tama agan masuk dulu ke menu pengelolaan akun. Agan bisa buka aplikasi Google, setelah itu klik icon gambar akun Google agan, dan masuk ke Kelola Akun Google Anda.

2. Pilih menu keamanan dan pilih verifikasi 2 langkah

Tutorial Membuat Akun Google Kita Menjadi Extra Lebih Aman

Setelah masuk ke menu pengelolaan akun, agan pilih menu keamanan. Nah pada submenu keamanan yaitu Login ke Google, ada 3 pilihan yang bisa agan pakai. Yang pertama ada pilihan Gunakan ponsel untuk masuk, yang kedua ada Verifikasi 2 langkah, dan yang ketiga ada Kode keamanan.

Dan pada kali ini, saya akan memberikan tutorial menggunakan Verifikasi 2 langkah saja karena menurut saya dengan verifikasi 2 langkah ini sudah cukup lumayan aman untuk akun Google kita.

Dengan verifikasi 2 langkah, saat ada orang yang masuk menggunakan email kita, maka secara otomatis akan meminta izin kepada kita terlebih dahulu apakah itu benar kita atau bukan. Jadi silahkan agan pilih verifikasi 2 langkah.

3. Masukan akun Google

Setelah mengklik verifikasi 2 langkah, nantinya agan akan diarahkan ke browser untuk mengaktifkan fiturnya. Tapi jika browser yang agan pakai sudah masuk ke akun Google agan, maka agan next saja ke tahap selanjutnya.

4. Mulai siapkan

Tutorial Membuat Akun Google Kita Menjadi Extra Lebih Aman

Klik pada bagian tombol siapkan dan nanti agan perlu memverifikasi akun Google agan, jadi masukan password kembali. Nah setelah sudah, nanti akan ada langkah-langkah selanjutnya seperti pemilihan ponsel (dan pastikan ponsel agan memiliki kunci layar ya).

Tutorial Membuat Akun Google Kita Menjadi Extra Lebih Aman

Setelah itu juga agan diarahkan untuk mencoba fiturnya apakah sudah berhasil atau tidak. Nah setelah itu pada layar smartphone agan akan muncul pop-up layar dengan tulisan Konfirmasi kunci layar. Jika sudah semua, agan klik pada bagian terakhir yaitu aktifkan.

5. Selesai dan fitur verifikasi 2 langkah sudah aktif

Tutorial Membuat Akun Google Kita Menjadi Extra Lebih Aman

Setelah mengikuti proses diatas dengan benar, maka fitur verifikasi 2 langkah telah selesai diaktifkan. Jadi ketika agan-agan sudah mengaktifkan fitur ini, untuk kedepannya agan akan menerima notifikasi verifikasi ganda untuk masuk ke akun Google agan.

Penutup

Oke sekian dulu untuk artikel kali ini semoga bermanfaat bagi agan-agan semua. Silahkan berikan kritik maupun saran di kolom komentar agar saya bisa terus memberikan artikel-artikel menarik dan juga bermanfaat.

Setiap Komentar saran dan kritik dari agan adalah motivasi saya agar terus bisa mengembangkan website ini menjadi lebih baik kedepannya. Saya pamit undur diri dan sampai berjumpa di artikel selanjutnya ya!.

Posting Komentar untuk "Tutorial Membuat Akun Google Kita Menjadi Extra Lebih Aman"